Apa Itu Tes Psikotes Kerja? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui!

Apa Itu Tes Psikotes Kerja? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui!

Apa Itu Tes Psikotes Kerja? Ini Pengertian, Tujuan, dan Cara Menghadapinya! Mendapatkan sebuah pekerjaan di perusahaan impian merupakan hal yang sangat didambakan oleh para pencari kerja, khususnya fresh graduate. Namun, mewujudkan hal tersebut tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak sekali tantangan yang perlu dilewati.

Ketika melamar kerja dan terpilih sebagai salah satu kandidat yang berhak mengikuti proses rekrutmen kamu akan dihadapkan dengan berbagai tahapan, salah satunya tes psikotes kerja. Ini adalah sebuah tes untuk melihat kepribadian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan psikologis kandidat.

Psikotes merupakan hal yang gampang-gampang sulit, itulah sebabnya pada tahapan ini kamu harus mempersiapkannya dengan maksimal. Lantas apa itu tes psikotes kerja? Mengapa kamu harus melewati hal ini? 

Nah, untuk mengetahui semua jawaban tersebut, dalam artikel ini Algobash akan berikan alasannya secara lengkap untuk kamu mengenai apa itu tes psikotes kerja yang sebenarnya mulai dari pengertian, tujuan, hingga cara menghadapinya. Jadi, simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Baca juga: Gambar Orang Psikotes yang Mudah Seperti Apa? Ini Tipsnya!

Informasi Tentang Apa Itu Tes Psikotes Kerja

Apa Itu Tes Psikotes Kerja?

Tes psikotes kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar kerja ketika mengikuti proses rekrutmen. Banyak perusahaan di seluruh dunia biasanya menerapkan ini sebagai salah satu penilaian mereka untuk menyeleksi kandidat terbaik,

Pada tahapan ini, kamu akan diberikan sebuah soal dan ditantang untuk mengerjakannya. Melalui tes tersebut perusahaan dapat melihat kepribadian atau sisi psikologis para kandidat sebelum menentukan siapa yang benar-benar pas untuk bergabung bekerja dengan tim perusahaan.

Ada banyak sekali jenis psikotes kerja yang diberikan kepada kandidat, masing-masing psikotes memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing, ada yang ditujukan untuk menilai kepribadian, kecerdasan, kecocokan dengan perusahaan, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis psikotes biasanya tidak ada jawaban salah maupun benar karena tujuannya untuk melihat sisi psikologis kandidat. Jadi, perusahaan hanya ingin melihat lebih dalam bagaimana kepribadian kandidat apakah cocok dengan perusahaan atau tidak.

Psikotes tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk dihadapi, apalagi berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Harvard Business Review ada sekitar 76% perusahaan di seluruh dunia yang menerapkan tahapan ini dalam proses rekrutmen mereka. 

Baca juga: Apa Itu Psikotes Gambar? Ini Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya!

Apa Tujuan Dari Tes Psikotes Kerja?

Psikotes kerja diberikan perusahaan kepada para kandidat tentu saja bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali tujuan sekaligus manfaat dari dilaksanakannya tahapan ini, beberapa yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Untuk mengukur kecerdasan intelegensi (IQ) dan kecerdasan emosional dan spiritual (EQ).
  • Untuk mengenali lebih dalam perilaku dan kepribadian para pelamar kerja.
  • Untuk mengetahui sifat kejiwaan para pelamar kerja.
  • Untuk memprediksi performa para pelamar kerja dalam bekerja.
  • Untuk mengetahui psikodinamika atau dasar psikologis para pelamar kerja.
Baca juga: Gambar Rumah Psikotes yang Benar Agar Lolos Rekrutmen!

Bagaimana Cara Menghadapi Tes Psikotes Kerja?

Setelah mengetahui apa itu psikotes kerja dan tujuan dilaksanakannya, kamu mungkin penasaran ingin mengetahui juga bagaimana cara menghadapi tes psikotes kerja agar mendapatkan hasil yang maksimal dan lolos ke tahapan berikutnya.

Sebagian besar perusahaan biasanya tidak hanya memberikan satu jenis psikotes saja. Kandidat akan diberikan beberapa tes psikotes kerja, yang kemudian dibagi ke dalam beberapa tahap.

Tahapan-tahapan tersebut yaitu tahapan interview atau wawancara, tes kecerdasan IQ, tes grafis, bahkan FGD (Focus Group Discussion). Namun, hal ini tentu saja tergantung kebijakan perusahaan.

Nah, agar bisa menghadapi semua tes psikotes kerja dengan baik, kamu dapat mempersiapkannya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Ketahui jenis-jenis psikotes yang ada, pelajarilah konsep dasar setiap psikotes seperti apa tujuan dan mengapa diperlukan agar kamu dapat menjawabnya dengan jujur saat pelaksanaan sebenarnya.
  • Cobalah untuk berlatih mengerjakan soal-soal psikotes secara mandiri, saat ini sudah ada banyak sekali beragam soal psikotes di internet. Bahkan kamu juga dapat menggunakan beragam platform khusus psikotes online.
  • Cobalah untuk mengerjakan setiap soal psikotes dengan cara yang sejujur-jujurnya agar dapat mengetahui cocok atau tidaknya dengan posisi pekerjaan atau budaya perusahaan yang kamu lamar.
  • Persiapkanlah mental dan fisik agar tetap prima, istirahatlah secukupnya serta melakukan hal-hal yang membuat kamu rileks agar tidak cemas atau gugup.

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai apa itu tes psikotes kerja yang dapat kamu ketahui. Semoga semua informasi yang telah Algobash berikan di atas terkait apa itu psikotes.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lainnya seputar rekrutmen, jangan lupa untu kunjungi blog Algobash Insight karena akan ada banyak sekali artikel-artikel bermanfaat yang dapat membantu kamu mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja.

Baca juga: Jenis Psikotes Kerja yang Sering Ditemui Pelamar Kerja
2560 1707 Algobash