Live Coding Interview: What are the Advantages and Disadvantages?

Live Coding Interview: Kelebihan dan Kekurangannya

Live coding interview, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Apalagi jika Anda adalah seorang tech-recruiter atau bekerja di bidang programming. Kegiatan tersebut tentunya sering atau setidaknya pernah dilakukan, benar bukan?

Apa Itu Live-Coding?

Adalah sebuah metode untuk mengetes kemampuan kandidat melakukan programming secara langsung dengan user. Tahapan ini biasanya menjadi penentuan dalam memilih kandidat. Perusahaan dapat melihat secara langsung kemampuan kandidat dalam menyelesaikan soal dan hal tersebut tentu saja memudahkan penilaian.

Lantas apa saja keuntungan dan kekurangan yang bisa Anda dapatkan dari live coding? Berikut ulasan kami:

Manfaat Live-Coding Interview

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan ketika menerapkan metode ini:

Penilaian Langsung

Sebagai recruiter tentunya Anda tidak ingin salah memilih kandidat bukan? Melalui live coding Anda dapat meminimalisir hal tersebut. Ya, keuntungan pertama dari metode ini adalah dapat melakukan evaluasi langsung terhadap developer.

Baca juga tentang: Bad Hiring: Bagaimana Cara Menghindari Bad Hiring dan Kerugiannya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, metode ini memungkinkan Anda mengetes developer secara langsung. Anda dapat memberikan coding test berupa beberapa pertanyaan mengenai programming language seperti Java, C++, Python, dan lain sebagianya.

Melalui test tersebut Anda dapat dengan mudah melakukan penilaian secara objektif terhadap technical skill yang dimiliki kandidat dan berapa lama mereka menyelesaikannya. Dibandingkan hanya melihat kemampuan yang tertulis di CV.

Mengetes Kandidat Dengan Soal

Ketika membuka sebuah lowongan pekerjaan, biasanya perusahaan menerima banyak sekali pelamar, begitu pula dengan posisi developer. Akan sangat menyulitkan apabila Anda melakukan interview tanpa standard metode yang jelas.

Jika Anda tidak bisa mengaturnya dengan baik, akan ada banyak waktu yang disia-siakan. Hal tersebut tentunya akan membuat hasil interview tidak relevan. Anda bisa berakhir dengan kandidat yang salah.

Nah untuk mengatasi permasalahan ini, live coding adalah jawaban yang tepat karena dapat melakukan penilaian secara objektif kepada banyak kandidat.

Terintegrasi Dengan Applicant Tracking System (ATS)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Applicant Tracking System (ATS). Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem ini dan mungkin Anda sudah pernah menggunakannya untuk memilih kandidat.

Beberapa platform live coding sudah terintegrasi dengan sistem ATS yang memungkinkan proses rekrutmen berjalan dengan lebih lancar dan lebih mudah. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk memilih kandidat yang tepat untuk bekerja di perusahaan.

Kekurangan Live Coding Interview

Setelah membahas beberapa keuntungan dari live-coding, sekarang waktunya Anda mengetahui kekurangannya. Apa saja kah itu?

Permasalahan Koneksi Internet

Permasalahan besar yang menjadi hambatan dalam metode ini adalah tidak stabilnya koneksi internet. Apalagi jika dilakukan secara remote di daerah yang memiliki infrastruktur terbatas. Kandidat dengan koneksi yang buruk mungkin saja tidak akan Anda pilih karena tidak bisa memberikan performa maksimal walaupun sebenarnya mereka memiliki skill dan pengalaman yang mumpuni. Hal ini bisa membuat Anda kehilangan kandidat potensial.

Platform Live Coding Susah Digunakan

Live-coding adalah hal yang cukup baru dalam proses rekrutmen. Akibatnya, belum banyak yang terbiasa dengan metode seperti ini, baik recruiter atau kandidat. Permasalahan yang cukup sering terjadi adalah kandidat tidak dapat melanjutkan proses rekrutmen karena tak tahu bagaimana cara menggunakan beberapa platform. Sehingga recruiter tanpa pengetahuan programming tidak akan dapat mengoprasikan platform ini secara maksimal.

Bagaimana Live-Coding Interview Yang Mudah Efektif?

Saat ini, teknologi semakin memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktifitas dengan efektif, termasuk mencari developer dengan menggunakan metode ini. Namun sayangnya, masih ada beberapa kekurangan dari metode tersebut dan membuat proses rekrutmen tidak berjalan maksimal.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Algobash memiliki tool alternatif dari live coding yang mudah dan sangat efektif digunakan. Anda dapat menemukan kandidat developer yang cocok bagi perusahaan menggunakan tool assessment coding otomatis.

Dengan Algobash, Anda bisa melakukan pengujian logika, database, dan framework test . Anda bisa membuat penilaian coding secara mandiri untuk peran teknis apapun dalam hitungan menit meskipun tanpa pengetahuan IT!

Jika Anda tertarik, jangan lupa untuk kunjungi website kami Algobash dan mulailah temukan developer terbaik bagi perusahaan Anda!

2000 1080 Algobash