Benefits of an Online Coding Test

Manfaat Online Coding Test

Manfaat Online Coding Test – Merekrut kandidat untuk posisi IT tidaklah mudah. Sebagai recruiter, Anda harus memastikan kandidat yang dipilih benar-benar skill dan kompetensi mumpuni sesuai dengan posisi yang mereka lamar. 

Untungnya saat ini sudah banyak inovasi baru yang dapat membantu recruiter untuk melakukan proses rekrutmen secara lebih efektif dan efisien, salah satunya dengan menggunakan online coding test.

Coding test adalah sebuah tahapan dalam proses rekrutmen untuk menguji sekaligus mengevaluasi kemampuan coding yang dimiliki oleh kandidat. Dengan melaksanakannya secara online, akan ada berbagai manfaat yang bisa membantu Anda untuk menemukan kandidat terbaik.

Lalu, apa saja manfaat dari online coding test? Serta mengapa Anda harus menerapkannya dalam menyeleksi kandidat untuk posisi teknikal? Jika ingin mengetahui jawabannya, baca ulasan selengkapnya berikut ini…

Baca juga: Apa Itu Coding Test dan Bagaimana Cara Mengaplikasikannya

Apa Saja Manfaat Online Coding Test?

1. Menghemat Waktu Saat Penyaringan Awal

Banyak perusahaan yang masih menggunakan cara lama melalui evaluasi CV untuk shortlist kandidat. Cara seperti ini rentan memunculkan beberapa masalah yang membuat proses penyaringan berjalan tidak efektif dan efisien.

Hal ini dapat membuat Anda salah dalam mengambil keputusan untuk memilih kandidat yang tepat. Ditambah lagi shortlist melalui CV dapat mengkonsumsi waktu berharga Anda. 

Akan ada ratusan bahkan ribuan lamaran yang masuk ketika iklan lowongan pekerjaan dibuka. Jika harus memeriksanya satu persatu tentu akan terasa sangat melelahkan dan dapat memperlambat proses rekrutmen.

Ditambah lagi, keterangan-keterangan yang dicantumkan dalam CV kandidat sudah di setting sedemikian rupa untuk menarik perhatian recruiter. Hal-hal yang kandidat cantumkan belum tentu sesuai dengan skill atau kompetensi mereka sehingga rentan terjadi penilaian yang bias dan subjektif.

Dengan melibatkan online coding test dalam tahapan rekrutmen, Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan semua masalah tersebut. Apalagi saat ini sudah banyak platform online coding test yang memiliki beragam fitur mumpuni. 

Anda dapat menyaring kandidat secara cepat berdasarkan skill yang mereka miliki, bukan apa yang tercantum dalam CV. Selain itu melibatkan tools online coding test juga dapat menghemat waktu rekrutmen.

2. Meminimalkan Biaya Rekrutmen

Selain dapat menghabiskan banyak waktu, merekrut kandidat untuk posisi teknikal juga menggerogoti biaya rekrutmen. Menurut research yang dilakukan oleh Zippia terhadap perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat, biaya rata-rata yang bisa dihabiskan untuk setiap kali rekrutmen dapat mencapai $4.425. Di mana hal ini setara dengan 40% gaji karyawan hanya untuk merekrut kandidat baru.

Menggunakan online coding test, Anda dapat memangkas biaya tersebut. Coding test dapat membantu Anda dalam menyeleksi kandidat yang tepat tanpa perlu memikirkan biaya yang mahal seperti saat melakukan penyeleksian secara konvensional. Anda hanya perlu mencari beberapa tools atau platform coding test yang hemat dan terjangkau.

Baca juga: http://Cara Maksimalkan Take-home Coding Test

3. Mengetes dan Melatih Skill Problem Solving Kandidat

Problem solving sangat penting bagi seorang karyawan dalam posisi apapun, termasuk seorang tenaga kerja IT. Dengan melibatkan online coding test, Anda dapat melihat sejauh mana kemampuan kandidat dalam menyelesaikan sebuah masalah dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini dapat membantu mereka untuk terbiasa dengan pekerjaan yang cepat namun tetap strategis.

Memiliki seorang karyawan IT yang memiliki kemampuan problem solving mumpuni tentunya dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk memajukan bisnis yang mereka miliki.

4. Memudahkan Recruiter dan Kandidat!

Terakhir, coding test secara konvensional akan terasa sangat memusingkan sekaligus menegangkan baik bagi recruiter serta kandidat. Apalagi jika Anda tidak memiliki background atau pengalaman dalam bidang IT.

Online coding test adalah solusi sederhana yang bisa Anda gunakan. Anda dapat memanfaatkan platform coding test otomatis untuk mengevaluasi kemampuan kandidat dalam melakukan coding. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan penilaian yang maksimal.

Selain mudah bagi recruiter, online coding test juga mudah dan disukai oleh banyak kandidat. Online coding test merupakan sebuah asesmen yang bersifat menyenangkan, interaktif, dan intuit. Hal ini dapat membantu kandidat untuk memberikan performa maksimal karena minimnya pressure yang mereka rasakan.

Baca juga: Coding test: Apakah wajib untuk rekrutmen IT talent?

Itulah dia beberapa manfaat online coding test yang dapat membantu Anda untuk merekrut kandidat IT secara efektif. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melibatkannya dalam proses rekrutmen? 

Jika tertarik, Anda dapat mempercayakan online coding test kepada Algobash. Kami adalah platform pre-employment test yang dispesialisasikan untuk merekrut kandidat IT seperti developer, software engineer, dan lain sebagainya.

Algobash dapat membantu Anda untuk melakukan coding test secara cepat dan tepat. Kami memiliki beragam fitur esensial yang Anda butuhkan. menguji keterampilan logika atau keterampilan framework tertentu seperti React, Vue, Laravel, Next, Golang, dan bahasa pemrograman populer lainnya.

Selain itu, Anda dapat memilih berbagai soal coding test melalui database kami atau buat asesmen Anda sendiri berdasarkan standar perusahaan. Algobash juga sangat mudah digunakan oleh siapapun tanpa perlu pengalaman di bidang IT.

Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi website kami Algobash.com dan mulailah rekrut kandidat secara efektif, efisien, dan terjangkau!

Read full also: Live Coding dan Take Home Test, Mana Yang Lebih Baik?
1000 540 Algobash