Top 5 Must-Have Professional Recruiter Skills

5 Skill Rekruter Profesional Yang Harus Dimiliki 

Berkarir sebagai rekruter bukanlah hal yang mudah. Anda dituntut untuk bisa memiliki banyak skill rekruter seperti berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki kepribadian berbeda, menganalisis kesesuaian skill yang dimiliki kandidat dengan posisi pekerjaan, harus mengetahui hal detail tentang karyawan di perusahaan, up-to-date dengan teknologi rekrutmen, dan masih banyak lagi.

Skill rekruter apa saja yang harus dimiliki?

Untuk menjadi seorang recruiter profesional, Anda dituntut untuk meningkatkan beragam skill agar lebih maksimal. Lantas apa sajakah skill yang harus dimiliki? dalam artikel ini Algobash akan membahas 5 top skill rekruter yang wajib untuk dimiliki. Bagi Anda yang penasaran, jangan lupa untuk baca artikel selengkapnya di bawah.

1. Detail-Oriented

Ketika bekerja, rekruter akan bersinggungan langsung dengan banyak informasi; mulai dari karyawan di departemen hingga kandidat yang melamar pekerjaan. Artinya Anda harus memiliki tingkat kejelian yang sangat tinggi untuk menelaah semua informasi tersebut. Dalam hal ini, menjadi seseorang yang detail tentu sangat menguntungkan bagi recruiter.

Bahkan menurut sebuah survei, tingkat kejelian yang rendah akan sangat berpengaruh pada kualitas kerja; seperti menurunkan kualitas produk, produktivitas, moral karyawan, hingga pelayanan. Hal ini tentu sangat berpengaruh buruk bagi perusahaan.

Kualitas seorang rekruter juga ditentukan oleh produktivitas. Tidak ada perusahaan yang menginginkan seorang rekruter atau HR yang memiliki dapat bekerja secara maksimal. 

3. Sourcing

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang rekruter akan dituntut untuk menemukan calon karyawan terbaik. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh rekruter adalah kemampuan sourcing yang baik.

Ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, biasanya ada ratusan bahkan ribuan pelamar. Anda harus bisa memilih kandidat mana yang sesuai dengan posisi dan hal ini tentu sangat memusingkan. Apalagi, 45 persen dari keseluruhan pelamar biasanya tidak memenuhi kualifikasi, jika Anda salah memilih besar kemungkinan akan terjadi bad hiring.
Itulah sebabnya seorang rekruter harus mengetahui banyak strategi sourcing yang dapat sangat membantu ketika bekerja.

3. Paham teknologi rekrutmen

Saat ini, ada banyak sekali tools teknologi yang dapat memudahkan recruiter dalam melakukan setiap pekerjaannya; seperti tools video interview, assessment teknikal skill dan culture fit, hingga Applicant Tracking System (ATS)

tools-tools yang disebutkan tadi biasanya dapat membantu rekruter mengerjakan proses rekrutmen secara lebih mudah dan objektif. Maka, sangat penting bagi rekruter untuk up-to-date terhadap teknologi terbaru khususnya tools rekrutmen.

4. Manajemen waktu yang baik

Manajemen waktu menjadi skill yang sangat penting bagi pekerjaan di bidang apapun, termasuk juga dengan rekruter. Dengan skill ini seorang rekruter bisa meningkatkan produktivitasnya dan setiap pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Tidak memiliki manajemen waktu yang baik akan membuat pekerjaan semakin menumpuk. Hal tersebut akan berpengaruh pada stress dan produktivitas Hasil akhirnya pekerjaan tidak terselesaikan dengan maksimal. 

3. Komunikasi

Terakhir, komunikasi juga tidak kalah pentingnya dengan skill-skill yang lain. Sebagai seorang rekruter Anda dituntut untuk berkomunikasi dengan kandidat ataupun rekan kerja di departemen. Itulah sebabnya Anda harus memiliki skill komunikasi yang sangat baik.

Kemampuan komunikasi yang buruk akan menyebabkan banyak kerugian salah satunya adalah miskomunikasi. Menurut sebuah penelitian, miskomunikasi yang terjadi di tempat kerja dapat menimbulkan kerugian sebanyak $4.000.000 per tahunnya. Hal ini tentu tidak ingin perusahaan Anda rasakan bukan?

Dengan memiliki beragam skill tersebut, Anda tentunya akan meminimalisir kerugian-kerugian yang mungkin saja dapat terjadi di perusahaan Anda khususnya pada bidang SDM. Jadi, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuan yang Anda miliki sekarang.

Jika Anda tertarik untuk membaca informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk kunjungi Algobash Insight dan temukan beragam artikel seputar rekrutmen dan teknologi.

2000 1080 Algobash