Inovasi Baru Job Interview Otomatis Untuk Perekrutan Karyawan Baru

Di era digital ini peran teknologi memang penting dalam menunjang pekerjaan, termasuk diantaranya adalah mempermudah pekerjaan HRD di dalam sebuah perusahaan, terutama untuk kegiatan perekrutan Sumber Daya manusia atau SDM yang baru untuk perusahaan. Karena belakangan sudah jarang yang melakukan perekrutan secara manual, melainkan sudah banyak yang beralih dengan menggunakan job interview otomatis.

Ada banyak diantara perusahaan yang mengembangkan layanan semacam ini, dimana nantinya sistem wawancara ini dilakukan dengan menggunakan robot, AI interview ini sendiri mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian diantara Anda. Karena bukan hanya perusahaan besar juga, melainkan jika dilihat perusahaan berkembang sendiri juga telah banyak yang menggunakan layanan tersebut. Apalagi dengan pertimbangan tingkat keakuratan yang dimiliki oleh alat ini tinggi, ditambah lagi bisa membantu menekan pengeluaran perusahaan juga.

Automated interview ini adalah sebuah teknologi mutakhir yang sudah banyak digunakan di negara-negara maju, termasuk sekarang ini juga telah merambah ke dalam negeri. Tak perlu khawatir karena ada semakin banyak diantara perusahaan yang menawarkan layanan tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan. Bagi para rekruter sendiri mungkin hal ini masih terasa asing dan sulit, padahal sebaliknya justru penggunaannya akan sangat mempermudah pekerjaan Anda.

Teknologi yang satu ini sudah diproses dengan berbagai kecanggihan yang ada serta memungkinkan nantinya para calon karyawan bisa lebih mudah menjawab pertanyaan yang diberikan, serta dapat direkam langsung. Sedangkan pihak perekrut sendiri juga akan dipermudah dalam meninjau jawaban-jawaban yang sudah diberikan oleh para calon kandidat ini. Lalu bagaimana cara kerja dari job interview otomatis ini? berikut yang harus diketahui:

  1. Mempersiapkan pertanyaan wawancara, nantinya para rekruter bisa terlebih dahulu mempersiapkan pertanyaan apa saja yang akan digunakan dalam sesi tanya jawab atau wawancara. Tentunya harus disesuaikan dengan peran serta persyaratan tertentu yang diinginkan dari calon kandidat tersebut nantinya.
  2. Rekruter bisa mengundang calon karyawan, setelah itu tinggal memilih siapa sajakah kandidat atau calon karyawan yang layak untuk masuk ke sesi berikutnya dalam wawancara ini. nantinya pelamar ini akan mendapatkan undangan untuk masuk ke sesi wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Undangan ini akan dikirimkan lewat email aktif yang disertakan oleh calon karyawan saat membuat lamaran.
  3. Menjawab pertanyaan yang diberikan, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan tersebut maka nantinya calon karyawan ini bisa masuk ke platform. Setelah itu mereka dapat merekam jawaban terhadap pertanyaan yang sudah diajukan dalam sesi wawancara ini. umumnya sudah diberikan batas waktu, berapa lama nantinya calon karyawan memberikan jawaban tersebut hingga menyelesaikan sesi wawancaranya.
  4. Meninjau jawaban yang telah diberikan, pada tahap akhir maka semua rekaman jawaban yang diberikan oleh para calon atau kandidat karyawan ini akan dikirimkan kepada rekruter, sehingga para rekruter tersebut bisa segera meninjau jawaban yang mereka berikan. Sehingga dapat dilakukan perbandingan jawaban antara masing-masing kandidat tersebut dan menemukan mana yang paling pas.

Job interview otomatis ini memang dapat dijadikan sebagai solusi terbaik, apalagi untuk para perusahaan besar. Karena sekali membuka lowongan pekerjaan maka jumlah pelamar akan sangat banyak, sehingga membutuhkan banyak waktu, tenaga serta biaya jika seandainya harus dilakukan sesi interview secara langsung. solusinya bisa dengan menggunakan alat berbasis teknologi ini.

