Hiring freeze

3 Hal yang Akan Terjadi Jika Perusahaan Menerapkan Hiring Freeze

3 Hal yang Akan Terjadi Jika Menerapkan Hiring Freeze – Hiring freeze adalah sebuah situasi ketika perusahaan berhenti merekrut karyawan baru untuk mengisi kekosongan roles di perusahaan. Penyebab terjadinya hal ini disebabkan oleh permasalahan ekonomi.

Memasuki tahun 2022, banyak media yang melaporkan perusahaan-perusahaan dari berbagai skala industri melakukan hiring freeze atau menyetop untuk merekrut karyawan baru. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya economic downturn pasca pandemi.

Kebijakan hiring freeze tentu saja dapat membawa perusahaan ke berbagai kemungkinan, entah itu buruk maupun baik. Untuk itu, sebelum perusahaan Anda memutuskan untuk melakukan hiring freeze alangkah lebih baik untuk cari tahu terlebih dahulu mengenai hal-hal yang akan terjadi jika perusahaan menerapkannya.

Lantas apa sajakah hal yang akan terjadi jika perusahaan menerapkan hiring freeze? Jika penasaran baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Hati-Hati Saat Menyeleksi Kandidat, Ini Cara Mengetahui Profil LinkedIn Palsu!

Apa Saja yang Akan Terjadi Jika Perusahaan Menerapkan Hiring Freeze?

Ada banyak dampak yang akan terjadi jika perusahaan menerapkan kebijakan hiring freeze. Untuk mengetahui apa saja dampaknya, berikut Algobash sajikan informasi mengenai hal-hal yang akan terjadi jika perusahaan menerapkan hiring freeze.

Ini 3 Hal yang Akan Terjadi Jika Perusahaan Menerapkan Hiring Freeze

1. Meningkatkan Stabilitas Keuangan Perusahaan

Proses rekrutmen merupakan sebuah tahapan yang cukup panjang dan memakan biaya, apalagi jika rekrutmen ini berakhir dengan bad hiring maka biaya-biaya tidak terduga akan banyak sekali muncul. 

Dengan adanya kebijakan ini, perusahaan dapat menghindari hal tersebut. Ada banyak aktifitas yang membutuhkan dana cukup besar yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses rekrutmen. 

Ketika perusahaan menyetop rekrutmen untuk sementar maka mereka tidak perlu mengeluarkan dana untuk hal itu sehingga mereka dapat mengembalikan stabilitas keuangan perusahaan.

Baca juga: Gelombang PHK 2022 Menghantam Ribuan Startup di Seluruh Dunia

2. Dapat Meningkatkan Efisiensi dan Kinerja Tim

Ketika terjebak di situasi hiring freeze, mau tidak mau perusahaan harus melakukan manajemen karyawan dengan seefisien mungkin untuk bekerja secara maksimal demi kemajuan bisnis mereka. 

Hiring freeze dapat membuat perusahaan untuk membentuk sebuah tim dengan kinerja yang efektif dan efisien. Apalagi, di situasi ini perusahaan belum bisa merekrut karyawan baru. Jadi, perusahaan harus memastikan produktivitas karyawan dalam bekerja.

3. Membuat Tim yang Lebih Mudah Diatur

Selain mengembalikan stabilitas keuangan dan efisiensi teamwork, hiring freeze juga dapat membantu perusahaan untuk membuat sebuah tim dengan skala yang lebih mudah untuk diatur. Hal ini dapat memudahkan perusahaan untuk memanage bisnis dengan lebih efisien dan ini juga dapat membantu mereka untuk meningkatkan keuangan kembali.

Nah, itulah dia beberapa hal yang akan terjadi jika perusahaan menerapkan hiring freeze. Pada akhirnya, setiap keputusan dalam dunia bisnis selalu memiliki dua mata. Begitupun dengan hiring freeze yang memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Jika Anda tertarik mengetahui informasi lain terkait talent dan industry insight. Jangan lupa kunjungi blog kami Algobash Insight karena akan ada banyak artikel menarik dan bermanfaat yang asik untuk dibaca.

Baca juga: Review HackerRank 2022: Apakah Sebanding Untuk Proses Rekrutmen?
2560 1707 Algobash