10 Pertanyaan Wawancara Dan Jawabannya Yang Harus Diingat Para Pencari Kerja

Mencari kerja di zaman sekarang bukanlah perkara yang mudah, apalagi ditambah dengan sempitnya lapangan kerja, sedangkan jumlah pencari kerja yang ada di Indonesia begitu besar, tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada. Itulah yang membuang angka pengangguran di Indonesia, semakin lama jumlahnya juga kian meningkat. Salah satu sesi paling penting dalam pencarian kerja adalah wawancara, karena sesi inilah juga yang menjadi penentu apakah bisa diterima di dalam perusahaan tersebut atau tidak. Sehingga sebelumnya Anda juga harus mempelajari terlebih dahulu tentang 10 pertanyaan wawancara dan jawabannya yang kerab kali ditanyakan.

Baca Juga:
5 Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja Oleh Semua Karyawan

Sesi wawancara atau interview ini sendiri pada dasarnya adalah bagian yang paling penting, apalagi keputusan terbesar yang akan diambil, apakah nantinya kandidat tersebut diterima atau tidak oleh perusahaan, sangat bergantung pada hasil wawancara. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis pertanyaan paling umum yang kerab kali ditanyakan dalam sesi wawancara serta jawabannya yang harus diberikan, yaitu:

