Tips Magang Kampus Merdeka Agar Lolos Seleksi

Tips Magang Kampus Merdeka Agar Lolos Seleksi

Tips Magang Kampus Merdeka Agar Lolos Seleksi Sebagai seorang mahasiswa, kamu mungkin bermimpi untuk memiliki karir yang cemerlang di masa depan. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Kamu dituntut untuk memiliki kualitas diri dan pengalaman yang mumpuni.

Untuk mempersiapkan karir di masa depan, sebenarnya kamu dapat memulainya sedini mungkin sejak masa perkuliahan. Selain mengikuti kegiatan berorganisasi, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti program magang atau internship di perusahaan.

Pengalaman magang adalah salah satu nilai plus yang dapat menarik perhatian para recruiter ketika melamar kerja. Untuk itu, kamu dapat mulai melakukan magang dari sekarang meskipun masih berstatus mahasiswa.

Saat ini sudah ada banyak sekali program magang yang dapat kamu ikuti, salah satunya adalah Magang Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh oemerintah. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program magang tersebut, dalam artikel ini Algobash akan berikan beberapa tips Magang Kampus Merdeka agar lolos seleksi.

Jadi, jika kamu penasaran bagaimana tips magang kampus merdeka. Jangan lupa untuk baca ulasan selengkapnya di bawah ya!

Baca juga: Gambar Orang Psikotes yang Benar Itu Bagaimana? Ini 3 Tipsnya!

Apa Itu Program Magang Kampus Merdeka?

Kamu mungkin sudah sering mendengar apa istilah Magang Kampus Merdeka, ini merupakan sebuah program magang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Tujuan penyelenggaraan program magang ini yaitu untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa. 

Melalui program ini, kamu akan mendapatkan banyak pelatihan mengenai keterampilan praktis dan bagaimana cara mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan di dalam dunia kerja sehari-hari. 

Selain itu, program magang ini juga memiliki berbagai keuntungan lainnya yang dapat kamu dapatkan salah satunya adalah dapat dikonversi dengan SKS dari universitas serta mendapatkan uang saku.

Bagaimana Tips Magang Kampus Merdeka Agar Lolos Seleksi?

Sama seperti program magang atau internship lainnya, bagi kamu yang ingin mengikuti program Magang Kampus Merdeka kamu harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan mahasiswa lain di seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri mereka juga.

Nah, agar kamu dapat lolos mengikuti program magang ini, berikut Algobash sajikan beberapa tips Magang Kampus Merdeka agar lolos seleksi. Seperti apa sajakah tipsnya? Simak di bawah ini ya!

Baca juga: Apa Itu Tes Psikotes Kerja? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui!

Daftar Tips Magang Kampus Merdeka

1. Ketahui Minat Kamu

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui minat dan bakat kamu dalam berkarir. Akan ada banyak posisi-posisi magang yang dapat kamu pilih saat mengikuti seleksi Magang Kampus Merdeka. 

Jadi, pilihlah posisi-posisi yang memang sesuai dengan minat kamu dalam berkarir ke depannya mengingat karir adalah jangka panjang.

Dengan memilih posisi yang sesuai dengan minat maupun bakat, tentunya akan semakin memudahkan kamu dalam mempersiapkan karir yang cerah di masa depang.

2. Buat Dan Siapkan CV yang Efektif

CV merupakan hal yang penting dalam proses rekrutmen pekerjaan karena akan menjadi salah satu penilaian penting bagi para recruiter. Biasanya, pada tahap seleksi awal recruiter akan melihat CV mu terlebih dahulu barulah memutuskan lolos atau tidaknya kamu ke tahapan seleksi selanjutnya.

CV yang baik tentunya akan memperbesar peluang kamu untuk lolos, jadi susun dan persiapkanlah CV dengan seefektif mungkin. Kamu dapat menggunakan jenis CV ATS friendly dan mengisi CV dengan data diri mulai dari latar pendidikan, pengalaman berorganisasi, pengalaman bekerja, skill, prestasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Agar Cepat Diterima Magang

3. Asah Hardskill dan Softskill

Tidak dapat dipungkiri, meskipun ini merupakan sebuah program magang, perusahaan juga pasti ingin memilih mahasiswa yang memiliki potensi terbaik dalam dunia kerja. Jadi, asahlah hardskill dan softskill yang kamu miliki untuk memperbesar peluang lolos seleksi.

4. Ketahui Background Perusahaan

Kamu mungkin akan melamar pada banyak perusahaan untuk memperbesar peluang kesempatan diterima magang. Meskipun melamar dalam jumlah yang cukup banyak, jangan sampai kamu tidak mengetahui background perusahan-perusahaan yang kamu lamar.

5. Aktif Berorganisasi

Selain melihat potensi dari hardskill dan softskill kamu, perusahaan juga akan melihat dari pengalaman kamu sebelum memutuskan bahwa kamu lolos atau tidak. Perbanyaklah pengalaman organisasi untuk meningkatkan kompetensi diri dan pengalaman kamu.

Sebenarnya, dalam hal ini tidak melulu harus mengikuti kegiatan organisasi, kamu juga dapat mengikuti kegiatan volunteer, freelance, dan lain sebagainya.

Nah, itulah dia beberapa tips magang kampus merdeka yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengikutinya? Jika tertarik, jangan lupa untuk persiapkan dirimu ya!

Baca juga: Gambar Orang Psikotes yang Mudah Seperti Apa? Ini Tipsnya!
509 339 Algobash