Indonesian Programmers Are Very Limited, Why?

Programmer Indonesia Masih Sedikit, Apa Alasannya?

Tahukah Anda, programmer Indonesia saat ini masih sedikit jumlahnya. Padahal Indonesia sedang gencar-gencarnya memasuki industri 4.0. Era ini ditandai dengan banyaknya perusahaan startup yang mulai bermunculan. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak menyumbangkan startup unicorn di Asia Tenggara setelah Singapura.

Tentu saja, semua perusahaan tersebut membutuhkan banyak talent digital termasuk programmer. Tujuannya, untuk bisa menghasilkan produk terbaik yang dapat bersaing di pasaran.

Baca lagi tentang : Mencari Talent Digital Marketing? Perhatikan 5 Skills Ini!

Ya, jumlah programmer Indonesia masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan dibandingkan dengan kebutuhan perusahaan di era sekarabng. Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan yang dilontarkan Samuel Abrijani, Direktur Umum Kominfo, bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talent digital untuk 15 tahun ke depan.

Kurangnya programmer di Indonesia, membuat banyak perusahaan Indonesia yang merekrut talent dari negara lain. Seperti yang dilakukan oleh Gojek yang mendirikan perusahaan di Bangalore, India karena mereka memiliki lebih banyak talent digital di negara tersebut dibandingkan dengan Indonesia.

Anda pasti bertanya-tanya mengapa jumlah programmer Indonesia masih sedikit, padahal profesi tersebut cukup populer, bahkan peminatnya pun sangat banyak.

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, melalui artikel in Algobash ingin mengajak Anda berdiskusi mengenai faktor yang mempengaruhi sedikitnya jumlah programmer Indonesia.

Alasan Mengapa Programmer Indonesia Masih Sedikit

Ada banyak alasan yang mempengaruhi hal ini, Algobash telah merangkumnya dalam artikel ini:

Programmer Dianggap Sebagai Profesi Memusingkan

Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar kata programmer? harus melakukan coding? memusingkan? menyeramkan? itulah impresi pertama yang dipikirkan oleh sebagian orang terhadap bidang programming.

Ya, bukan rahasia umum lagi kalau profesi ini dianggap sangat sulit, sebabnya banyak masyarakat Indonesia yang enggan berkarir menjadi seorang programmer.

Banyak Yang Belum Melek Terhadap Dunia Digital

Disadari atau tidak, masyarakat Indonesia masih banyak yang belum menyadari bahwa saat ini mereka telah memasuki era digital. Profesi di dunia digital saat ini pamornya masih kalah jika dibandingkan dengan bidang lain seperti kedokteran, hukum, dan lain sebagainya.

Padahal industri ini juga sangatlah penting, apalagi di era sekarang. Untungnya generasi Z dan milenial banyak yang terbuka untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Tidak Banyak Lulusan IT Yang Bekerja Sebagai Programmer

Menurut penelitian, hanya 30% lulusan IT di Indonesia yang berkarir sebagai seorang programer. Sisanya memilih untuk berkarir di bidang lain. Inilah alasan terbesar mengapa Indonesia kekurangan Sumber Daya Manusia di dunia digital.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, salah satunya adalah kualitas di Indonesia yang masih sangat minim dalam bidang programming.

Pendidikan IT Belum Maksimal

Di Indonesia, ada banyak sekali universitas yang memiliki jurusan IT, namun sayangnya tidak banyak yang benar-benar memperhatikan kualitasnya. Dalam kata lain, pendidikan di bidang ini masih cukup minim mendapatkan perhatian.

Banyak universitas yang hanya memanfaatkan IT sebagai jurusan karena tingginya peminat, namun tidak benar-benar meningkatkan kualitasnya dari segi fasilitas hingga pembelajaran.

Cara Menggali Potensi Programmer Indonesia

Meskipun saat ini Indonesia memiliki sedikit talent digital, khususnya programmer. Anda masih bisa menemukan talenta terbaik di bidang IT untuk perusahaan Anda melalui Algobash.

Algobash adalah sebuah tools yang dapat Anda gunakan untuk mengetes kemampuan kandidat programmer secara otomastis. Melalui tools ini Anda dapat melakukan penilaian instan meskipun tidak memiliki pengetahuan dan background IT. Sangat mudah bukan?

Jika Anda tertarik, jangan lupa untuk kunjungi website kami www.algobash.com dan baca informasi menarik lainnya seputar programmer di www.algobash.com/blog/id/ 

Sekarang saatnya temukan programmer terbaik bagi perusahaan Anda!

2000 1080 Algobash