7 Cara Merekrut Sales Team Terbaik Untuk Tingkatkan Penjualan!

7 Cara Merekrut Sales Team Terbaik Untuk Tingkatkan Penjualan!

Dalam sebuah bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, sales team atau tim penjualan memegang peranan yang sangat penting untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, divisi ini harus diisi oleh orang-orang yang tepat. Hal ini tentu saja merupakan salah satu bentuk tantangan terberat bagi HR. Bagaimana tidak, merekrut sales team yang potensial bukanlah suatu hal yang mudah. 

Sales team memiliki tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan penjualan. Semua perusahaan pasti ingin tenaga sales yang mereka rekrut menunjukan progres yang baik dalam menjalankan tugasnya. Sayangnya, hal tersebut terkadang tidak berjalan sesuai harapan. Dalam studi yang dilakukan oleh Business Wire, 50% sales representative gagal memenuhi kuota penjualan yang sudah ditentukan.

Salah satu solusi untuk menghindari permasalahan tersebut tentu saja membentuk sales team yang tepat dengan merekrut tenaga sales yang berkualitas. Namun, yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah cara menemukan kandidat yang sesuai? Nah, jangan khawatir, karena dalam artikel ini Algobash akan mengulas beberapa strategi atau cara efektif merekrut sales team terbaik!

Baca juga: Bagaimana Algobash Dapat Meningkatkan Kinerja Rekrutmen Anda

Mengapa Merekrut Sales Team yang Tepat Itu Penting Bagi Perusahaan?

Memastikan bahwa Anda merekrut talenta atau kandidat yang tepat adalah hal sangat krusial untuk semua posisi termasuk tenaga penjualan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi kemajuan perusahaan ke depannya.

Tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, pada divisi sales atau penjualan, merekrut kandidat yang tepat dapat memberikan berbagai impact positif lainnya bagi perusahaan. Mengutip dari Perception Predict, berikut adalah manfaat yang bisa perusahaan rasakan jika memiliki sales team yang tepat:

Manfaat Merekrut Sales Team yang Tepat

  • Meningkatkan pendapatan
  • Meningkatkan citra bisnis
  • Meningkatkan hubungan pelanggan dan rekan kerja menjadi jauh lebih menguntungkan

Bagaimana Cara Merekrut Sales Team yang Tepat?

Proses rekrutmen untuk mengisi posisi atau peran apapun memang harus diperhatikan. Begitu juga dengan merekrut sales team yang harus dibangun sebaik mungkin. Namun, yang harus di garis bawahi, metode atau pendekatan rekrutmen yang dilakukan untuk menemukan kandidat yang tepat berbeda-beda tergantung posisi atau jenis pekerjaan seperti apa. Nah, untuk merekrut sales team, berikut adalah beberapa strategi efektifnya:

Tips Merekrut Sales Team Untuk Tingkatkan Penjualan 

1. Identifikasi Kebutuhan

Merekrut karyawan atau tenaga sales baru terkadang bukan solusi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebabnya, Anda harus melakukan pengidentiffikasian sebaik mungkin sebelum melakukan tahapan rekrutmen. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah penambahan anggota baru pada sales team merupakan keputusan yang tepat atau tidak.

Apabila merekrut karyawan tanpa perhitungan yang matang, terkadang ini dapat mendatangkan kerugian pada perusahaan. Mengingat, untuk setiap proses rekrutmen membutuhkan biaya yang cukup besar. Ditambah lagi, anggaran gaji yang harus dikeluarkan untuk karyawan semakin bertambah.

Untuk mengetahui kapan saat yang tepat merekrut tenaga sales yang baru. Anda bisa mempertimbangkan beberapa situasi seperti apakah pendapatan perusahaan Anda semakin menurun dengan drastis, tim penjualan tidak perform, beban kerja meningkat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Tentukan Kualifikasi yang Ideal

Setelah yakin bahwa perusahaan Anda benar-benar membutuhkan tenaga sales baru. Langkah atau strategi kedua yang bisa Anda lakukan untuk merekrut sales team yang tepat adalah dengan menentukan kualifikasi yang ideal.

Menentukan kualifikasi yang dibutuhkan merupakan proses yang sangat penting sebelum memulai rekrutmen. Anda harus bisa menguraikan secara detail kandidat seperti apa yang cocok dan ideal untuk mengisi kekosongan posisi mulai dari skill, pendidikan, pengalaman, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menentukan kualifikasi yang tepat, Anda dapat mengidentifikasinya dengan melihat tenaga sales terbaik yang ada di perusahaan. Telaahlah bagaimana mereka bekerja demi mencapai tujuan bisnis.

