9 Persiapan Interview Kerja yang Wajib HRD Lakukan!

9 Persiapan Interview Kerja yang Wajib HRD Lakukan!

Setiap tahapan dalam rekrutmen memerlukan perencanaan yang cukup maksimal agar dapat berjalan dengan baik, termasuk tahapan interview kerja dengan kandidat atau calon karyawan. Rencana wawancara yang dipikirkan dengan matang bukan hanya memperlancar proses perekrutan tetapi juga memastikan bahwa kandidat yang tepat dipilih untuk mendorong pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu HRD, recruiter, atau hiring manager sangat penting untuk melakukan persiapan interview kerja.

Rencana wawancara adalah strategi yang terstruktur dengan cermat yang menguraikan seluruh proses pemilihan kandidat untuk posisi pekerjaan. Dimana akan melibatkan beberapa rangkaian langkah yang telah dirancang untuk mengevaluasi kualifikasi, keterampilan, dan kesesuaian calon karyawan dengan budaya perusahaan atau posisi pekerjaan.

Ada cukup banyak hal yang harus dilakukan untuk merencanakan wawancara kerja perusahaan. Nah, dalam artikel ini, Algobash akan membahas apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan proses wawancara secara efektif untuk mengidentifikasi dan menarik kandidat berkualitas tinggi.

Baca juga: 6 Tools Dan Teknik Interview Yang Efektif Digunakan Di 2023

Mengapa Persiapan Interview Kerja Sangat Penting Bagi HRD?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa persiapan atau rencana wawancara yang dilakukan secara efektif tidak hanya akan menghemat waktu dalam pelaksanaan interview. Namun juga dapat meningkatkan akurasi penilaian terhadap kandidat. Sehingga hal tersebut dapat menghasilkan sebuah keputusan perekrutan yang jauh lebih baik dan objektif

Selain itu, melakukan persiapan interview kerja bagi HRD juga dapat memberikan beberapa dampak signifikan terhadap kemajuan rekrutmen perusahaan. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:.

  1. Evaluasi yang Adil dan Konsisten: Rencana wawancara dapat memastikan semua kandidat dievaluasi secara konsisten berdasarkan kriteria yang sama. Konsistensi ini dapat mendorong keadilan dan mengurangi bias selama penilaian. Selain itu, persiapan wawancara juga dapat memberikan setiap kandidat peluang yang sama untuk bisa menunjukkan kemampuan yang dimilikinya.
  2. Evaluasi yang Tepat Sasaran: Dengan rencana wawancara, recruiter, HRD, atau hiring manager dapat lebih fokus terhadap kompetensi dan kualitas tertentu dari kandidat yang dibutuhkan dan sesuai untuk pekerjaan. Evaluasi yang sesuai dengan peran atau posisi pekerjaan ini dapat membantu untuk mengidentifikasi kandidat manakah yang benar-benar fit atau sejalan dengan peran.
  3. Proses yang Efisien: Saat melaksanakan perencanaan, tim rekrutmen dapat merancang proses wawancara yang terstruktur, efektif, dan efisien. Hal ini tentunya dapat memastikan wawancara dilakukan secara lancar sehingga dapat menghemat waktu kandidat maupun recruiter.
  4. Peningkatan Pengalaman Kandidat: Wawancara yang telah direncanakan secara matang dan terorganisir dapat mendorong adanya kesan positif terhadap kandidat. Hal ini dapat mencerminkan profesionalisme perusahaan dalam melaksanakan wawancara kerja di hadapan kandidat.
Baca juga: Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Dalam Interview Calon Karyawan, Ini 12 Contohnya!

Persiapan Interview Kerja Apa Saja yang Harus Dilaksanakan?

Di atas sudah disebutkan beberapa manfaat dari persiapan interview kerja yang matang. Lalu, apa sajakah yang perlu disiapkan jika hendak menjalankan proses interview? Berikut tipsnya!

1. Tentukan Persyaratan Pekerjaan

Untuk melakukan persiapan interview kerja yang maksimal, mulailah dengan menentukan dan mendefinisikan dengan jelas peran pekerjaan dan tanggung jawab yang dibutuhkan dalam peran tersebut. Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipahami mulai keterampilan, kualifikasi, serta atribut-atribut lain yang diperlukan untuk mendukung kesuksesan calon karyawan dalam bekerja dengan posisi tersebut ke depannya. Penentuan persyaratan pekerjaan yang jelas ini akan menjadi dasar utama dalam merancang rencana wawancara di perusahaan Anda.

2. Kembangkan Kriteria Wawancara 

Setelah menentukan persyaratan pekerjaan, persiapan interview kerja yang perlu dilakukan kedua adalah mengembangkan kriteria-kriteria wawancara. Untuk mengembangkannya, Anda bisa dengan membuat beberapa daftar kompetensi atau kualifikasi yang sangat penting untuk peran atau posisi pekerjaan yang sedang dicari. Adapun kriteria tersebut bisa mencakup hardskill, soft skill,, kesesuaian budaya, hingga potensi pertumbuhan calon karyawan ke depannya.