Meskipun ada banyak yang masih enggan untuk memakai alat tersebut, mungkin dengan alasan hasilnya yang masih diragukan karena kegiatan interview tidak berhadapan secara langsung. Maupun juga alasan yang berkaitan dengan biaya dan sejenisnya, mengingat untuk memanfaatkan platform tersebut, maka dibutuhkan biaya yang tidak sedikit juga dalam pembeliannya. Namun si satu sisi sebenarnya pemanfaatan dari Job interview otomatis sendiri juga memiliki begitu banyak kelebihan, diantaranya adalah:

  1. Efisien, baik itu dari segi waktu maupun biaya memang jauh lebih hemat jika seandainya perusahaan memakai alat yang satu ini. apalagi sesi interview berbeda dengan tes tulis yang dapat dilakukan secara bersamaan. Sesi interview dilakukan secara bergantian serta memakan waktu yang lebih banyak, apalagi jika jumlah pesertanya juga tidak sedikit. Dengan menggunakan metode yang satu ini dapat memangkas lebih banyak waktu, serta biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Anggaran untuk rekrutment bisa dipangkas bahkan sampai dengan 50 persen dari biasanya.
  2. Aksesnya luas, alat ini juga memungkinkan lebih banyak calon kandidat dari berbagai latar belakang, daerah yang berbeda-beda baik itu di dalam sampai dengan luar negeri untuk bisa ikut serta di dalam mengikuti program rekrutment tersebut. Karena sering kali perbedaan wilayah, zona waktu dan sebagainya menjadi penghalang bagi perusahaan tidak bisa menemukan kandidat karyawan terbaik untuk bekerja di dalam perusahaan mereka.
  3. Penilaian dapat dilakukan secara obyektif, perbedaan lain rekrutment memakai alat job interview otomatis ini dengan yang dilakukan secara manual adalah untuk mencegah adanya resiko seperti nepotisme. Hal yang kerab dijumpai di negara Indonesia ini, dimana memang banyak terkadang HRD yang memasukkan kenalan mereka sendiri untuk bekerja di dalam perusahaan, bahkan dengan kompetensi yang kurang bagus, karena penilaian yang dilakukan sering kali masih subyektif. Agak berbeda dibandingkan dengan pemakaian alat ini, semuanya sudah disusun sedemikian rupa dan alat juga mempertimbangkan hasil akurat serta obyektif.
  4. Memberikan pengalaman lebih baik kepada calon karyawan, bahkan untuk calon karyawan sendiri sebenarnya juga dipermudah dalam mengikuti sesi wawancara kerja tersebut. karena kerab kali wawancara secara tradisional atau manual rentan membuat mereka mengalami stress. Apalagi ketika harus ambil cuti serta mengatur ulang jadwal wawancara jika seandainya bertabrakan dengan jadwal pekerjaan mereka pada saat itu, sehingga pada akhirnya tidak dapat mengikuti sesi wawancara ini.
  5. Dapat meningkatkan kualitas dalam rekrutment metode yang satu ini nantinya membuat para perekrut atau HRD dapat meninjau atau mengevaluasi kembali jawaban yang sudah diberikan oleh para calon kandidat. Tentunya dengan adanya rekaman yang sudah dibuat sebelumnya, jadi dapat diputar ulang. Sehingga bisa menemukan yang terbaik.

Cukup banyak diantara pilihan platform job interview otomatis yang dapat diandalkan di Indonesia, salah satunya adalah dari Algobash, platform yang satu ini menawarkan kemudahan bagi para calon perekrut serta kandidat yang sedang mencari karyawan baru untuk mengisi kekosongan posisi di dalam sebuah perusahaan. Rekrutment yang dilakukan tentunya juga lebih berkualitas.

Seluruh kegiatan atau sesi interview ini nantinya akan direkam sehingga bisa dievaluasi oleh para perekrut atau tim HRD perusahaan, hasil yang ditampilkan nantinya akan berupa rekaman video, summary, fokus wajah, full text yang diucapkan oleh kandidat, kedekatan antara jawaban dengan pertanyaan. Semua hasilnya juga akan dinilai dengan menggunakan AI sehingga tidak perlu khawatir. Algobash menyediakan jasa test yang sudah terjamin.

1000 563 Algobash