Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa inggris akan sangat membantu kehidupan sehari-hari, termasuk juga untuk mendapatkan pekerjaan. Apabila Anda bisa berbahasa inggris yang baik maka bisa membantu untuk melamar pekerjaan termasuk juga di perusahaan asing. Utamanya di jaman sekarang ini yang mempunyai banyak sekali pekerjaan remote yang bisa dilakukan dari rumah yang berasal dari luar negeri. Untuk mendapatkan jenis pekerjaan seperti tersebut maka tidak heran apabila perlu menguasai kemampuan berbahasa inggris yang baik. Tips yang bisa digunakan untuk bisa lebih lolos dan percaya diri menghadapi wawancara kerja bahasa inggris yang akan dilakukan adalah dengan:

Melakukan Riset Perusahaan Dan Posisi Pekerjaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk sukses menghadapi wawancara kerja bahasa inggris juga sama seperti wawancara kerja lainnya yaitu membekali diri mengenai pengetahuan mengenai perusahaan dan posisi pekerjaan. Penting sekali untuk mengetahui hal tersebut sehingga nantinya mempunyai gambaran mengenai pekerjaan yang akan dipunyai dan juga bisa membantu untuk menjawab pertanyaan mengenai alasan melamar pekerjaan menjadi lebih mudah dan lancar.

Cari tahu mengenai perusahaan dan posisi pekerjaan dengan melakukan riset dengan mudah yang bisa dilakukan di internet. Jangan sampai buta mengenai informasi dasar mengenai perusahaan dan posisi kerja, sehingga pastikan melakukan riset mandiri terlebih dahulu.

Cari Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

Langkah selanjutnya tentunya bisa mencari contoh pertanyaan mengenai wawancara kerja yang biasanya akan ditanyakan. Dalam hal ini adalah contoh pertanyaan wawancara kerja menggunakan bahasa inggris dan jawaban yang bisa diberikan. Mencari contoh pertanyaan tersebut juga bisa menjadi bayangan untuk jenis pertanyaan yang nantinya akan Anda temukan dan hadapi saat wawancara. Sehingga bisa mempersiapkan diri dan menyiapkan contoh jawaban yang akan diberikan pada pewawancara ketika mendapatkan pertanyaan tersebut.

Apabila bisa memberikan jawaban dengan yakin dan lancar, hal tersebut membuat pewawancara bisa terkesan. Oleh karena itulah sebelumnya bisa mencari contoh pertanyaan yang biasanya didapatkan dalam proses wawancara pekerjaan termasuk juga menggunakan bahasa inggris.

Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Dari Kemampuan

Dalam proses wawancara, kemampuan merupakan hal yang utama akan dilihat oleh perusahaan yang sedang melakukan perekrutan. Oleh karena itulah pastikan untuk mempunyai bekal yang cukup sehingga membuat Anda berbeda dan lebih menonjol. Hal ini bisa dilakukan dengan memperkaya kemampuan yang dipunyai dengan mengenali kelebihan dan kekurangan yang dipunyai. Sehingga hal tersebut bisa dijadikan sebagai alasan untuk mengambil pelatihan yang bisa untuk membuat kemampuan yang dipunyai lebih berkembang dan meminimalisir kemampuan yang masih kurang Anda kuasai.

Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Untuk memudahkan proses wawancara kerja, pastikan Anda juga mempersiapkan diri dengan baik dengan tips berikut ini:

  • Pastikan untuk mengetahui lokasi wawancara dan waktunya dengan pasti. Hal ini bisa membuat Anda tidak datang terlambat karena akan memberikan kesan yang jelek.
  • Pakailah pakaian yang rapi sesuai dresscode apabila tercantum.
  • Pastikan untuk membawa alat tulis yang diperlukan untuk melamar kerja.

Memulai Wawancara Dengan Bahasan Ringan

Biasanya sebelum masuk ke inti, proses wawancara kerja bahasa inggris akan dimulai menggunakan small talk atau pembicaraan ringan terlebih dahulu. Sehingga Anda juga perlu untuk mengikuti hal tersebut yang bisa memberikan kesan yang ramah sekaligus bisa menghilangkan rasa gugup yang dirasakan. Berikan pembicaraan ringan yang ramah tetapi jangan sampai terkesan berlebihan.

