Tips & Trik Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Tepat

Wawancara kerja atau interview pada dasarnya adalah kesempatan yang diberikan oleh rekruter kepada kandidat, juga sebagai pertimbangan penting apakah pelamar tersebut nantinya akan diterima atau ditolak bekerja dalam perusahaan tersebut. Sehingga tidak boleh asal-asalan ketika Anda ingin menjawab pertanyaan wawancara kerja ini, harus dipertimbangkan baik-baik sehingga bisa membuat pelamar atau kandidat nantinya akan lolos dalam sesi ini.

Faktanya memang ada banyak hal yang akan dinilai oleh perusahaan dalam melihat apakah seorang kandidat ini benar-benar layak atau tidak menempati posisi yang di dalam perusahaan. Karena bagaimanapun juga tingkat persaingan yang ada di dalam dunia kerja ini juga tinggi, apalagi di Indonesia sendiri lapangan kerja yang tersedia sangat kecil, tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang ada, sehingga untuk mendapatkan satu posisi maka mau tidak mau Anda harus berebut dengan banyak kandidat yang lainnya.

Baca Juga:
Contoh Soal Excel Beserta Jawabannya Dalam Tes Kerja 

Butuh persiapan secara matang sebelum ikut seleksi ini jika menginginkan hasil yang baik. Hal yang harus dipertimbangkan lagi adalah jangan ragu untuk banyak belajar, artinya tidak ada salahnya bagi Anda melamar di beberapa perusahaan sekaligus dan ikuti seleksi yang ada, jikapun gagal sebenarnya tidak jadi masalah, justru bisa digunakan untuk menambah pengalaman, sehingga bisa jadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Adapun berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja diantaranya adalah:

  • Pastikan berbicara dengan jelas, saat menjawab pertanyaan dari rekruter, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah volumenya harus jelas. Maka dengan demikian nantinya rekruter juga bisa secara mudah mendengar apa yang disampaikan, namun hindari menggunakan volume yang terlalu keras, karena akan terlihat tidak sopan. Jadi cobalah untuk latihan terlebih dahulu dengan orang lain, minta masukan apakah volume yang Anda gunakan tersebut sudah pas serta jelas didengar ataukah tidak.
  • Saat menjawab pertanyaan pastikan pandangan Anda menatap lawan bicara, hargai rekruter yang menjadi lawan bicara Anda, sehingga tatap mata mereka. Anda akan terbantu dengan cara membangun koneksi lewat hal yang satu ini. Serta akan tampak gugup jika seandainya tidak menatap lawan bicara tersebut da justru melihat ke arah yang lainnya saat diajak berbicara. Bagaimana Anda bersikap ini nantinya juga akan masuk kedalam aspek penilaian, sehingga harus diperhatikan.
  • Menunjukkan rasa antusiasme saat menjawab pertanyaan, tunjukkan bahwa Anda memang berminat dan ingin bekerja di perusahaan tersebut. Itulah mengapa penting sekali dalam menunjukkan bahwa Anda antusias dengan pertanyaan yang apa yang disampaikan oleh rekruter tersebut. Tetap berbicara dengan jelas dan intonasi harus diperhatikan, sehingga tidak terkesan dilebih-lebihkan.
  • Ulangi pertanyaan agar lebih jelas, jika Anda merasa kurang jelas dengan pertanyaan yang diberikan oleh rekruter tersebut, maka jangan ragu untuk menanyakan ulang, dibandingkan dengan salah menjawabnya, tentu akan lebih baik ditanyakan kembali, sehingga akan lebih mudah dalam menjawabnya.
  • Jangan menyela pembicaraan, terkadang saking antusiasnya banyak yang menyela pembicaraan rekruter, ini tentunya tidak bagus, termasuk bagian yang harus Anda hindari karena tampak tidak sopan. Biarkan HRD bertanya secara lengkap dan baru jawab pertanyaan ketika Anda sudah siap.
  • Jawablah dengan jelas dan singkat, jangan salah kaprah menganggap bahwa jawaban yang panjang lebar justru akan menjadi poin tambah untuk Anda. Karena patut untuk diingat bahwa ada waktu yang diberikan juga dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja ini, termasuk nantinya para rekruter juga masih harus mewawancarai kandidat yang lain. Jadi usahakan ketika menjawab pertanyaan tersebut dilakukan secara jelas serta singkat.