  1. Ceritakan dengan diri Anda, ini adalah pertanyaan yang pasti akan muncul pada saat sesi wawancara, yaitu rekruter memberikan kesempatan kepada kandidat untuk menceritakan tentang dirinya, serta alasan mengapa kandidat tersebut cocok untuk mengisi tempat atau posisi tersebut. Sebenarnya hal yang cukup dasar namun penting untuk dikuasai, mulai diantaranya adalah Anda harus menceritakan tentang diri sendiri secara mendetail kemudian juga alamat tempat tinggal sampai dengan latar belakang pendidikan, karena akan menjadi nilai plus jika seandainya pendidikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.
  2. Sebutkan kelebihan Anda, contoh pertanyaan interview lainnya adalah diminta untuk menyebutkan apa saja yang menjadi kelebihan kandidat tersebut. karena perekrut sendiri pastinya ingin tahu apa yang menjadi nilai plus atau keunggulan yang dimiliki oleh kandidat, sehingga bisa membuat rekruter tersebut menerima Anda. Sebelum menjawabnya maka yang harus dilakukan disini adalah dengan mencari tahu tentang skill atau keterampilan apa yang dimiliki dan bisa berkaitan dengan posisi yang diinginkan. Selain itu kelebihan ini juga bisa dalam bentuk sifat misalnya rajin, disiplin, ulet dan sebagainya. Ceritakan juga bahwa kelebihan tersebut bisa berguna untuk bidang pekerjaan yang ingin dilamar.
  3. Apa yang jadi kelemahan Anda?, selain kelebihan maka hal lain yang juga akan ditanyakan oleh rekruter adalah berhubungan dengan kelemahan atau kekurangan. Sebaiknya jangan dijawab bahwa Anda tidak memiliki kekurangan karena terlalu arogan. Jawab saja apa yang menurut Anda menjadi kelemahan serta cara untuk meminimalisirnya, sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan tersebut.
  4. Mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut, pertanyaan ini berhubungan dengan alasan mengapa melamar di posisi tersebut, cukup sering diajukan oleh rekruter untuk mengetahui tentang minat atau ketertarikan dalam mengisi posisi di dalam perusahaan ini, juga keseriusan untuk bekerja di posisi tersebut. Jawabannya dapat didasarkan pada beberapa hal, mungkin berhubungan dengan latar belakang pendidikan Anda yang sesuai, maupun juga karena punya pengalaman di bidang tersebut dan tertarik untuk lebih mendalaminya.
  5. Sebutkan apa saja yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?, tentunya untuk jawaban dari pertanyaan wawancara yang satu ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jadi sebelum sesi wawancara ini berlaku maka penting untuk belajar atau mendalami terlebih dahulu mengenai perusahaan tempat Anda melamar kerja tersebut, sehingga tidak akan kebingungan jika ditanya dengan pertanyaan ini. Sebelumnya Anda bisa menjelaskan terlebih dahulu tentang gambaran besar terkait dengan perusahaan tersebut dan kelebihan dari perusahaan yang membuat Anda tertarik untuk bekerja disana.
  6. Mengapa perusahaan harus menerima Anda sebagai pegawai, dari 10 pertanyaan wawancara dan jawabannya maka pertanyaan yang satu ini pasti ada. Jika sudah masuk pada pertanyaan yang satu ini maka bisa dimulai dengan menjelaskan tentang profesional skill yang dimiliki. Tunjukkan bahwa Anda memang memiliki hal tersebut, tentunya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Sehingga bisa menjadi poin plus bagi perusahaan untuk menerima Anda sebagai karyawan.
  7. Rencana hidup Anda 5 tahun mendatang, tak jarang juga HRD yang memberikan pertanyaan satu ini kepada calon karyawan, ini bisa jadi salah satu bagian untuk melihat motivasi calon kandidat ini serta tujuan mereka di masa mendatang, apakah akan sejalan dengan perusahaan ataukah tidak. Sehingga jawaban terbaik untuk pertanyaan yang satu ini adalah bisa dengan menunjukkan bahwa Anda akan tumbuh serta berkembang dengan perusahaan tersebut dalam jangka waktu 5 tahun mendatang, memberi jawaban secara spesifik pada dasarnya lebih disarankan dan dengan goals dari perusahaan tersebut.
  8. Kontribusi apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan? rekruter juga akan bertanya mengenai kontribusi seperti apa yang nantinya dapat Anda ikut sumbangkan untuk perusahaan tersebut, tentunya yang positif bukan negatif. Sehingga jawaban yang dapat Anda berikan disini adalah dapat memberitahu tentang pengalaman serta pencapaian apa yang sudah Anda miliki sebelumnya, sehingga hal ini bisa ikut dikaitkan dengan posisi yang dilamar tersebut.
  9. Mengapa Anda resign dari perusahaan yang sebelumnya?, memang ada beberapa kandidat yang fresh graduate atau lulusan baru yang sama sekali belum berpengalaman sebelumnya. Namun juga tidak jarang yang sudah berpengalaman kerja. Tentunya untuk kandidat yang sudah berpengalaman ini nantinya akan ditanya mengenai alasan mengapa Anda keluar dari perusahaan yang sebelumnya. usahakan untuk tidak menjelek-jelekkan pekerjaan yang sebelumnya seburuk apapun itu, karena akan membuat rekruter juga akan memberikan penilaian negatif kepada Anda. Jawablah dengan kalimat yang profesional, serta tidak menyudutkan pihak manapun, karena ini yang lebih disukai.
  10. Bagaimana cara Anda menghadapi stress atau tekanan di dalam bekerja? Sudah pasti dalam bekerja stress atau tekanan akan ada, beberapa karyawan yang tidak profesional kerab kali menyelesaikannya dengan cara resign atau keluar, sedangkan tentunya perusahaan juga tidak akan dengan mudahnya mendapatkan kandidat atau pengganti yang baru bukan, sehingga harus dijawab dengan tepat, sehingga penilaian dari perusahaan tersebut juga akan menjadi positif atau poin plus. Misalnya adalah dengan menceritakan lewat pengalaman sebelumnya, bagaimana cara menghadapi stres tersebut, usahakan juga cara untuk menyelesaikan stres ini juga positif.

Itulah 10 pertanyaan wawancara dan jawabannya yang tentunya dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk bisa diterima bekerja, di dalam perusahaan yang sudah Anda impikan. Perlu diketahui bahwa ada banyak kandidat lain atau saingan Anda di luar sana yang punya kualitas lebih baik. Sehingga selagi masih dalam tahap mencari kerja, maka terus kembangkan skill atau keterampilan yang dimiliki, diantaranya dengan ikut pelatihan dan terus menambah relasi. Karena bisa saja dari sini nantinya Anda akan lebih dekat dengan karir di masa depan. Jangan membuang setiap kesempatan yang ada, coba saja karena lebih gagal dibandingkan dengan menyesal kemudian hari.

996 665 Algobash