Interview for a Job

Contoh Interview Kerja Dan Jawabannya Agar Diterima Perusahaan

Melamar pekerjaan di perusahaan mempunyai banyak proses yang perlu dilewati olah kandidat sehingga bisa diterima kerja. Salah satunya adalah dengan bisa lolos interview kerja yang dilakukan oleh bagian HR dari perusahaan. Agar Anda tidak perlu takut menghadapi interview kerja tersebut maka bisa melakukan latihan dengan mencari contoh interview kerja dan jawabannya. Sehingga pertanyaan tersebut tidak akan mengejutkan ketika sedang melakukan wawancara dan membantu untuk memberikan jawaban dengan lancar.

Contoh Pertanyaan Umum Ketika Interview Kerja

Ketika melamar pekerjaan biasanya ada jenis pertanyaan umum yang tentunya ditemui di perusahaan manapun. Sehingga Anda perlu untuk mencari pertanyaan umum tersebut dan cara untuk menjawabnya dengan tepat. Selain itu juga ada pertanyaan spesifik yang juga perlu untuk dipelajari agar bisa memberikan jawaban yang memuaskan untuk perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Di mana untuk contoh interview kerja dan jawabannya yang umum akan ditanyakan adalah:

  • Pertanyaan mengenai diri pelamar merupakan jenis yang akan didapatkan. Di mana untuk jenis pertanyaan yang didapatkan adalah diminta untuk memperkenalkan diri sendiri dengan singkat dan jelas. Dalam hal ini maka bisa melakukannya dengan tepat yaitu dengan memperkenalkannya tanpa bertele-tele, menjaga tetap profesional dengan memberikan informasi mengenai pendidikan dan pengalaman pekerjaan, serta juga tidak memberikan jawaban yang panjang sehingga terkesan curhat ketika memperkenalkan diri. Hindari untuk membahas hal yang pribadi dalam memperkenalkan diri sendiri.
  • Contoh pertanyaan selanjutnya adalah dari informasi mengenai loker yang dilamar tersebut. Anda perlu untuk membekali diri mengenai kemampuan mengenai perusahaan dan juga posisi yang dilamar, sehingga akan bisa memberikan penjelasan yang memuaskan pada rekuiter. Berikan jawaban yang memuaskan pada pertanyaan Anda bisa mengetahui lamaran kerja yang didapatkan. Seperti dari internet, website, halaman koran, dan lainnya. Selanjutnya juga berikan deskripsi mengenai perusahaan secara positif sehingga membuat Anda tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut. Terakhir tentunya berikan pengetahuan mengenai tugas yang dilakukan dari posisi kerja yang Anda lamar sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk perusahaan mengapa bisa menerima Anda di posisi tersebut.
  • Pertanyaan terakhir adalah mengenai kemampuan yang Anda punyai, sehingga menjadi alasan mengapa perusahaan perlu untuk menerima lamaran Anda. Di mana untuk jenis jawaban yang bisa diberikan adalah menjelaskan mengenai kemampuan yang Anda punyai dari pengalaman kerja sebelumnya. Apabila belum mempunyai pengalaman kerja, maka jelaskan mengenai kemampuan yang Anda kuasai dari mengikuti pelatihan yang dapat mendukung untuk bisa menjadi pertimbangan mengapa Anda cocok di posisi yang dilamar. Anda juga bisa memberikan keterangan mengenai pengalaman organisasi atau magang yang pernah dilakukan sebagai bahan pertimbangan untuk perusahaan.

Contoh Pertanyaan Mengenai Gaji

Hal selanjutnya yang menjadi contoh interview kerja dan jawabannya yang perlu diperhatikan adalah mengenai gaji yang diinginkan. Di mana ketika membahas gaji biasanya merupakan hal yang akan membingungkan untuk memberikan angka yang diminta. Tetapi hal ini merupakan salah satu hal yang pasti akan ditanyakan ketika interview kerja dan perlu dijawab dengan tepat.

Di mana untuk menjawab mengenai pertanyaan gaji tersebut bisa memberikan pertimbangan mengenai gaji sebelumnya yang Anda dapatkan. Sehingga hal ini merupakan pertimbangan bagi perusahaan juga untuk bisa memberikan kisaran range gaji yang bisa disesuaikan dengan pengalaman yang dipunyai dan didapatkan di tempat kera sebelumnya. Sebutkan range gaji yang Anda dapatkan sebelumnya untuk menjadi bahasa diskusi untuk gaji yang diinginkan.