Lalu penting juga untuk diketahui bahkan untuk sesi interview atau wawancara zaman sekarang, tidak semuanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, banyak juga diantara perusahaan yang menerapkan sistem online, nantinya pertanyaan wawancara kerja juga akan diberikan secara online. Anda sendiri akan mendapatkan undangan interview online yang bisa diakses pada saat jam atau waktu yang sudah ditentukan tersebut.

Tentunya untuk wawancara secara online ini akan berbeda dibandingkan dengan sesi interview langsung. Jadi ada beberapa hal yang patut untuk dipersiapkan, sehingga tidak sampai salah kaprah, yaitu:

  • Uji coba dengan komputer Anda, karena semuanya akan berbasis digital atau online, maka hal penting yang harus dilakukan adalah dengan mencobanya menggunakan perangkat teknologi yang Anda miliki. Karena terkadang ada beberapa komputer, khususnya yang edisi lama sudah tidak lagi support dengan perangkat yang ada. Tentu hal ini nantinya akan mengganggu sesi wawancara yang Anda lakukan bukan. Sehingga jangan lupa untuk uji coba terlebih dahulu untuk memastikan bahwa semuanya sudah sesuai. Sehingga dalam prosesnya nanti juga akan berjalan dengan lancar.
  • Tetap berpenampilan rapi, jangan salah karena meskipun sesi wawancara ini dilakukan secara online atau bukan tatap muka langsung. Namun pada dasarnya akan terlihat lewat kamera yang ada dan juga telah direkam, setiap pertanyaan wawancara kerja yang diberikan serta jawaban yang disampaikan. Jadi penampilan juga akan masuk dalam penilaian Anda nantinya, apakah memang sudah tampak rapi sesuai dengan kriteria ataukah belum. Pastikan juga bahwa Anda memakai pakaian formal serta memperhatikan potongan rambut khususnya untuk para pria.
  • Menyingkirkan gangguan yang ada, karena bisa dilakukan dari mana saja, termasuk diantaranya adalah dari rumah. Maka kerab juga ada gangguan, seperti suara berisik atau hal yang tidak terprediksi lainnya. Untuk itu sebisa mungkin bagi Anda menyingkirkan terlebih dahulu beberapa gangguan yang ada, sehingga tidak akan menimbulkan masalah nantinya. Gunakan ruangan yang sepi, rapi serta punya pencahayaan yang bagus.
  • Perhatikan durasi waktu yang diberikan dalam menjawab pertanyaan, meskipun sistemnya adalah online atau tidak tatap muka langsung, namun akan tetap ada durasi waktu yang diberikan kepada pelamar oleh rekruter ini. Sehingga penting bagi Anda memperhatikannya baik-baik waktunya, jangan banyak bertele-tele saat memberikan jawaban, karena ini akan mengurangi waktu yang diberikan tersebut.
  • Menghindari pemakaian latar belakang, ini juga kerab kali dijumpai, yaitu dengan mengganti latar belakang secara virtual. Pada dasarnya keberadaan latar belakang virtual ini justru akan mendistraksi HRD, khususnya adalah dalam melihat pelamar ini, karena terkadang membuat beberapa bagian tubuh menjadi hilang atau terpotong. Sebaiknya tidak dipakai, cukup dengan mengandalkan latar belakang dinding sederhana dengan warna yang netral saja.

Pada dasarnya ada banyak jenis pertanyaan wawancara kerja yang akan ditanyakan dalam tahap interview ini, Anda bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara menjawabnya serta melakukan latihan. Tidak semua wawancara atau interview yang Anda lakukan pasti akan berhasil atau diterima, kadang kala juga bisa ditolak. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk putus asa. Justru jadikan sebagai pembelajaran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga jangan patah semangat.

996 664 Algobash