How Workplace Diversity and Inclusivity Matters

Mengapa Workplace Diversity Itu Penting Bagi Perusahaan?

Workplace diversity atau keberagaman di tempat kerja saat ini sudah menjadi sebuah hal yang umum dan sering diterapkan oleh banyak perusahaan di dunia. Tujuan tentu saja beragam, namun salah satu yang fundamental adalah untuk merekrut orang-orang terbaik tanpa memandang agama, etnik, gender, ras, ataupun orientasi seksual.

Alasan lain mengapa workplace diversity menjadi hal yang tidak asing lagi bagi beberapa perusahaan adalah karena saat ini dunia sudah sangat berkembang. Banyak organisasi yang mulai terbuka untuk menerima kelompok-kelompok berbeda menjadi satu tim. Tentu ini merupakan hal yang luar biasa karena dari kacamata bisnis workplace diversity mampu memberikan banyak keuntungan.

Baca Juga: Bagaimana Perempuan Berdampak Tech Team Anda

Manfaat workplace diversity

Membangun workplace diversity tidak hanya memberikan kesan bahwa perusahaan Anda memiliki banyak anggota dengan latar belakang yang berbeda. Jauh lebih dari itu, workplace diversity dapat memberikan dampak besar yang mampu menggerakan perusahaan semakin maju dan berkembang.

Hal ini telah diungkapkan oleh Taylor Cox dan Blake Stacy, mereka mengungkapkan bahwa dengan merangkul banyak keberagaman di tempat kerja dapat memberikan kelebihan yang lebih kompetitif. Setidaknya, ada enam keuntungan yang dapat dirasakan oleh perusahaan dengan hal ini, yaitu:

1. Mengurangi pengeluaran biaya perusahaan

Sebuah perusahaan yang memiliki sistem mumpuni dalam menangani keberagaman karyawan di tempat kerja, kecil kemungkinan akan mendapatkan gugatan terkait diskriminasi. Itulah sebabnya mengapa workplace diversity itu sangat penting untuk diterapkan di berbagai perusahaan.

Dengan membangun keberagaman dapat membuat perusahaan semakin terbiasa untuk menerapkan sebuah kebijakan anti-diskriminasi serta toleransi yang kuat. Hal ini merupakan peluang bagi perusahaan untuk mengurangi beberapa kemungkinan buruk yang mungkin saja dapat terjadi kedepannya termasuk membayar biaya ganti rugi akibat diskriminasi.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Williams K dan O’Reilly, perusahaan yang menerima keberagaman dengan baik juga dapat menekan turnover karyawan dari kalangan-kalangan minoritas dan perempuan jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak menghargainya sama sekali.

Turnover karyawan yang tinggi tentu saja memberikan banyak kerugian, salah satunya dapat mempengaruhi moral karyawan. Mereka yang bertahan mungkin saja mengalami resah karena satu persatu rekan setimnya pergi, akibatnya motivasi dan produktivitas kerja semakin menurun. Selain itu, Anda juga harus melakukan proses rekrutmen kembali dengan biaya yang cukup tinggi untuk menggantikan posisi karyawan yang pergi. 

2. Perolehan sumber daya semakin meningkat

Human capital adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan hal inilah manusia dan apa yang dimilikinya seperti pengetahuan, skills, keterampilan, dan lain sebagainya dapat dikelola sebagai modal yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Perusahaan dengan keberagaman yang tinggi tentu saja dapat menarik minat kandidat diluar perusahaan yang berasal dari kalangan minoritas maupun perempuan. Di mana menurut penelitian yang dilakukan oleh L. A. Thomas dan Taylor, G.A., perempuan dan minoritas memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk mengejar karir yang besar dan memiliki ketertarikan terhadap perusahaan-perusahaan yang menerapkan workplace diversity.

Ketika perusahaan menerima karyawan yang lebih beragam akan meningkatkan peluang untuk merekrut kandidat yang memiliki kualitas yang tinggi. 

3. Pemasaran menjadi lebih luas

Dengan memiliki karyawan yang beragam, perusahaan dapat melakukan ekspansi pemasaran secara lebih luas. Ya, perusahaan akan mendapatkan banyak perspektif mengenai preferensi konsumen dari budaya yang berbeda karena memiliki karyawan dengan latar belakang yang berbeda pula.

Selain itu, brand image perusahaan yang menghargai keberagaman akan menjadi lebih baik di depan publik dan hal ini tentu saja dapat menarik pelanggan baru.

4. Fleksibilitas sistem

Keberagaman di tempat kerja juga dapat menimbulkan sebuah fleksibilitas kognitif pada setiap karyawan di perusahaan Anda. Hal ini dikarenakan mereka akan terbiasa untuk berbaur satu sama lain dan saling menghargai setiap nilai, attitude, dan kepercayaan yang berbeda.

Fleksibilitas kognitif yang tumbuh pada setiap karyawan dapat menciptakan sebuah fleksibilitas sistem pada perusahaan. Interaksi kelompok akan semakin lebih efektif dan mengalir dengan cair. Setiap karyawan dapat menghargai perbedaan pendapat atau ide yang dikemukakan oleh karyawan lainnya.

5. Kreativitas dan problem-solving tim lebih meningkat

Terakhir, keberagaman di tempat kerja juga akan sangat berpengaruh pada kreativitas dan pemecahan masalah tim. Setiap karyawan akan memiliki perspektif dan ide yang berbeda satu sama lain, dan hal ini tentu akan memudahkan perusahaan untuk menciptakan inovasi baru yang lebih kreatif.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa workplace diversity itu sangat penting bagi perusahaan. Sangat menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk membaca informasi lainnya, kunjungi Algobash Insight untuk temukan beragam artikel seputar rekrutmen dan teknologi.

2000 1080 Algobash