Sedangkan bagi Anda yang merupakan fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja sehingga belum menerima gaji sebelumnya. Maka patokan yang bisa digunakan untuk pertimbangan meminta gaji yang diinginkan adalah dari UMR di daerah tersebut. Anda bisa menyesuaikan dengan UMR kemudian kompensasi yang akan didapatkan sehingga bisa mendapatkan gaji yang bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Contoh Pertanyaan Jebakan

Ketika melamar kerja juga nantinya ada beberapa pertanyaan jebakan yang perlu untuk diperhatikan. Dari pertanyaan jebakan tersebut merupakan jenis pertanyaan yang riskan sehingga perlu dijawab dengan bijak. Pertanyaan jebakan tersebut perlu untuk diketahui sehingga jawaban yang diberikan akan bisa lebih tepat. Di mana contoh interview kerja dan jawabannya dari pertanyaan jebakan yang bisa ditemui adalah:

  • Pertanyaan mengenai kelemahan yang dipunyai karena perlu untuk menjelaskan hal yang bisa membuat Anda tidak diterima di perusahaan tersebut. Jawaban untuk jenis pertanyaan ini sendiri perlu dijawab dengan bijak karena semua orang tentunya mempunyai kelemahan. Berikan jawaban yang jujur tetapi tambahkan juga bahwa kekurangan yang dipunyai akan bisa dicover oleh kemampuan yang Anda punyai sehingga tidak mengganggu pekerjaan.
  • Pertanyaan jebakan selanjutnya adalah rencana yang dipunyai 5 tahun kedepan. Jawaban yang cocok untuk jenis pertanyaan ini adalah goal yang diinginkan dan jenjang karir yang Anda punyai dalam kurun waktu tersebut.
  • Pertanyaan jebakan lainnya adalah mengenai alasan keluar dari pekerjaan sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh untuk menjelekkan pekerjaan Anda yang lama apapun yang terjadi. Sehingga pastikan untuk memberikan jawaban yang diplomatis seperti ingin mempunyai jenjang karir yang lebih baik, mencari ilmu baru, mengembangkan kemampuan, dan juga jawaban profesional lainnya.
  • Pertanyaan mengenai penempatan di luar kota juga perlu untuk diperhatikan. Di mana jawaban yang bijak adalah dengan memberikan pertimbangan untuk kota impian kerja Anda tetapi juga bersedia untuk ditempatkan di kota lainnya.
  • Pertanyaan mengenai waktu vakum yang bisa dijawab dengan jujur seperti bekerja sehingga membuat waktu lulus lama dan langsung melanjutkan pendidikan S2 sehingga belum mempunyai pengalaman kerja.

Contoh Pertanyaan Sikap Dan Perilaku

Jenis contoh interview kerja dan jawabannya selanjutnya yang akan ditanyakan ketika melamar pekerjaan adalah mengenai sikap dan perilaku. Selain kemampuan, perusahaan juga mencari kandidat yang cocok dengan kultur kerja dan prinsip yang dipunyai oleh perusahaan. Oleh karena itulah menilai sikap dan perilaku yang dipunyai calon karyawan juga perlu untuk dilakukan. Di mana jenis pertanyaan tersebut meliputi:

  • Pertanyaan mengenai apakah Anda mempunyai jiwa pemimpin atau sebagai pengikut sehingga bisa ditempatkan di posisi yang tepat.
  • Apa yang akan dilakukan ketika menghadapi tekanan kerja sehingga perlu memberikan jawaban yang bijak. Seperti menenangkan diri dengan cuti, menganalisa masalah dan menyelesaikannya, dan juga menyelesaikan konflik dengan segera.
  • Pertanyaan mengenai prioritas pekerjaan yang dipunyai dengan jawaban yang diberikan dengan memberikan contoh kebiasaan to do list sehingga bisa untuk mengetahui prioritas yang dipunyai.

Di atas merupakan contoh interview kerja dan jawabannya yang akan ditemukan dan bisa diberikan bagi pelamar kerja. Dengan mengetahui pertanyaan tersebut dan melatih jawabannya terlebih dahulu, akan sangat membantu untuk memberikan jawaban yang bijak dan juga memberikan kesan yang baik pada HRD yang melakukan rekrutmen calon karyawan. Latihlah untuk memberikan jawaban yang tepat sehingga akan membantu untuk membuat lamaran Anda bisa diterima dengan lebih mudah. Semoga Algobash sudah membantu!

960 640 Algobash