Pre-Employment Test: Why Is It Important And What Are The Advantages?

Pre-Employment Test: Mengapa Penting Dilakukan Dan Apa Manfaatnya?

Setelah sebelumnya Algobash membahas secara lengkap mengenai pengertian dan jenis-jenis pre-employment test. Anda mungkin memiliki beberapa pernyataan yang ingin dilontarkan, salah satunya adalah apa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dan mengapa harus menerapkan hal tersebut?

Baca Juga: Coding test: Apakah wajib untuk rekrutmen IT talent?

Ada banyak alasan untuk menjawab pertanyaan ini dan Algobash akan membahasnya khusus untuk Anda. Jadi, apa saja kah itu? Baca informasi selengkapnya di bawah.

Mengapa harus menerapkan pre-employment test?

Salah satu alasan fundamental mengapa harus menerapkan pre-employment test yaitu untuk menyaring kandidat yang benar-benar potensial dan menyingkirkan kandidat yang tidak sesuai.

Setiap kali membuka sebuah lowongan pekerjaan, perusahaan biasanya mendapatkan banyak sekali lamaran dari berbagai kandidat. Hal ini tentu sangat memusingkan Anda untuk mencari kandidat manakah yang sesuai. Bahkan jika salah memilih, hal ini dapat menyebabkan perusahaan mengalami bad hiring dan kerugian lainnya.

Menurut sebuah studi, setiap lowongan yang dibuka oleh perusahaan akan menerima setidaknya 250 resume kandidat yang melamar. Dari jumlah tersebut, tidak semua kandidat benar-benar sesuai dengan posisi yang sedang perusahaan butuhkan. Beberapa diantaranya hanya melakukan lamaran secara acak tanpa membaca terlebih dahulu detail pekerjaan yang terpampang dalam iklan lowongan pekerjaan yang Anda pasang di setiap platform.

Sejauh manapun Anda melakukan proses penyaringan dengan baik terhadap resume yang kandidat berikan. Tetap saja, hal ini tidak menjamin Anda dapat menyaring kandidat yang tepat. Itulah sebabnya, pre-employment test sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut. 

Pre-employment test dapat memberikan dampak yang luar biasa untuk memaksimalkan proses rekrutmen agar menemukan kandidat terbaik mulai dari skill, pengetahuan, attitude, dan culture fit dengan perusahaan.

Manfaat pre-employment test

Selain dapat membuat proses rekrutmen menjadi lebih objektif. Ada beberapa manfaat lain yang tentunya dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda. Berikut kami sajikan selengkapnya:

1. Meningkatkan employee retention

Dengan memberikan tes kepada kandidat sebelum bergabung hal ini dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mempertahankan karyawan. Tingginya angka turnover karyawan seringkali membuat perusahaan menghadapi berbagai masalah yang cukup serius, salah satunya membuat performa kerja menurun dan harus melakukan melakukan proses rekrutmen kembali untuk segera menemukan kandidat yang dapat mengisi kekosongan posisi.

Untuk menjaga employee retention, Anda dapat melakukan pre-employment test untuk melihat sejauh mana skill dan kecocokan kandidat dengan perusahaan. Anda dapat memilih mereka yang benar-benar sesuai untuk bergabung, sehingga turnover karyawan dapat diminimalisir.

2. Memperkuat legalitas rekrutmen

Pre-employment test juga dapat membuat proses rekrutmen semakin kuat legalitasnya. Hal ini dikarenakan pre-employment test merupakan sebuah asesmen berbasis sains. Jika suatu saat nanti terjadi masalah legal mengenai rekrutmen. Perusahaan dapat mengajukan bukti konkret berupa hasil dari pre-employment test yang telah dilakukan sebelumnya.

3. Dapat menemukan “hidden talent”

Ketika melakukan proses screening, biasanya banyak rekruter yang hanya terfokus pada apa yang tertulis dalam CV saja. Hal ini besar kemungkinan dapat membuat perusahaan kehilangan kandidat yang benar-benar potensial. 

Ada beberapa kandidat yang tidak memiliki banyak pengalaman namun memiliki kualitas soft maupun hardskill dan kecocokan dengan perusahaan yang mumpuni. Dengan memberikan pre-employment test, Anda secara tidak langsung memberikan kesempatan mereka untuk menunjukan keterampilannya. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk mengetahui semua hal yang mungkin saja tidak tertulis di CV. 

Itulah alasan serta manfaat yang bisa perusahaan Anda dapatkan setelah melakukan pre-employment test. Tentunya, Anda tidak ingin salah memilih kandidat bukan? coba hindari hal tersebut dengan melakukan pre-employment test secara betul untuk menciptakan proses rekrutmen yang lebih berkualitas dan perusahaan Anda dapat menemukan kandidat terbaik.

Jika Anda tertarik untuk membaca informasi lainnya seputar rekrutmen dan IT, jangan lupa untuk kunjungi blog kami Algobash Insight untuk temukan beragam artikel menarik.

2000 1080 Algobash