How to Build a Great Tech Team

Cara Membangun Tech Team yang Solid dan Mumpuni

Cara Membangun Tech Team yang Solid dan Mumpuni – Di balik bisnis yang sukses ada sebuah tim yang hebat. Itulah sebabnya sebuah tim dapat dikatakan sebagai jantung perusahaan yang dapat menentukan maju atau tidaknya bisnis yang dilakukan. Setiap perusahaan pasti menginginkan sebuah tim mumpuni berisi anggota-anggota terbaik dari departemen manapun termasuk tech team. Namun, untuk mendapatkan hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. 

Tidak ada cara instan yang bisa dilakukan untuk membentuk sebuah tim terbaik dengan anggota berbakat yang memiliki kinerja mumpuni di dalamnya. Ya, tim yang baik itu tidak lahir dengan sendirinya melainkan dibangun atau diciptakan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun tech team terbaik. Adapun beberapa cara tersebut dapat Anda simak melalui ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Live Coding dan Take Home Test, Mana Yang Lebih Baik?

4 Cara Membangun Tech Team 

Berikut ini adalah empat cara membangun tech team yang solid dan mumpuni yang bisa Anda lakukan:

1. Rekrut kandidat potensial untuk bergabung bersama tech team

Anggota adalah kunci yang dapat menentukan sebuah tim dapat berjalan sukses atau tidak. Itulah sebabnya, cara membangun tech team yang solid dan mumpuni harus diawali dengan merekrut calon karyawan potensial untuk bergabung bersama tim. 

Gunakanlah sebuah strategi rekrutmen yang tepat untuk menjaring anggota-anggota terbaik di dalam tech team perusahaan Anda. Pastikanlah bahwa mereka memiliki culture fit yang sesuai dengan perusahaan dan motivasi yang tinggi untuk terus berkembang dengan. 

Baca juga: Live Coding Interview: Kelebihan dan Kekurangannya

2. Ketika rekrutmen minta kandidat untuk menunjukan potensi mereka bukan hanya menceritakannya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara membangun tech team yang solid dan mumpuni yaitu diawali dengan merekrut kandidat terbaik untuk bergabung sebagai anggota tim.

Untuk menemukan kandidat terbaik ada banyak strategi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan meminta mereka untuk menunjukan potensi yang dimiliki daripada hanya mencantumkannya pada cv kemudian menceritakannya melalui proses wawancara saja.

Anda bisa memberikan sebuah tantangan kepada kandidat untuk menunjukan potensi mereka melalui coding test atau case assessment. Melalui test ini Anda dapat mengidentifikasi bagaimana teknikal skill, logical thinking, problem solving, dan hal-hal lain yang mereka miliki.

Baca juga: Coding test: Apakah wajib untuk rekrutmen IT talent?

3. Jangan ada sekat diantara anggota tim

Kecocokan antara semua anggota sangat menentukan kinerja tim ke depannya. Maka sangat penting bagi Anda untuk membangun hubungan yang baik diantara semua anggota tim. Anda dapat melibatkan member inti lain dalam tim untuk ikut serta dalam proses interview ketika merekrut anggota tim baru.

Anda juga dapat memberikan coding test atau case assessment kepada semua kandidat secara berpasangan atau dibagi ke dalam tim. Hal ini dilakukan untuk melihat bagaimana proses kerjasama yang dilakukan oleh kandidat dalam memecahkan sebuah masalah pemrograman menggunakan pendekatan terbaik yang dilakukan secara bersama-sama.

4. Berikan ruang kepada anggota tim untuk berkembang

Cara membangun tech team yang solid dan mumpuni terakhir adalah dengan memberikan semua anggota tim untuk berkembang. Cara ini mungkin terdengar sepele namun dapat memberikan dampak yang sangat besar pada kemajuan tim dan perusahaan.

Seringkali tekanan yang terlalu berat membuat anggota tim susah untuk berkembang dan memberikan kinerja terbaik mereka. Berilah ruang agar anggota tim dapat berinovasi tanpa paksaan. Memberikan ruang akan membuat anggota tim merasa nyaman dan membantu mereka untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan anggota lainnya. 

Nah, itulah empat cara membangun tech team yang solid dan mumpuni. Meskipun tidak instan, memiliki sebuah tech team terbaik bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan. Anda hanya perlu mengetahui strategi terbaik untuk membangunnya.

Jika Anda ingin mengetahui informasi menarik lainnya seputar rekrutmen dan dunia kerja, jangan lupa untuk kunjungi blog kami Algobash Insight dan temukan beragam artikel terupdate dan bermanfaat yang dapat Anda baca.

Baca juga: Hindari Bias Pada Rekrutmen Tech Team Anda
1000 540 Algobash