Recruitment Strategy To Beat Hiring Competition

Strategi Rekrutmen Menangkan Hiring Competition

Selama ini kita melihat bahwa para kandidat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa sebenarnya perusahaan juga harus bersaing untuk merekrut karyawan terbaik? Ya, sebagai recruiter, Anda membutuhkan strategi rekrutmen yang tepat untuk menarik minat para kandidat. Apalagi, saat ini banyak perusahaan besar yang memonopoli kandidat-kandidat potensial. 

Kenapa strategi rekrutmen itu penting?

Ketika hendak berkompetisi, strategi adalah hal yang penting dilakukan untuk memenangkan pertandingan. Begitupun ketika ingin merekrut kandidat terbaik, Anda harus bisa membuat sebuah strategi yang dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Strategi juga akan membuat proses rekrutmen yang Anda lakukan terarah dan efektif. 

Menerapkan strategi rekrutmen

Dalam artikel ini Algobash telah merangkum beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk menemukan kandidat terbaik bagi perusahaan. Apa saja kah itu? Baca artikel selengkapnya di bawah.

1. Tentukan persona kandidat

Sebelum mulai melakukan proses rekrutmen, Anda harus benar-benar memahami kandidat yang ingin diraih. Ya, Anda harus mengetahui siapa mereka mulai dari teknikal skill, ketertarikan, value hingga hal-hal lain yang dirasa perlu dan berhubungan dengan kriteria posisi yang ditawarkan. Memiliki gambaran terhadap kandidat tentunya akan memudahkan Anda untuk mencari kandidat yang tepat.

Buatlah candidate persona untuk mengetahui itu semua. Candidat persona adalah sebuah gambaran fiksi mengenai kandidat ideal yang ingin Anda pilih. Biasanya cara ini digunakan dalam teknik marketing untuk menjaring konsumen, namun cara ini juga dapat diterapkan untuk bidang lain termasuk proses rekrutmen.

Dengan mengetahui karakteristik kandidat, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mulai merancang strategi kampanye rekrutmen yang sesuai dengan kebutuhan dan target ideal yang ingin di jaring.

2. Riset kompetitor dan tunjukan bahwa perusahaan Anda berbeda

Ketika bersaing maka harus mengetahui siapa pesaing Anda. cobalah melakukan riset kompetitor dengan memeriksa bagaimana mereka melakukan strategi rekrutmen melalui media sosial, website, ataupun platform lain. Analisis bagaimana perusahaan lain mendistribusikan konten untuk menarik minat kandidat dan perkembangan lowongan kerja yang mereka buka.

Setelah anda melakukan riset kompetitor, cobalah tulis bagaimana mereka memposisikan diri di depan kandidat, bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan kandidat, apa platform yang mereka gunakan untuk menyebarkan pesan kepada kandidat, dan hal lainnya.

Cara ini tentunya akan membantu Anda dalam membuat rencana rekrutmen yang strategis. Kemudian, Anda juga dapat membuat sebuah strategi rekrutmen yang unik dan berbeda dengan kompetitor lain. Cobalah untuk memanfaatkan platform yang sama untuk berpromosi dan pertimbangkan juga platform-platform lain yang tidak digunakan kompetitor.

3. Kembangkan Employer Value Proposition (EVP) dengan baik

Employer Value Proposition (EVP) adalah sebuah nilai yang bisa Anda tawarkan kepada karyawan maupun calon karyawan, sekaligus yang menjadi pembeda antara perusahaan Anda dengan kompetitor.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum memperhatikan hal ini. Padahal dengan mengembangkan EVP sebaik mungkin, hal tersebut dapat membantu Anda untuk menghindari turnover karyawan. Anda bisa menarik minat kandidat potensial dan mempertahankan karyawan terbaik.

Sekarang cobalah untuk menyusunnya, Anda bisa membuat EVP dengan meringkas pengalaman karyawan yang bekerja di perusahaan Anda. Kemudian tawarkanlah kepada kandidat. Adapun contoh nilai yang bisa Anda tawarkan adalah:

  • Lingkungan kerja di perusahaan Anda
  • Hubungan kerja
  • Leadership
  • Kesempatan jenjang karir
  • Penghargaan karyawan, dsb.

EVP yang Anda buat haruslah jujur, unik, relevan, kredibel, dan aspiratif. Untuk menyusunnya, Anda bisa melakukan pendekatan dengan mempertanyakan beberapa hal berikut:

  • Kenapa kandidat harus memilih bekerja di perusahaan Anda dibanding perusahaan lain?
  • Apa yang harus didapatkan oleh kandidat ketika bekerja di perusahaan Anda?
  • Bagaimana lingkungan kerja di perusahaan Anda?
  • Apa yang dapat Anda tawarkan kepada kandidat?

4. Promosikan lebih luas tentang bisnis dan brand perusahaan Anda

Setelah Anda menyusun persona kandidat, riset kompetitor, dan memiliki EVP menarik yang dapat ditawarkan. Sekarang saatnya untuk mempromosikan perusahaan Anda.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyusun promosi yang strategis adalah dengan membuat career page yang menarik dan sesuai dengan EVP yang ditawarkan. Cobalah untuk menunjukan value menarik dengan testimoni dari karyawan dan budaya perusahaan. Anda bisa membuatkannya dalam bentuk konten video, foto, ataupun hal lain yang menurut Anda menarik.Kemudian, EVP juga harus ditunjukan pada deskripsi lowongan pekerjaan yang Anda buka.

Anda juga harus mengetahui platform apa yang strategis untuk berpromosi. Gunakanlah berbagai platform yang sesuai dengan persona kandidat Anda.

5. Manfaatkan tools untuk strategi rekrutmen yang efektif dan efisien

Cara terakhir untuk memenangkan persaingan merekrut kandidat terbaik adalah dengan memanfaatkan beragam tools rekrutmen yang mudah dan efektif digunakan. Saat ini sudah ada banyak sekali tools menarik di sekitar Anda. Salah satunya adalah Algobash.

Anda dapat memanfaatkan Algobash untuk menyeleksi kandidat mana yang cocok dengan perusahaan secara mudah dan dalam hitungan menit. Algobash dapat memudahkan Anda melakukan melakukan penilain terhadap tech kandidat menggunakan fitur coding assessment otomatis. Anda juga bisa menyeleksi kandidat non tech menggunakan fitur video wawancara untuk menyeleksi value fit.

Saat ini, perangkat lunak adalah hal yang sangat penting untuk melakukan proses rekrutmen yang strategis, efektif, dan efisien. Kunjungi website kami Algobash.com untuk menemukan kandidat terbaik.

***

Setelah mengetahui cara untuk melakukan strategi rekrutmen yang baik agar Anda dapat bersaing menemukan kandidat terbaik. Sekarang adalah saatnya bagi Anda untuk menyusun strategi tersebut. Cobalah untuk ikuti secara konsisten hal-hal yang sudah disebutkan di atas, maka Anda akan mengetahui bagaimana hasilnya!

2000 1080 Algobash