Top Ways to Increase Workplace Diversity

Cara Membangun Keberagaman Di Tempat Kerja

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai menerapkan lingkungan kerja yang inklusi dengan menerima semua perbedaan karyawan; mulai dari agama, etnik, gender, hingga orientasi seksual.Hal tersebut dilakukan tidak lain untuk menciptakan keberagaman di tempat kerja.

Ada banyak studi yang menunjukan bahwa lingkungan kerja inklusi dapat memberikan dampak yang luar biasa. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 oleh Mckinsey & Company menunjukan bahwa perusahaan dengan tingkat keragaman yang tinggi 43% lebih mudah mendapatkan lebih banyak profit.

Dampak dari keberagaman di tempat kerja tidak hanya berhenti sampai di situ, ada banyak sekali dampak lain yang tentunya bermanfaat bagi organisasi Anda, termasuk dapat meningkatkan kreatifitas tim untuk melakukan sebuah inovasi.

Ciptakan Keberagaman di tempat kerja

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang lebih inklusi—dalam artikel ini Algobash telah merangkumnya untuk Anda. Lantas apa sajakah itu? jangan lupa untuk baca artikel selengkapnya di bawah.

Manfaatkan beragam job board untuk merekrut beragam kandidat

Bukalah lowongan pekerjaan di berbagai job portal yang memungkinkan Anda dapat menemukan kandidat yang beragam. Saat ini, sudah banyak sekali platform job portal yang mendukung hal tersebut seperti WorkplaceDiversity.com. Anda juga bisa memanfaatkan platform job portal yang sudah populer lainnya seperti LinkedIn, pastikan untuk menulis bahwa perusahaan Anda menerima keberagaman.

Tekankan keberagaman pada career page perusahaan

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, pastikan bahwa career page perusahaan Anda men-highlight “keberagaman.” Cobalah untuk menuliskannya di setiap deskripsi lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Ini tentu akan memudahkan Anda untuk menemukan beragam kandidat.

Gunakanlah strategi rekrutmen buta

Terapkanlah strategi perekrutan buta ketika Anda sedang mencari kandidat untuk bergabung dengan perusahaan. Strategi ini memungkinkan Anda untuk melakukan perekrutan tanpa melihat background kandidat seperti etnis, gender, agama, dan lain sebagainya. Anda hanya akan melakukan penilaian berdasar skill atau kompetensi yang mereka miliki saja. Hal ini tentunya membantu Anda untuk menciptakan tim yang lebih inklusi.

Berikan tim rekruter pelatihan menghindari hiring bias

Hiring bias seringkali menjadi kesalahan yang dilakukan oleh rekruter dalam mencari kandidat. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan sangat sulit bagi Anda untuk menciptakan tempat kerja yang inklusi, selain itu Anda juga dapat kehilangan banyak kandidat potensial. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah untuk memberikan pelatihan rekrutmen pada setiap rekruter di perusahaan Anda. 

Membuka program internship atau scholarship untuk target tertentu

Coba untuk tawarkan program internship atau beasiswa perkuliahan ke beberapa kelompok minoritas. Dengan memberikan kesempatan tersebut, Anda bisa membantu mereka untuk berkembang lebih cepat memegang peranan kunci di perusahaan.

Buatlah program mentorship dan pelatihan inklusi

Berikanlah mentorship atau pelatihan inklusi pada semua karyawan di perusahaan Anda. Tujuannya, tentu saja untuk menciptakan hubungan karyawan yang lebih dekat satu sama lain dan membiarkan mereka untuk maju bersama. Hal ini dapat mendorong adanya keberagaman di perusahaan Anda.

Rayakan keberagaman di tempat kerja

Cara agar karyawan merasa dihargai adalah dengan merayakan keberagaman mereka. Buatlah pertemuan yang memungkinkan semua karyawan dapat berbagi latar belakang dan tradisi yang mereka miliki dengan karyawan lainnya di tempat kerja. Cara ini tentu sangat menyenangkan dan dapat menumbuhkan hubungan yang baik dalam sebuah tim.

Bersikap adil pada semua karyawan

Bersikap adil tentunya sangat penting untuk di situasi apapun. Jika ingin menciptakan tempat kerja inklusi, maka jangan pernah membeda-bedakan siapapun di tempat kerja. Dengan sikap yang adil, karyawan merasa dihargai dan tentunya dapat meningkatkan produktivitas serta hubungan kerja yang positif.

Masukan keberagaman dalam kebijakan perusahaan

Masukkanlah keberagaman pada kebijakan perusahaan Anda agar lebih inklusif. Ya, mulai dari aturan perekrutan, tinjauan kerja, promosi, hingga benefit yang ditawarkan kepada karyawan. Pastikanlah bahwa semua kebijakan tersebut sudah adil dan memberikan kesempatan yang sama pada setiap karyawan tanpa melihat status atau background yang mereka miliki. 

Perkuat aturan anti-diskriminasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan lingkungan kerja inklusif adalah dengan memperkuat kebijakan anti-diskriminasi di perusahaan Anda. Sayangnya masih banyak perusahaan yang tidak memperhatikan hal ini.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review pada tahun 2019, ada sekitar 75 persen responden menyatakan bahwa aturan anti-diskriminasi di perusahaannya tidak cukup untuk meningkatkan lingkungan kerja yang lebih inklusi. 

Jadi, cobalah untuk review semua kebijakan yang ada dan pastikan semuanya sudah cukup untuk bisa mewakili keberagaman.

Penyebab sulitnya membangun keberagaman di tempat kerja

Salah satu penyebab sulitnya untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif adalah penggunaan strategi yang salah pada proses rekrutmen. Disadari atau tidak, hampir semua rekruter pasti pernah melakukan hiring bias.

Kesalahan ini akan membuat Anda melakukan penilaian yang subjektif terhadap kandidat, lebih buruknya Anda juga bisa melakukan rasisme, seksisme atau bahkan ageisme tanpa disadari.

Ada banyak cara untuk menghindari hiring bias, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi rekrutmen. Anda bisa menggunakan Algobash untuk melakukan proses rekrutmen yang lebih objektif. 

Melalui Algobash, Anda bisa melakukan penilaian secara buta tanpa melihat background yang dimiliki kandidat. Anda hanya akan melakukan penilaian berdasarkan teknikal skill yang mereka miliki hanya dalam hitungan menit. Cara ini tentunya sangat membantu untuk menciptakan keberagaman di tempat kerja.

Jika Anda tertarik jangan lupa untuk kunjungi website kami Algobash atau Algobash Insight untuk membaca informasi menarik lainnya seputar teknologi dan rekrutmen.

Mari ciptakan keberagaman di tempat kerja bersama Algobash!

2000 1080 Algobash