Kualifikasi yang dibutuhkan oleh tenaga sales sebenarnya sangat beragam. Hal ini bergantung pada posisi dan industri apa yang digeluti. Namun, secara garis besar, berikut adalah kualifikasi yang harus diperhatikan:

  • Hardskill dan softskill
  • Pemahaman terhadap sales cycle
  • Pengalaman kerja yang relevan
  • Fokus perananan dalam bekerja
  • Rekam jejak penjualan sebelumnya
  • Penguasaan teknologi yang digunakan di perusahaan Anda 
Baca juga: Rekruitmen Berbasis Kinerja: Inovasi Terbaru untuk HR

3. Membuat Deskripsi Lowongan Kerja yang Menarik

Untuk menjaring kandidat-kandidat potensial, Anda harus bisa membuat deskripsi lowongan pekerjaan yang tepat. Semakin menarik lowongan pekerjaan, maka semakin kuat juga dalam menarik perhatian kandidat.

Dalam membuat deskripsi pekerjaan dalam lowongan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Buat deskripsi dengan jelas dan padat, usahakan untuk hindari penggunaan jargon yang berlebihan.
  • Jelaskan tentang peran, objective atau tujuan, hingga impact apa saja yang akan kandidat miliki dalam pekerjaan.
  • Jelaskan bagaimana kandidat dapat sesuai atau cocok dengan pekerjaan.
  • Jelaskan dengan baik bagaimana company culture di perusahaan Anda dan yakinkan kandidat bahwa perusahaan Anda merupakan tempat yang tepat untuk berkarier.
  • Beritahukan apa saja benefit dan kompensasi yang bisa kandidat dapatkan
  • Beritahukan bagaimana proses rekrutmen di perusahaan Anda
  • Beritahukan apa saja kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi kandidat. 

4. Gunakan Saluran yang Tepat Untuk Menjaring Kandidat 

Setelah membuat deskripsi lowongan pekerjaan yang menarik. Selanjutnya adalah tentukanlah saluran yang tepat untuk mengiklankan lowongan dan menjaring kandidat potensial. Ada banyak sekali saluran rekrutmen yang bisa Anda gunakan, beberapa diantaranya adalah:

  • Job Boards: Platform rekrutmen untuk mengiklankan lowongan seperti LinkedIn, Jobstreet, Glints, Kalibr, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Referrals: Program referensi karyawan, di mana karyawan di perusahaan akan mereferensikan beberapa kandidat yang mungkin mereka kenal memiliki kesesuaian yang baik dengan posisi.
  • Recruitment / Staffing Agency: Agen perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa rekrutmen. Terkadang mereka sudah memiliki talent pool yang bisa direkrut langsung oleh perusahaan.

5. Menjalankan Tes Persentasi atau Negosiasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan bagi sales team. Untuk memastikan bahwa kandidat yang Anda pilih menguasai skill ini dengan baik. Anda dapat menjalankan beberapa tes tertentu, salah satunya adalah melaksanakan tes presentasi serta negosiasi. Anda dapat mengetesnya secara langsung saat proses interview maupun menyuruh kandidat untuk membuat dan mengumpulkan video.

6. Menjalankan Proses Wawancara yang Terstruktur

Interview adalah salah satu tahapan krusial dalam sebuah rekrutmen, khususnya untuk tenaga kerja sales. Anda harus bisa menyusun proses rekrutmen secara strategis untuk menemukan kandidat yang terbaik.

Anda bisa mulai menyusun pertanyaan apa saja yang strategis untuk ditanyakan mulai dari hal basic hingga ke hal-hal yang lebih spesifik dan berkaitan dengan posisi pekerjaan sekaligus perusahaan.

Anda dapat menilai bagaimana kecocokan kandidat melalui jawaban yang mereka berikan. Selain itu, sangat penting juga untuk memperhatikan bagaimana pemahaman mereka terhadap posisi pekerjaan dan bisnis yang dijalankan perusahaan.

Untuk menjalankan interview yang lebih strategic dan powerfull, Anda juga dapat melibatkan platform interview otomatis Algobash. Platform ni memiliki fitur otomatis yang dapat membuat proses interview lebih mudah, cepat, namun tepat. Dengan menggunakan Algobash, Anda dapat menghargai waktu kandidat dan tim rekrutmen di perusahaan Anda.

7. Tawarkan Benefit dan Kompensasi

Proses pencarian kerja di era sekarang sangatlah kompetitif. Kandidat terbaik kadang akan memilih tawaran untuk bekerja yang menurut mereka terbaik pula. Untuk memenangkan persaingan ini, Anda bisa menawarkan berbagai benefit dan kompensasi yang akan didapatkan oleh kandidat apabila bergabung dengan sales team di perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan mengapa perusahaan Anda merupakan tempat yang tepat untuk bekerja.

Baca juga: 6 Skill Sales yang Wajib Dimiliki dan Bagaimana Cara Mengujinya

Itulah dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merekrut sales team dengan efektif. Mencari tenaga kerja sales memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan banyak sekali hal untuk menyusun strategi rekrutmen efektif agar dapat menjaring kandidat terbaik.

960 641 Algobash