Ceritakan Diri Dengan Singkat

Ketika mengikuti wawancara kerja maka nantinya akan disuruh untuk memperkenalkan diri serta menceritakan mengenai pengalaman yang dipunyai. Hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah dengan memberikan poin yang diminta saja, sehingga jangan terbawa suasana dan terkesan curhat ketika menceritakan diri sendiri. Terutama jangan sampai membahas ke hal personal dan upayakan untuk tetap profesional dalam menyampaikan informasi diri yang dipunyai.

Anda bisa untuk menjawab pertanyaan mengenai diri sendiri tersebut dengan pendidikan yang dipunyai serta pengalaman kerja sebelumnya. Hal tersebut merupakan informasi yang juga bisa ditemukan di surat lamaran, tetapi kemudian biasanya perlu untuk diulang dan disampaikan secara langsung saat wawancara. Sampaikan pengalaman kerja dan pendidikan hingga juga pengalaman organisasi yang dipunyai sebagai bahan pertimbangan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Perhatikan Bahasa Tubuh Yang Digunakan

Hal yang bisa membantu untuk wawancara kerja bahasa Inggris bisa berjalan dengan lancar dan lolos adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh yang digunakan. Latih juga kemampuan bahasa tubuh yang juga akan diperhatikan oleh pewawancara kerja. Hal yang paling penting ketika melakukan wawancara menggunakan bahasa inggris adalah latih kemampuan percaya diri, sehingga bisa untuk memberikan jawaban dengan yakin seolah native speaker yang memang terbiasa untuk berbahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Di saat wawancara tersebut bisa untuk memperhatikan gerakan yang dilakukan sehingga tidak mengganggu proses wawancara dengan tidak terlalu banyak menggerakkan tangan, bisa duduk dengan santai, tidak menggerakkan kaki, dan juga banyak lainnya. Usahakan untuk mempunyai bahasa tubuh yang nyaman dan percaya diri yang akan membantu untuk bisa memberikan hasil terbaik saat wawancara menggunakan bahasa inggris. Termasuk juga ketika ada kesalahan dalam menjawab yang ditanyakan bisa untuk percaya diri dalam mengoreksinya yang bisa menutupi kesalahan yang dilakukan.

Berikan Kesan Dengan Memberikan Jawaban Yang Berbeda

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan dalam wawancara kerja bahasa inggris adalah dengan memberikan kesan yang berbeda. Di mana hal ini bisa dilakukan dengan tidak memberikan jawaban yang template tetapi juga tetap koheren dengan pertanyaan yang diberikan. Anda bisa memberikan jawaban yang tidak template dan dijumpai setiap harinya oleh perekrut, sehingga hal tersebut akan memberikan kesan pada pewawancara.

Agar bisa memberikan jawaban yang tidak template dalam bahasa inggris, tentunya kunci utama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak referensi yang dipunyai. Sehingga dengan banyaknya referensi yang dipunyai akan bisa membantu untuk memberikan jawaban yang berbeda dan lebih menonjol ketika melakukan wawancara menggunakan bahasa inggris ketika melamar pekerjaan.

Ajukan Pertanyaan Ketika Belum Jelas

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan mengajukan pertanyaan ketika menemukan pertanyaan yang belum jelas. Mengulang pertanyaan bisa memperlambat proses wawancara, akan tetapi hal ini lebih baik dibandingkan Anda memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan. Oleh karena itulah lebih baik untuk mengajukan pertanyaan dan meminta konfirmasi mengenai pertanyaan yang diberikan dengan sopan.

Sebagai pelamar pekerjaan yang menggunakan wawancara kerja bahasa inggris, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan latihan. Di mana seperti kata pepatah yang dipercayai oleh Algobash adalah practice makes perfect, sehingga dengan banyak latihan akan membantu Anda untuk bisa meningkatkan percaya diri untuk bisa menjawab pertanyaan dengan lancar dan memberikan hasil terbaik ketika melamar kerja yang wawancaranya menggunakan bahasa inggris. Tingkatkan kemampuan bahasa inggris tersebut yang dipunyai dengan mengikuti pelatihan bahasa yang akan sangat membantu untuk menumbuhkan kepercayaan diri berbahasa inggris dan memudahkan ketika menghadapi wawancara kerja menggunakan bahasa inggris.

996 672 Algobash