Apa Itu Programmer

Apa Itu Programmer? Ini 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Apa Itu Programmer? Ini 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui! – Istilah programmer mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Apalagi akhir-akhir ini, programmer menjadi salah satu profesi yang naik daun dan diidam-idamkan oleh banyak orang. Ada banyak alasan mengapa profesi ini sangat digandrungi, salah satunya adalah prospek karir yang cukup mumpuni dengan gaji yang sangat besar. 

Selain itu, programmer juga menjadi sebuah profesi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi di dunia. Berdasarkan sebuah data yang dilaporkan oleh U.S Bureau of Labor Statistic, setiap tahunnya ada 9,700 lowongan pekerjaan yang dibuka untuk profesi ini.

Tidak heran, banyak orang yang rela yang merogoh kocek cukup mahal untuk menempuh kuliah di jurusan IT agar menjadi seorang programmer di masa mendatang. Bahkan, beberapa diantaranya ada juga yang belajar otodidak.

Lalu, sebenarnya apa itu programmer? Nah, bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang ini. Agar tidak menyesal, sebelum lebih dalam terjun menggelutinya. ada beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui terkait profesi ini. Dalam artikel ini Algobash akan membahasnya secara lengkap.

Jadi, jika kamu penasaran, berikut ini Algobash sajikan ulasan mengenai apa itu programmer dan hal-hal yang harus diketahui. 

Baca juga: Algobash Berdayakan Talenta Programmer Perempuan Lewat KKC 2022

Apa Itu Programmer?

Jika kamu tertarik mengenai suatu bidang tertentu, sebelum menguliknya secara lebih dalam. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui sekaligus memahami hal-hal dasar terlebih dahulu. 

Hal yang sama juga terjadi pada programmer, jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini maka kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa itu programmer yang sebenarnya mulai dari tugas, tanggung jawab, dan hal-hal lain.

Lalu, Apa Itu Programmer?

Secara sederhananya, programmer merupakan sebuah profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan suatu rancangan sistem menggunakan bahasa pemrograman. Di mana seorang programmer biasanya akan mengembangkan sebuah rancangan perangkat lunak atau yang lebih akrab disebut dengan nama aplikasi.

Baca juga: Interview Programmer: Apa Yang Perlu Ditanyakan?

5 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Apa itu Programmer!

Setelah berkenalan sekilas sekaligus memahami apa itu programmer, ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui jika ingin bekerja di bidang ini. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tugas Programmer

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang ini mungkin akan sedikit bertanya-tanya mengenai apa saja tugas atau tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh seorang programmer. 

Secara garis garis besar, tugas dari seorang programmer sama dengan pengertian dari programmer itu sendiri yang sudah Algobash sebutkan sebelumnya di atas. Di mana programmer akan bertugas untuk merancang sebuah sistem perangkat lunak.

Namun, dalam prosesnya tentu tidaklah sesederhana itu. Ada banyak tugas yang lebih spesifik dan perlu dikerjakan oleh seorang programmer. Adapun beberapa tugas tersebut yaitu:

  • Menganalisis Kebutuhan: Programmer harus melakukan analisa terkait apa saja hal yang sebenarnya dibutuhkan untuk membuat sebuah program yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan banyak orang.
  • Merancang Model Sistem: Programmer harus melakukan sebuah rancangan model sistem program agar lebih mudah dipahami oleh pengguna dengan membuat UML, flowchart, dan lain-lain.
  • Menulis Kode Program: Programmer harus menuliskan beberapa kode program atau coding menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti Javascript, CSS, HTML, dan lain-lain.
  • Melakukan Debugging: Programmer harus mengecek atau memeriksa kembali program yang sudah mereka kerjakan untuk menganalisis kemungkinan adanya sebuah kesalahan untuk diperbaiki.
  • Testing Program: Programmer harus melakukan uji coba terhadap program yang sudah mereka rancang untuk melihat apakah berjalan dengan baik atau tidak sebelum merilisnya kepada khalayak publik.
Baca juga: Programmer Indonesia Masih Sedikit, Apa Alasannya?

2. Jenis Profesi Programmer

Jika kamu masih berpikir bahwa programmer merupakan sebuah jenis pekerjaan tunggal. Maka hal tersebut salah besar karena profesi programmer memiliki banyak jenisnya. Di mana secara umum, jenis-jenis profesi programmer dibagi berdasarkan tugas dan fungsinya masing-masing. Adapun beberapa jenis profesi ini umum ada di sebuah perusahaan yaitu:

  • Software Engineer: Bertanggung jawab untuk melakukan sebuah riset, rancangan atau desain, memasang sekaligus menguji perangkat lunak dan sistem.
  • Web Programmer: Bertanggung jawab untuk membuat sebuah laman website mulai dari tampilan serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Jenis programmer ini dibagi menjadi tiga yaitu Front End Developer, Back End Developer, dan Full Stack Developer.
  • Tester Programmer:
  • App Developer: Bertanggung jawab untuk membuat atau merancang sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang dioperasikan dalam smartphone maupun komputer.
  • System Analyst: Bertanggung jawab untuk melakukan sebuah penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, sekaligus merekomendasikan beberapa sistem serta perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan sebuah perusahaan.

3. Skill yang Harus Dikuasai Seorang Programmer

Bekerja sebagai seorang programmer tentu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dikerjakan sekaligus dikuasai. Jika kamu bercita-cita sebagai seorang programmer, kamu harus menguasai beberapa skill programmer berikut ini:

  • Menguasai beberapa bahasa pemrograman.
  • Memiliki kemampuan untuk membaca sebuah kode.
  • Memahami sekaligus menguasai algoritma.
  • Menguasai Bahasa Inggris dan Matematika.
  • Menguasai jaringan komputer.
  • Menguasai source management.
  • Menguasai sistem operasi serta aplikasi yang lain.
  • Memiliki skill problem-solving yang baik.
  • Mampu berinovasi dan berfikir secara kreatif.
  • Menguasai debugging.
  • Mampu membaca dokumentasi.

Itulah dia informasi mengenai apa itu programmer. Bagaimana, apakah kamu masih tertarik untuk bekerja di bidang ini? Semoga semua informasi yang telah Algobash berikan di atas dapat bermanfaat untuk kamu ya.

Baca juga: Fakta Menarik Ada Lovelace, Programmer Pertama Di Dunia
2560 1707 Algobash