Pentingnya Tes Pra Kerja Untuk Rekrutmen Pabrik dan Manufaktur

Pentingnya Tes Pra Kerja Untuk Rekrutmen Pabrik dan Manufaktur

Umumnya, perusahaan manufaktur memproduksi barang atau produk dalam skala yang besar sehingga mendorong perusahaan untuk merekrut tenaga kerja yang cukup banyak pula. Namun, hal ini justru menjadi salah satu tantangan berat yang harus dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan proses rekrutmen pabrik secara efektif, khu

susnya dalam menemukan kandidat berkualitas.

Setiap perusahaan dari industri apapun pasti ingin memiliki karyawan dengan skill mumpuni, kinerja yang baik, serta cocok dengan budaya dan kultur kerja perusahaan. Meskipun sulit, sebenarnya masih ada berbagai cara potensial yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan memberikan tes pra kerja pada saat proses rekrutmen. 

Jika Anda ingin mengetahui apa saja tes yang cocok untuk rekrutmen pabrik dan manufaktur. Di bawah ini Mamikos akan mengulas beberapa rekomendasinya!

Baca juga: 33 Pertanyaan Saat Interview IT Untuk Menilai Kandidat Terbaik

Mengapa Tes Pra Kerja Penting Untuk Rekrutmen Pabrik dan Manufaktur?

Mengutip dari Kompas.com, perusahaan manufaktur adalah sebuah perusahaan atau badan usaha yang memproduksi produk atau barang dari bahan baku mentah dengan jumlah yang banyak. 

Beban produksi yang tinggi mendorong perusahaan manufaktur untuk memiliki sumber daya efektif dalam jumlah yang besar. Perusahaan tidak hanya membutuhkan mesin atau robot produksi, tetapi juga membutuhkan tenaga kerja manusia untuk membantu jalannya produksi.

Berbeda dengan mesin yang mudah untuk didapatkan dan dikendalikan, pencarian tenaga kerja manusia atau calon karyawan berkualitas berkali-kali lipat jauh lebih sulit. Perusahaan seringkali dihadapkan dengan berbagai permasalahan dan tantangan dalam proses pencariannya.

Salah satunya adalah sulitnya menemukan karyawan dengan keterampilan atau skill mumpuni. Dalam studi yang dilakukan oleh Accenture, disebutkan bahwa 80% peran eksekutif di perusahaan manufaktur mengatakan bahwa mereka kekurangan pekerja terampil.

Permasalahan lain yang juga sering dihadapi dalam rekrutmen pabrik dan manufaktur adalah lamanya waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menemukan calon karyawan. Mengutip dari The Manufacturing Institute, rata-rata lama waktu untuk mengisi kekosongan posisi karyawan produksi adalah 70 hari. Di Amerika Serikat, lamanya kekosongan posisi tersebut dapat menurunkan 11% pendapatan tahunan.

Beberapa perusahaan mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dengan melaksanakan program training untuk karyawan mereka. Di mana, dalam sebuah study dari The Manufacturing Institute, disebutkan bahwa 90% peran eksekutif di perusahaan manufaktur memandang program training merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kesenjangan keterampilan.

Namun, tentunya program training bukan satu-satunya solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi susahnya mencari karyawan terampil. Masih ada banyak solusi lain yang tak kalah efektif untuk dilakukan, salah satunya dengan menerapkan tes pra kerja selama masa pencarian calon karyawan dalam proses rekrutmen pabrik.

Tes pra kerja adalah metode yang sangat berharga bagi para HRD atau tim rekrutmen sebuah perusahaan. Ada lebih dari 65% tim rekrutmen saat ini menggunakan beberapa jenis tes pra kerja. 

Baca juga: Mencari Kandidat IT: Tips dan Trik untuk Profesional HR

Manfaat Tes Pra Kerja Untuk Rekrutmen Pabrik dan Manufaktur

Banyaknya perusahaan yang mulai beralih menggunakan tes pra kerja dalam proses rekrutmen mereka tentu saja bukan tanpa alasan. Sebagai salah satu metode rekrutmen atau seleksi, tes pra kerja memiliki banyak manfaat atau keuntungan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu membuat keputusan rekrutmen yang lebih strategis.
  • Membantu menurunkan turnover dan meningkatkan retensi karyawan.
  • Membantu perusahaan untuk meminimalisir permasalahan-permasalahan rekrutmen
  • Mengenalkan calon karyawan dengan ekspektasi pekerjaan yang mereka lamar

Jenis-Jenis Tes Pra Kerja Untuk Rekrutmen Pabrik dan Manufaktur

Tas pra kerja terbagi ke dalam beberapa jenis atau bentuk. Masing-masing tes memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda untuk rekrutmen. Perusahaan dapat memilih jenis tes seperti apa yang benar-benar sesuai dengan posisi pekerjaan atau ekspektasi yang ingin diketahui. Nah, adapun beberapa tes pra kerja yang cocok diterapkan dalam rekrutmen pabrik dan manufaktur adalah sebagai berikut:

1. Tes Kognitif

Jenis tes pra kerja pertama yang cocok untuk diterapkan dalam proses rekrutmen pabrik dan manufaktur adalah tes kognitif. Tes ini sangat umum digunakan dalam proses rekrutmen di berbagai perusahaan.