3. Tentukan Jenis Metode Wawancara

Ketiga pilihlah jenis atau metode wawancara yang sesuai untuk menyeleksi kandidat berdasarkan posisi yang dibutuhkan. Anda bisa mempertimbangkan beberapa metode wawancara seperti wawancara behavioural, wawancara panel, wawancara group, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pilihlah metode wawancara yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan rekrutmen di perusahaan Anda.

4. Rancang Pertanyaan Wawancara

Setelah menentukan jenis atau metode yang sesuai, persiapan interview kerja yang tak kalah penting selanjutnya adalah merancang daftar pertanyaan yang efektif untuk mewawancarai kandidat. Buatlah serangkaian pertanyaan yang terstruktur dengan baik yang sejalan dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan pertanyaan perilaku dan pertanyaan situasional untuk mengukur keterampilan dan kemampuan pemecahan masalah kandidat secara lebih efektif.

Baca juga: Cultural Fit Interview, Benarkah Efektif Untuk Menilai Kesesuaian Calon Karyawan?

5. Buat Daftar Evaluasi atau Penilaian

Selanjutnya, Anda juga dapat membuat daftar penilaian atau evaluasi wawancara kandidat. Untuk membuatnya, Anda harus memikirkan dan menentukan terlebih dahulu hal-hal strategis apa saja yang diperlukan untuk menilai kandidat yang sesuai dengan posisi pekerjaan. Daftar evaluasi yang telah ditentukan tersebut dapat digunakan untuk menilai seluruh kandidat agar mengurangi subjektivitas.

6. Berkoordinasi Dengan Seluruh Pewawancara

Jika proses wawancara di perusahaan Anda dilakukan oleh beberapa pewawancara yang berbeda. Maka melakukan koordinasi yang efektif terhadap seluruh pewawancara yang ditugaskan merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Berkomunikasilah dengan masing-masing pewawancara yang ditugaskan di perusahaan Anda untuk menentukan peran dalam proses wawancara. Jika memungkikan, berikan juga pelatihan kepada mereka mengenai rencana wawancara, kriteria evaluasi, dan pentingnya ketidakberpihakan untuk menghindari bias.

7. Atur Jadwal dan Siapkan Logistik

Persiapan interview kerja yang tidak boleh dilupakan selanjutnya adalah mengatur jadwal proses wawancara yang akan dilaksanakan. Jadwal yang ditentukan tersebut harus mempertimbangkan ketersediaan dari kandidat serta pewawancara yang ditugaskan. Selain itu, persiapkan pula peralatan logistik yang diperlukan selama berjalannya proses interview seperti apakah pewawancara membutuhkan laptop maupun yang lainnya.

8. Berkomunikasi Dengan Kandidat

Persiapan interview kerja yang kedelapan yaitu harus berkomunikasi dengan kandidat terkait proses wawancara yang hendak dilakukan. Komunikasikanlah beberapa hal yang penting diketahui oleh kandidat seperti jenis wawancara yang dilakukan apakah online atau offline, apa saja yang perlu dipersiapkan, kapan jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui semua hal penting tersebut, kandidat dapat mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin demi kelancaran proses wawancara yang mereka ikuti.

9. Dokumentasi dan Analisis

Persiapan interview kerja yang terakhir yaitu menentukan apa saja yang harus didokumentasikan serta analisis selama proses wawancara dengan kandidat seperti tanggapan atau jawaban yang diberikan, maupun yang lainnya. Dokumentasi ini nantinya akan sangat penting untuk didiskusikan oleh tim rekrutmen setelah wawancara.

Baca juga: 8 Persiapan Interview Kerja yang Efektif Untuk Recruiter, HR, Dan Hiring Manager!

Itulah dia beberapa persiapan interview kerja yang penting untuk dilakukan oleh HRD, recruiter, maupun hiring manager untuk memastikan proses wawancara perusahaan berjalan dengan baik sehingga dapat menilai dan menyeleksi karyawan terbaik.

Jika Anda ingin melakukan persiapan interview kerja yang lebih maksimal. Platform interview Algobash dapat membantu Anda untuk menyiapkan wawancara secara efektif dan efisien. Anda dapat mengatur jadwal, pengkomunikasian dengan kandidat, penentuan pertanyaan wawancara, arsip dan analisis penilaian, serta hal-hal penting lainnya yang dapat mendukung proses interview kerja yang maksimal.
Dengan tools interview yang lengkap, saat ini Algobash telah digunakan oleh berbagai perusahaan untuk membantu menjalankan proses interview mereka. Tertarik untuk menggunakannya? Kunjungi www.algobash.com sekarang juga.

960 640 Algobash