Manfaat Yang Diperoleh Dengan Menggunakan Wawancara Otomatis Bagi Perusahaan

Sekarang ini hal yang sering dijumpai oleh para pencari kerja atau pelamar pekerjaan adalah mereka tidak lagi mengandalkan sesi wawancara tradisional atau tatap muka langsung. Melainkan sudah banyak yang menggunakan layanan wawancara otomatis. Mungkin masih asing juga bagi sebagian orang, namun faktanya lebih banyak perusahaan yang sudah mulai beralih dari kegiatan rekrutment karyawan baru yang dulunya dilakukan secara manual, sekarang sudah berbasis digital. Banyak perusahaan yang berbondong-bondong beralih menggunakan layanan ini.

Bagi perusahaan karyawan merupakan aset besar, karena sukses atau tidaknya sebuah perusahaan, pada dasarnya juga sangat bergantung terhadap SDM yang bekerja di dalamnya. Itulah mengapa tidak boleh sembarangan di dalam memilih karyawan. Nyatanya memang tahap rekrutmen ini merupakan kunci penting agar bisa mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas. Tidak heran jika seandainya tahapan yang harus dilalui juga panjang. Perusahaan juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk rekrutment karyawan baru.

Wawancara otomatis ini sendiri bisa dilakukan dengan mengandalkan bantuan dari platform Ai interview yang belakangan semakin populer. Dimana ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, secara khusus memang mengeluarkan layanan yang satu ini, sehingga nantinya perusahaan bisa lebih mudah menggunakan layanannya. Berbeda dengan jenis test yang lainnya, interview ini sendiri pada dasarnya memang termasuk bagian yang paling penting serta memakan banyak waktu untuk dilakukan, apalagi jika seandainya kandidat karyawan ada banyak.

Khususnya untuk perusahaan-perusahaan besar sendiri, meskipun jumlah posisi yang dibutuhkan di dalam perusahaan tersebut sedikit, namun minat pencari kerja yang tinggi membuat angka lamaran yang masuk juga membludak. Sehingga mau tidak mau harus menyiapkan lebih banyak waktu serta tenaga untuk proses penyaringan agar mendapatkan kandidat yang sesuai, apalagi jika seandainya perusahaan masih mengandalkan wawancara berbasis konvensional atau manual.

Dengan hadirnya alat AI interview ini maka memungkinkan kegiatan wawancara bisa dilakukan secara lebih cepat serta mudah. Karena sudah ada alat yang digunakan untuk merekam. Tentu nantinya untuk penilaian sendiri juga dapat dilakukan secara obyektif untuk mendapatkan hasil terbaik. Sebelumnya penting juga untuk mengetahui bahwa dengan adanya alat untuk interview secara otomatis ini, maka banyak manfaat yang dirasakan oleh perusahaan, yaitu:

