Tips Wawancara Kerja Agar Sukses Mendapatkan Posisi Yang Diinginkan

Ada banyak tahapan panjang yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian, mulai dari mengirim lamaran, test secara tulis sampai dengan mengikuti wawancara kerja. Wawancara ini sendiri merupakan tahapan krusial serta jadi yang paling penting untuk bisa lolos kedalam perusahaan tersebut. Nyatanya ada banyak kandidat yang gagal pada tahap satu ini, sehingga harus Anda tahu tips wawancara kerja yang tepat.

Interview atau wawancara ini pada dasarnya adalah bagian terpenting dari tahapan rekrutmen SDM. Bahkan saat ini kegiatan interview ini tidak sekedar dilakukan secara langsung, ada juga yang sudah berbasis teknologi, seperti diantaranya adalah dengan wawancara atau interview online. Yaitu perusahaan bekerjasama dengan sebuah platform test assessment, sehingga untuk proses rekrutmen ini semuanya dilakukan secara digital, tanpa tatap muka secara langsung.

Sebelumnya wajib tahu beberapa tips wawancara kerja berikut ini yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Riset tentang perusahaan tempat Anda melamar, tentunya sebagai salah satu calon atau kandidat karyawan, penting bagi Anda untuk mengetahui gambaran besar tentang perusahaan. Jadi pastikan untuk riset terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut. Apalagi tak jarang rekruter tersebut nantinya akan bertanya tentang perusahaan tersebut, sehingga harus punya pemahaman tentang perusahaan, jadi agar bisa menjawab pertanyaan harus punya wawasan terlebih dahulu.
  • Latihan pertanyaan wawancara dan jawabannya, selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak latihan dengan pertanyaan-pertanyaan wawancara serta jawabannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tentang jenis pertanyaan-pertanyaan apa yang sering ditanyakan oleh HRD, serta jawaban apakah yang tepat untuk diberikan. Namun pastikan jangan terlihat hafalan atau kaku. Teruslah untuk berlatih menjawab agar tampak alami dan percaya diri.
  • Pastikan berpakaian yang rapi dan sopan, jangan salah karena penampilan juga ikut dinilai pada saat Anda wawancara. Untuk itu usahakan berpakaian yang rapi dan sopan. Lebih aman dengan menggunakan kemeja putih dengan bawahan hitam. Sekalipun wawancara dilakukan secara online nantinya akan tetap direkam, sehingga Anda harus terlihat rapi di kamera. Bagi pria sendiri perhatikan potongan rambut, penting melakukan grooming sebelum ikut sesi wawancara, jangan sampai terlihat tidak rapi.
  • Latihan berbicara, dalam sesi wawancara kemampuan komunikasi adalah hal utama yang akan dinilai oleh perusahaan, sehingga latihan berbicara tentunya penting dilakukan agar tidak terlihat gugup, Anda bisa latihan di depan cermin atau dengan orang terdekat. Untuk pengalaman pertama kali menghadapi wawancara mungkin Anda akan tampak gugup. Namun semakin sering mengikutinya akan terbiasa dan sudah tidak gugup lagi, jadi jangan melewatkan kesempatan yang ada, terus mencoba meskipun gagal.
  • Datang tepat waktu, usahakan untuk datang sebelum sesi wawancara dimulai, jangan sampai terlambat. Karena hal ini akan mencerminkan bagaimana sifat dalam bekerja, karena perusahaan pastinya tidak ingin memiliki karyawan yang tidak disiplin dan suka telat, karena hal ini akan merugikan perusahaan. Jadi kemungkinan besar jika sudah terlambat maka pihak rekruter tidak akan memberikan kesempatan untuk ikut sesi wawancara.
  • Aktif bertanya, tips wawancara kerja selanjutnya adalah pastikan untuk aktif bertanya, karena perusahaan akan memberikan kesempatan kepada pelamar untuk bertanya. Sehingga bukan hanya menjawab pertanyaan yang diberikan ole rekruter, tidak ada salahnya untuk ikut bertanya juga, karena hal ini juga akan menjadi salah satu penilaian. Seperti diantaranya adalah menanyakan tentang job desk posisi yang dilamar tersebut atau hal-hal lain yang belum diketahui.
  • Ucapkan terima kasih, selanjutnya pelamar juga bisa mengucapkan terima kasih kepada rekruter, karena sudah memberikan kesempatan untuk mengikuti wawancara. Karena pihak rekruter akan merasa jauh lebih dihargai dengan adanya ucapan terima kasih ini. selain berterima kasih maka Anda juga bisa mengucapkan tentang harapan setelah mengikuti sesi wawancara tersebut sebelum pamitan untuk kembali.
  • Berikan kesan yang berbeda dan tingkatkan ‘nilai jual’ di hadapan rekruter, agar nantinya Anda lebih diingat oleh rekruter atau HRD, maka jangan lupa untuk memberikan kesan yang berbeda atau tidak terlupakan, namun dalam artian yang positif. Tips wawancara kerja lainnya adalah dengan menambah nilai jual Anda atau keunggulan yang dimiliki, meyakinkan perusahaan bahwa Anda lebih baik dibandingkan dengan kandidat lain.
  • Bangun koneksi dengan rekruter, hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan membangun koneksi sebaik-baiknya dengan para rekruter, diantaranya adalah dengan mengetahui nama mereka, sehingga ketika menjawab pertanyaan yang diberikan bisa sambil menyebut namanya, sehingga nantinya rekruter ini juga merasa lebih terhubung atau dikenal, bisa juga dengan bersikap ramah dan tersenyum, buatlah percakapan agar mengalir dengan baik dan tidak tampak kaku.
  1. Membawa CV, ketika Anda mengikuti sesi wawancara maka penting untuk selalu membawa CV Anda. Jangan lupakan juga beberapa dokumen penunjang yang lainnya, karena akan berguna seperti diantaranya adalah portofolio, sertifikat serta beberapa jenis surat berharga yang lainnya. Jika perlu Anda juga bisa membawa kertas serta pulpen yang digunakan untuk mencatat pertanyaan dari HRD, serta pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada HRD.
  1. Pastikan untuk tenang, hal yang wajar jika dalam menghadapi interview Anda akan gugup, namun usahakan sebaik mungkin bisa menangani hal tersebut serta bersikap tenang, karena ketika gugup maka semua yang sudah dipersiapkan akan hilang, tentunya tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan.

