HackerRank Review 2022: Is It Still Worth It For Tech Recruitment?

Review HackerRank 2022: Apakah Sebanding Untuk Proses Rekrutmen?

Review HackerRank 2022: Apakah Sebanding Untuk Proses Rekrutmen? – Dewasa ini kebutuhan akan tenaga kerja pada posisi teknikal seperti developer semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan berlomba untuk merekrut calon karyawan terbaik bagi mereka. Namun, tentu saja untuk mewujudkannya  tidaklah mudah, alih-alih mendapatkan kandidat terbaik banyak perusahaan yang justru berakhir dengan bad hiring. 

Di tengah permasalahan ini, ada banyak teknologi rekrutmen yang muncul sebagai solusi, salah satunya adalah HackerRank. Ini adalah platform technical interview yang dikembangkan secara khusus untuk membantu perusahaan dalam merekrut developer yang tepat.

HackerRank merupakan salah satu platform technical interview yang sangat populer. Banyak tech recruiter yang memanfaatkannya untuk merekrut kandidat developer mumpuni. Meskipun begitu, HackerRank juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihannya. 

Jadi, jika Anda tertarik untuk melibatkan HackerRank dalam proses rekrutmen. Sebelum merogoh kocek yang cukup dalam untuk berlangganan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Nah untuk membantu Anda mengetahui tentang semua hal tersebut, berikut ini Algobash berikan review HackerRank yang perlu diketahui.

Baca juga: Apa Itu Coding Test dan Bagaimana Cara Mengaplikasikannya

Review HackerRank: Platform Apa Itu?

Lantas apa sajakah keuntungan dan kendala yang bisa Anda dapatkan ketika melibatkan HackerRank dalam proses rekrutmen? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut ini Algobash sajikan ulasannya untuk Anda.

HackerRank merupakan platform pengujian coding yang telah berdiri sejak tahun 2012. Ini adalah salah satu platform untuk technical interview yang paling populer dan banyak digunakan. HackerRank memberikan banyak layanan yang dapat semakin memudahkan perusahaan dalam merekrut developer terbaik mulai dari technical assessments, real-time code-pair sessions, hingga take-home test.

Selain sebagai tools rekrutmen, HackerRank juga merupakan platform berkumpulnya para developer untuk melakukan persiapan technical interview. Di mana melalui HackerRank, developer dapat berlatih dan mempraktekkan kemampuan coding mereka serta berkesempatan untuk mendapatkan hire dari perusahaan.

Review HackerRank: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Seperti yang sudah Algobash sebutkan sebelumnya, sebagai sebuah platform technical interview untuk menjaring kandidat developer terbaik. HackerRank tidak lepas dari yang namanya kekurangan dan kelebihan.

Nah, adapun beberapa kelebihan dan kekurangan HackerRank yang perlu untuk Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Kelebihan HackerRank

  • HackerRank men-support banyak bahasa pemrograman seperti C, C++, C++14, C#, Go, Java 7, Java 8, JavaScript, Julia, Python 2, Elixir, Erlang, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • HackerRank memiliki topik pengujian atau tantangan yang beragam seperti databases, data structures, mathematics, artificial Intelligence, algorithms, functional programming, dan machine learning.
  • HackerRank memiliki interface yang nyaman dengan memberikan instruksi secara jelas mengenai setiap pertanyaan pengujian, pemilihan bahasa pemrograman, memberikan petunjuk bagi penggunanya jika merasa kebingungan terhadap masalah tertentu, serta memperkenalkan tantangan yang cukup mudah untuk membiasakan penggunanya sebelum mengambil tantangan atau pengujian yang lebih sulit.

Kekurangan HackerRank

  • Terkadang beberapa tantangan HackerRank tidak berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dari tech reqruiter.
  • Memiliki harga yang cukup mahal.
  • Pembatasan jumlah kandidat dan user.
Baca juga: Cara Membangun Tech Team yang Solid dan Mumpuni

Alternatif Platform Rekrutmen Selain HackerRank

HackerRank mungkin dapat dikatakan sebagai platform technical interview yang sangat populer dan memiliki berbagai pengujian untuk beragam kebutuhan pula. Namun, bagi sebagian perusahaan khususnya yang masih baru berkembang, berlangganan HackerRank tentu sangat memberatkan karena memiliki harga yang sangat besar. Di mana harga tersebut dapat juga digunakan untuk dana perusahaan yang lainnya.

Selain HackerRank, saat ini sudah ada banyak platform lainnya yang dapat Anda gunakan dalam proses rekrutmen, salah satunya adalah Algobash. Ini merupakan platform mumpuni yang memiliki banyak kelebihan namun memiliki harga yang sangat terjangkau dan cocok untuk beragam skala perusahaan dari berbagai industri seperti startups, small business, hingga tim enterprise.

Apa Itu Algobash?

Algobash adalah sebuah platform pre-employment test yang bisa digunakan untuk segala jenis posisi termasuk developer. Platform ini membantu perusahaan untuk melakukan proses rekrutmen secara mudah hanya dengan satu platform.

Algobash adalah sebuah platform yang sangat flexibel, Anda dapat memilih beragam jenis asesmen yang telah dibuat oleh para praktisi melalui database Algobash. Anda juga dapat membuat studi kasus sendiri secara langsung berdasarkan standar perusahaan yang Anda miliki.

Kelebihan Algobash

  • Algobash memiliki beragam pre-employment test untuk segala jenis posisi seperti coding test, tes berbasis proyek (Frontend/Backend), tes wawancara, tes psikologi, tes studi kasus, hingga rekrutmen berbasis lomba. Semua jenis tes tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan kandidat yang tepat dan berbakat untuk segala jenis posisi yang dibutuhkan.
  • Algobash adalah platform pre-employment test yang sangat cocok untuk segala posisi bukan hanya developer.
  • Algobash men-support berbagai teknologi dan bahasa pemrograman yang populer seperti Golang, JavaScript, Java, Kotlin, Laravel, Python, PHP, React, Ruby, SQL, Typescript, Swift, Value, C++, C#, Express dan masih banyak lagi.
  • Memiliki fitur tes wawancara otomatis yang dapat memudahkan rekruter dalam menyaring dan menyeleksi kandidat berkualitas tanpa memakan banyak biaya dan waktu.
  • Mudah digunakan oleh semua orang bahkan bagi rekruter yang tidak memiliki pengalaman dalam dunia IT sekalipun.
  • Memiliki harga yang sangat efisien dan cocok bagi semua skala perusahaan.

Kekurangan Algobash

Algobash adalah platform pre-employment test yang terbilang masih cukup baru. Beberapa fitur seperti Live Coding masih dikembangkan. Namun, Algobash sangat responsif untuk mewujudkan apa yang perusahaan Anda harapkan.

Kesimpulan

HackerRank sampai saat ini masih merajai platform rekrutmen dibandingkan dengan yang lainnya. Namun jika Anda ingin mencari alternatif lain yang dapat digunakan dalam proses rekrutmen, maka Algobash adalah jawaban tepat yang bisa Anda pilih. Algobash memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan Anda melakukan rekrutmen secara otomatis, efektif, dan tentu saja terjangkau.

Baca juga: Pre-Employment Test: Mengapa Penting Dilakukan Dan Apa Manfaatnya?
1000 540 Algobash