Mengenal Fungsi, Jenis, Dan Membaca Hasil IQ Test

IQ atau intelligence test merupakan penilaian yang dilakukan untuk dapat mengetahui kemampuan kerangka pikir seseorang secara logis dan total. Tes kecerdasan ini biasanya digunakan untuk salah satu psikotes yang bisa ditemui selain tes bakat, tes minat, tes prestasi, dan juga tes kepribadian. IQ test biasanya bisa ditemukan ketika melamar pekerjaan yang bisa untuk mengukur kecerdasan pelamar.

Mengenal IQ Test

Tes intelegensi ini sendiri mempunyai beberapa pengertian tergantung dari pakar yang mengartikan mengenai intelegensi atau kepintaran itu sendiri. Seperti menurut David Wechsler memberikan penjelasan mengenai intelegensi adalah mengenai kemampuan individu tidak hanya untuk mengukur pola pikirnya tetapi juga ketika bertindak. Sedangkan Alfred Binet mengartikan intelegensi ini sebagai kemampuan yang bisa digunakan untuk menetapkan dan mempertahankan tujuan. Menurut Edward Thorndike mengartikan bahwa intelegensi adalah kemampuan individu yang bisa digunakan untuk merespon stimulasi yang datang padanya. Sedangkan Thorn Bug mengartikan intelegensi sebagai tolak ukur perilaku dan bertindak sehari-hari.

Dari pengertian yang dipunyai pakar tersebut juga bisa mengambil pengertian mengenai IQ test. Di mana intelegensia berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan tindakan dan memberikan respon atas stimulus yang didapatkan. Sehingga dengan tes intelegensi dapat untuk mengukur tingkat kecerdasan yang dipunyai seseorang. Tes ini dapat dilakukan untuk bisa mengetahui mengenai potensi yang dipunyai, kelebihan yang dipunyai, dan kekurangan yang perlu diperbaiki.

Fungsi IQ Test

Tes intelegensi tersebut bisa diikuti untuk bisa mendeteksi mengenai disabilitas intelektual dan juga dapat mengukur potensi intelektual yang dipunyai oleh seseorang. Selain itu, test ini juga bisa digunakan untuk menilai bakat, kemampuan, dan juga potensi yang bisa untuk diarahkan ke arah yang tepat. Di mana untuk tes kecerdasan ini biasanya hasilnya juga dipengaruhi oleh genetif dan lingkungan yang dipunyai. Test IQ ini bisa dilakukan pada ibu hamil untuk mendeteksi mengenai kemungkinan intelektual baik yang akan dilahirkan. Selain itu, test ini juga mudah digunakan untuk menyeleksi pelamar kerja dengan mengukur mengenai kemampuan intelektual yang dipunyai.

Untuk fungsi yang diberikan IQ test sendiri bisa memberikan manfaat seperti berikut ini:

  • Tes yang satu ini bisa digunakan sebagai media yang tepat untuk mengukur kemampuan. Test tersebut bisa dilakukan dengan mengukur kemampuan berpikir logi, problem solving, kemampuan dasar, dan juga berbagai hal lainnya.
  • Tes ini bisa digunakan untuk menemukan bakat dan minat yang dipunyai. Dengan melakukan tes ini akan mengetahui bakat terpendam yang belum diketahui.
  • Tes ini bisa untuk digunakan untuk memilih jurusan kuliah dan juga karir di masa depan yang dipunyai dalam memilih pekerjaan.
  • Tes ini bisa digunakan perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan sehingga mendapatkan kandidat yang paling sesuai dengan keinginan.
  • Tes ini bisa bermanfaat bagi individu untuk mengenali diri, bakat, minat, dan memaksimalkan potensi yang dipunyai.

Jenis IQ Test

Prosedur untuk melakukan tes kepintaran ini biasanya dengan memberikan soal dan akan diminta untuk mengerjakannya dalam batas waktu tertentu. Untuk jenis soalnya sendiri berisi mengenai berbagai materi yang mencakup mengenai logika, matematika, dan juga mengenai pengetahuan umum. Dari tes tersebut akan bisa mengetahui mengenai kemampuan berpikir seseorang dan mendapatkan jawaban mengenai tingkat IQ yang dipunyai.

Untuk tes kecerdasan ****sendiri mempunyai beberapa jenis yang paling populer bisa digunakan, seperti berikut ini:

  • Intelligentz struktur test atau IST merupakan jenis tes yang dikembangkan di Frankfurt Main Germany. Test ini mempunyai 176 soal dan dikerjakan selama 90 menit. Untuk soal yang dikerjakan mempunyai sub yang berbeda dengan soal yang kompleks dan mempunyai kesulitan yang cukup tinggi.
  • Culture fair intelligence test atau CFIT merupakan jenis tes selanjutnya yang dikembangkan oleh Raymond B. Cattell. Tes ini mempunyai waktu pengerjaan yang lebih singkat yaitu hanya 30 menit dengan soal yang dibagi menjadi dua yaitu kecerdasan dari lahir dan juga kecerdasan yang dipengaruhi oleh lingkungan.
  • Standard progressive matrices atau SPM merupakan tes selanjutnya yang mempunyai waktu pengerjaan 25 menit untuk mengukur tingkat kecerdasan orang dewasa.
  • Wechsler adult intelligence scale atau WAIS merupakan tes yang mempunyai 2 sub bagian.
  • Tes binet merupakan jenis tes untuk mengukur mental seseorang.
  • Intelegensi kolektif Indonesia atau TIKI meruapkan tes untuk mengetahui standar intelegensi masyarakat Indonesia.

Hasil IQ Test

Untuk membaca hasil tes kecerdasan tersebut mempunyai dua skor yang akan didapatkan. Skor tinggi merupakan hasil yang lebih dari 100 yang mempunyai arti bahwa seseorang yang mendapatkan skor ini mempunyai intelegensi yang tinggi. Terutama ketika mendapatkan hasil di atas 130 maka mempunyai intelegensi atau kepintaran yang sangat tinggi yang disebut sebagai orang genius.

Sedangkan untuk skor selanjutnya adalah yang mempunyai skor rendah di bawah 100. Sedangkan bagi yang mempunyai hasil di bawah 70 merupakan orang yang mempunyai gangguan belajar. Untuk hasil tes tersebut bisa digunakan juga untuk merekrut karyawan yang mempunyai kecerdasan sesuai yang dibutuhkan di tempat kerja. Sehingga tidak heran test IQ merupakan tahan awal perekrutan yang dilakukan oleh perusahaan.

Perekrutan dengan IQ test tersebut bisa dilakukan dengan mudah menggunakan layanan dari Algobash. Perusahaan bisa memanfaatkan algobash.com untuk mengoptimalkan hasil perekrutan yang dilakukan. Algobash mempunyai layanan untuk bisa mengukur bakat dan kemampuan dari peserta dengan serangkaian tes yang dilakukan, sehingga bisa untuk mendapatkan kandidat yang cocok dengan kemampuan, kecerdasan, hingga karakter yang dibutuhkan perusahaan.

1255 750 Algobash