Selain itu juga ada beberapa tips wawancara kerja khususnya dalam hal menjawab pertanyaan interview dari rekruter ini, yaitu:

  • Berbicara dengan jelas dan perhatikan intonasi, saat Anda diberikan pertanyaan oleh rekruter, maka pastikan untuk menjawabnya dengan jelas. Sehingga disini latihan komunikasi atau berbicara penting dilakukan. Selain itu juga perhatikan intonasi yang Anda gunakan, sehingga terlihat antusias, ini juga akan menjadi penilaian positif untuk kandidat.
  • Tunjukkan rasa percaya diri, bagaimana mungkin perusahaan akan percaya kepada Anda, jika seandainya Anda saja tidak percaya dengan diri sendiri. sehingga kepercayaan adalah hal penting yang harus dimiliki, karena ini adalah kunci sukses dalam interview kerja. Jangan ragu juga untuk menceritakan pengalaman Anda serta, hal ini akan menjadi nilai tambah dalam penilaian.
  • Gunakan metode STAR, ini adalah metode yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan interview, dimana ini memerlukan Anda untuk menceritakan contoh asli dimana menangani sebuah situasi tertentu. Yaitu dengan Situation, Task, Action serta Result.

Itulah beberapa tips wawancara kerja yang dapat Anda coba gunakan, jika pada akhirnya memang ditolak, tidak jadi masalah. Justru bisa dijadikan sebagai pengalaman kedepannya ketika ingin mengikuti sesi-sesi interview yang lainnya. Karena meskipun gagal, namun Anda bisa belajar dari pengalaman kegagalan tersebut untuk jadi lebih baik lagi. Di samping itu Anda juga bisa sambil mengasah keterampilan atau menambah skill, karena bisa jadi nilai tambah saat melamar kerja.

Kunjungi juga Algobash untuk mendapatkan insight-insight lainnya!

1060 594 Algobash