Tujuan dari tes kognitif adalah untuk mengetahui bagaimana kecerdasan secara umum calon karyawan mulai dari bagaimana kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah, kemampuan dalam berpikir kritis, kemampuan untuk mempelajari hal baru, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Tes Keterampilan

Jenis tes pra kerja kedua yang cocok untuk proses rekrutmen pabrik dan manufaktur adalah tes keterampilan atau skill test. Sesuai dengan namanya, tujuan dari tes ini tentu saja untuk mengetahui sejauh mana keterampilan yang dimiliki oleh calon karyawan terkait skill-skill tertentu sesuai dengan pekerjaan yang mereka lamar. Tes keterampilan merupakan salah satu pembuktian kualifikasi calon karyawan karena dalam tes ini mereka akan benar-benar dites oleh tim rekrutmen.

3. Tes Fisik

Tes fisik tidak hanya berlaku untuk seleksi akademi militer saja, beberapa posisi karyawan di pabrik atau perusahaan manufaktur pun terkadang membutuhkan tes ini, khususnya pekerja produksi. Perusahaan dapat melibatkan tes ini untuk mencari kandidat atau calon karyawan yang memiliki keadaan fisik sesuai dengan beban kerja.

4. Tes Kecerdasan Emosional

Tes kecerdasan emosional juga termasuk ke dalam salah satu jenis tes pra kerja yang cocok diterapkan dalam rekrutmen pabrik dan manufaktur untuk menyeleksi calon karyawan terbaik.

Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih karyawan. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosional dapat mempengaruhi bagaimana kualitas karyawan dalam bekerja.

Kecerdasan emosional yang baik tentunya dapat meningkatkan kualitas karyawan seperti dalam bagaimana cara mereka beradaptasi dengan lingkungan kerja, meredam konflik, hingga bekerjasama dengan karyawan lain di pabrik.

5. Tes Kepribadian

Terakhir, tes pra kerja yang cocok untuk dilibatkan dalam proses rekrutmen pabrik dan manufaktur adalah tes kepribadian. Kepribadian tentunya merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan bagi perusahaan dalam memilih karyawan yang tepat selain skill atau keterampilan.

Dengan menggunakan tes kepribadian, perusahaan manufaktur dapat melihat apakah kepribadian calon karyawan akan sesuai atau tidak dengan budaya dan kultur kerja dari posisi pekerjaan dan perusahaan yang dilamar. 

Dengan begitu, perusahaan dapat memilih calon karyawan yang memiliki kepribadian yang benar-benar sesuai.

Baca juga: Pentingnya Rekrutmen IT untuk Profesional HR

Kesimpulan

Itulah dia alasan mengapa tes pra kerja sangat penting untuk diterapkan dalam rekrutmen pabrik dan manufaktur. Penggunaan tes pra kerja dapat membantu pemilihan karyawan yang jauh lebih sesuai dengan kualifikasi yang diekspektasikan oleh perusahaan baik itu secara skill, kecerdasan, maupun kesesuaian dengan pekerjaan.

Ada banyak sekali jenis tes pra kerja yang bisa dilibatkan dalam proses rekrutmen pabrik dan manufaktur seperti tes kognitif, keterampilan, fisik, kecerdasan emosional, hingga kepribadian. Tes-tes tersebut tentunya tidak harus semua diaplikasikan. Perusahaan dapat memilih tes yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Algobash merupakan platform pre-employment test yang dapat membantu perusahaan manufaktur untuk menemukan karyawan pabrik terbaik. Algobash memiliki beragam tools tes strategis yang bisa perusahaan gunakan untuk merekrut kandidat dengan tepat.

Platform pre-employment test Algobash sangat efisien untuk digunakan. Tidak perlu khawatir membutuhkan waktu lama dan biaya yang tinggi dalam prosesnya. Algobash dapat membantu rekrutmen  jauh lebih cepat dan hemat 70% dari rekrutmen pada umumnya.

Tertarik untuk melibatkan Algobash dalam rekrutmen perusahaan Anda? Kunjungi website Algobash.com sekarang untuk informasi selengkapnya.

Baca juga: Cara Mencari Kandidat IT yang Tepat dengan Cepat dan Terprediksi
960 640 Algobash