6 Skill Sales yang Wajib Dimiliki dan Bagaimana Cara Mengujinya

6 Skill Sales yang Wajib Dimiliki dan Bagaimana Cara Mengujinya

Ada banyak sekali talenta atau kandat sales di luar sana, namun menemukan salah satu yang terbaik tidaklah mudah. Hampir semua praktisi setuju bahwa merekrut tenaga sales merupakan hal yang sulit. Untuk itu, HRD atau divisi rekrutmen dalam sebuah perusahaan harus mempersiapkan berbagai strategi matang, salah satunya dengan mengetes skill sales pada masing-masing kandidat.

Skill atau keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan meman sesuatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi semua posisi. Untuk tenaga penjualan atau sales, ada beberapa skill yang wajib dimiliki mulai dari komunikasi, negosiasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mengetahui bahwa kandidat memiliki skill sales yang mumpuni? Nah, dalam artikel ini Mamikos telah menyiapkan ulasan tentang daftar skill sales yang wajib dimiliki calon karyawan serta bagaimana cara menetesnya.

Baca juga: Bagaimana Algobash Dapat Meningkatkan Kinerja Rekrutmen Anda

Apa Saja Skill Sales yang Wajib Dimiliki?

Tenaga sales adalah seorang yang berdiri di garda terdepan perusahaan untuk melakukan transaksi jual beli jasa atau barang yang diproduksi oleh perusahaan. Dalam tugasnya, seorang sales biasanya akan menawarkan, menyarankan, hingga mendemonstrasikan hal-hal yang berkaitan dengan produk yang mereka jual.

Sales sangat erat kaitannya dengan pendapatan yang bisa diraih oleh perusahaan. Jika kinerja tenaga sales baik, maka pendapatan perusahaan bisa semakin meningkat. Namun, jika kinerja sales buruk, maka pendapatan perusahaan bisa menurun atau bahkan menimbulkan berbagai kerugian yang lebih dalam lainnya.

Selain kerja keras, keberhasilan`seorang sales juga dipengaruhi oleh keterampilan atau skill yang mereka miliki. Skill-skill ini harus Anda perhatikan dan nilai secara betul pada kandidat saat melakukan proses rekrutmen sales. Lalu, apa sajakah skillnya? Berikut beberapa diantaranya:

1. Pemahaman Terhadap Produk

Salah satu tugas utama dari seorang sales adalah menawarkan dan menjual produk kepada client atau customer. Tanpa pengetahuan produk yang baik, maka penawaran produk akan berjalan jauh lebih sulit atau bahkan berujung pada kegagalan. Seorang sales sangat penting untuk memiliki skill pemahaman produk dengan baik karena ini akan menjadi modal mereka dalam bekerja dan mempersuasi pelanggan potensial.

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan di hampir semua lini pekerjaan, begitu pula bagi seorang sales. Seorang sales dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan. 

Komunikasi yang dimaksud di sini bukan hanya berfokus pada apa yang dibicarakan oleh sales. Namun juga bagaimana cara mereka melakukan komunikasi mulai dari penggunaan gaya komunikasi pada pelanggan yang berbeda, intonasi, dan hal-hal lain yang dapat meyakinkan calon pelanggan.

Baca juga: Uji Kinerja Online: Mengapa Penting bagi HR

3. Kemampuan Persuasi dan Negosiasi

Kemampuan persuasi dan negosiasi juga sama pentingnya untuk dimiliki oleh sales. Mengutip dari Inc.com, seorang sales harus bisa melakukan negosiasi untuk meraih keuntungan baik bagi perusahaan maupun pelanggan. Selain menguntungkan bagi perusahaan, dengan kemampuan negosiasi yang baik, hal ini dapat membangun kepercayaan di hadapan pelanggan.

4. Manajemen Waktu

Selain harus menawarkan dan menjual produk, seorang sales juga biasanya akan dihadapkan dengan berbagai kegiatan atau permasalahan lain. Di sinilah kemampuan manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan oleh tenaga sales. Dengan kemampuan ini, seorang sales dapat jauh lebih produktif saat bekerja.

6. Kemampuan Research

Skill sales yang wajib dimiliki terakhir adalah kemampuan untuk research. Penjualan tanpa riset bukanlah apa-apa. Seorang sales harus bisa melihat bagaimana keadaan atau trend pasar kemudian menganalisisnya untuk kebutuhan perusahaan. Dengan melakukan research, seorang sales dapat membentuk strategi penjualan yang tepat.

Bagaimana Cara Menguji Skill Sales?

Setelah mengetahui beberapa skill esensial yang harus dimiliki oleh seorang sales. Anda mungkin masih bingung bagaimana cara menemukan kandidat atau talenta tepat yang memiliki skill-skill tersebut. 

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjawab kebingungan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan Sales Aptitude Test dan Interview. Kedua tes ini dapat membantu Anda menilai kandidat yang benar-benar sesuai dengan posisi sales. Berkut penjelasan lengkapnya:

1. Skill Sales Aptitude Test

Sales Aptitude Test adalah sebuah tools yang bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi ke kemampuan kandidat dalam menyelesaikan penjualan barang atau jasa mewakili perusahaan. Selain itu, tes ini juga dapat menguji bakat penalaran logis, numerik, serta verbal kandidat.

Tes ini mengharuskan kandidat untuk menunjukkan bakat dengan berbagai jenis penalaran serta keterampilan menangani interaksi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan melalui serangkaian soal atau pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda.

2. Interview

Interview adalah metode rekrutmen yang lumrah dilakukan untuk berbagai posisi. Meskipun terdengar tradisional, dengan penggunaan-penggunaan pertanyaan yang tepat, interview dapat membantu Anda menilai skill sales kandidat khususnya dalam kemampuan komunikasi, negosiasi, presentasi, persuasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan interview, Anda juga dapat mengetahui bagaimana kinerja kandidat di pekerjaan sebelumnya serta bagaimana mereka menghadapi sebuah masalah sebagai sales melalui jawaban-jawaban yang diberikan.

Baca juga: Rekruitmen Berbasis Kinerja: Inovasi Terbaru untuk HR

Demikianlah beberapa skill sales yang harus dimiliki kandidat dan bagaimana cara mengujinya. Untuk menemukan kandidat tenaga sales terbaik, Anda juga dapat melibatkan pre-employment test Algobash dalam proses rekrutmen perusahaan Anda.

Algobash memiliki beragam tools dan fitur test strategis yang bisa Anda gunakan untuk mengetes tenaga sales secara objektif dan efisien. Anda dapat menggunakan tes psikologi atau interview untuk penilaian yang lebih maksimal.

Siap untuk rekrut tenaga sales terbaik dan tingkatkan penjualan sekaligus pendapatan perusahaan Anda? Booking demo Pre-Employment Test atau coba free-trial sekarang!

960 541 Algobash