  • Memangkas biaya untuk rekrutment tenaga kerja baru, dalam membuka lowongan kerja sampai dengan proses rekrutment untuk mendapatkan karyawan dalam sebuah perusahaan tentunya tidak singkat, memakan banyak waktu serta biaya yang tidak sedikit. Karena itu perusahaan juga harus siap keluar anggaran yang cukup besar apalagi jika seandainya rekrutment dilakukan secara besar-besaran. Namun faktanya dengan memakai alat yang satu ini, maka biaya yag dapat dipangkas untuk kegiatan rekrutmen bisa sampai 50 persen lebih hemat dibandingkan dengan biasanya.
  • Efisien dari segi waktu, ada kalanya perusahaan membuka lowongan untuk mengisi posisi sebagai karyawan dengan cepat. Namun juga tidak dapat dipungkiri karena terburu-buru terkadang tidak menemukan kandidat yang sesuai, padahal persiapan untuk sesi interview ini sendiri juga cukup lama. Namun dengan adanya layanan wawancara otomatis ini maka sesi wawancara bisa dilakukan dengan cepat, namun tetap mendapatkan hasil terbaik.
  • Dapat diakses oleh kandidat secara lebih luas, ada banyak kandidat berkualitas di Indonesia, namun memang karena mungkin domisili atau tempat tinggal mereka terlalu jauh dari kota besar, sehingga memutuskan untuk tidak ikut serta dalam sesi wawancara ini. Padahal sebenarnya punya potensi yang bagus sebagai calon karyawan di dalam perusahaan. Alat yang satu ini memungkinkan nantinya calon karyawan dari mana saja dapat mengaksesnya dengan lebih mudah. Bahkan perbedaan zonasi sendiri juga tidak akan menjadi masalah untuk mereka dalam mengikuti sesi wawancara ini tepat waktu. Jadi perusahaan juga berkesempatan untuk mendapatkan tenaga kerja terbaik.
  • Penilaian dilakukan secara obyektif, salah satu yang membedakan antara wawancara otomatis dengan manual diantaranya bisa dilihat dari obyektifitas dalam pemberian nilai. Karena alat sudah diprogram sedemikian rupa, sehingga nantinya penilaian yang diberikan juga lebih obyektif, tidak hanya didasarkan pada perasaan atau subyektifitas semata. Sehingga resiko bias penilaian juga dapat dikurangi dengan memakai alat yang satu ini, jadi berpengaruh pada keputusan akhir penilaian juga.
  • Memberikan kualitas rekrutment yang lebih baik, berbeda dengan metode interview atau wawancara manual dimana memang penilaian atau keputusan sekedar diambil sekejab pada saat mendengarkan jawaban kandidat. Maka untuk rekrutment yang satu ini rekaman dapat diputar dan dijadikan sebagai acuan penilaian berkali-kali. Sehingga perekrut juga dapat meninjau atau mengevaluasi untuk bisa mendapatkan keputusan terbaik. Jadi rekruter juga dapat lebih fokus dengan para kandidat atau calon yang paling sesuai kriteria perusahaan.
  • Calon kandidat akan mendapatkan pengalaman wawancara yang lebih baik, rasa stress saat menghadapi interview secara tradisional memang kerab kali terjadi. Apalagi jika seandainya posisi calon karyawan atau pelamar ini juga masih terikat kontrak kerja dengan perusahaan yang lain. Sehingga mereka harus mengatur kembali jadwal kerja dengan interview atau wawancara tersebut, karena kerab kali bertabrakan. Namun disini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi karena memang kandidat akan mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik berkat kemudahan dari teknologi.
  • Skalabilitas, untuk perusahaan-perusahaan besar, khususnya yang memiliki volume lamaran tinggi. Padahal mungkin posisi atau lowongan yang dibutuhkan sedikit. Maka tahap interview ini sering kali menyebabkan mereka pusing untuk mengatur ulang jadwal, kemudian ditambah lagi dengan anggaran yang harus dikeluarkan untuk rekrutment dan pada tahap penilaian juga. Hal tersebut tidak berlaku untuk metode wawancara otomatis. Karena dengan adanya teknologi tersebut, maka memungkinkan perusahaan agar lebih mudah dalam menghadapi jumlah lamaran yang membludak ini. Tanpa mereka harus mengorbankan kualitas seleksinya. Perusahaan juga lebih mudah jika seandainya ingin merekrut karyawan baru dalam mengisi beberapa posisi sekaligus.

Namun juga jangan sampai salah dalam memilih platform untuk AI interview tersebut, karena tidak semuanya menjamin kualitas. Anda cukup percayakan kepada Algobash. Kami menyediakan jasa test assessment, termasuk diantaranya dalam rekrutment karyawan baru perusahaan. Nantinya perusahaan bisa secara mudah melakukan sesi interview kepada calo kandidat, serta meninjau kembali dengan cara melihat hasil rekamannya.

Sudah banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan Algobash ini, sehingga masalah kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dengan menggunakan metode yang satu ini, membuat perusahaan juga ikut bersaing dengan yang lain. Peluang untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang lebih berkualitas menjadi jauh lebih tinggi. Perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk kebutuhan rekrutment, dana bisa disave lebih banyak.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai produk serta layanan yang kami miliki, maka bisa langsung cek ke website resmi Algobash, temukan berbagai penawaran menarik yang sesuai kebutuhan Anda, serta bisa dikonsultasikan terlebih dahulu jika ada yang belum dipahami mengenai layanan wawancara otomatis ini.

1060 594 Algobash