What Is Social Media Recruitment and Why Does It Matter?

Apa Itu Social Media Recruitment dan Manfaatnya Bagi Perusahaan?

Apa Itu Social Media Recruitment dan Manfaatnya Bagi Perusahaan? – Sosial media menjadi salah satu hal penting pada berbagai aspek kehidupan saat ini termasuk dalam melakukan proses rekrutmen. Sosial media dapat dikatakan sebagai sebuah sarana efektif yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mencari sekaligus merekrut kandidat potensial.

Untuk memanfaatkan sosial media dalam proses mencari kandidat calon karyawan entah itu posisi entry level atau senior, perusahaan harus memiliki social media presence sekaligus  strategi yang kuat agar dapat menarik minat mereka. 

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana strategi yang dapat diterapkan ketika melakukan rekrutmen melalui sosial media. Ada baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu dengan sosial media rekrutmen.

Lantas apa itu sosial media rekrutmen dan mengapa penting untuk dilakukan di zaman sekarang? Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, baca informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Cara Meningkatkan Strategi Rekrutmen Sosial Media

Apa Itu Social Media Recruitment?

Sesuai dengan namanya, rekrutmen sosial media merupakan sebuah metode atau cara rekrutmen menggunakan platform media sosial entah itu Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya untuk menemukan calon karyawan yang tepat sesuai dengan perusahaan.

Dalam kata lain, sosial media dimanfaatkan oleh pekerjaan untuk mengiklankan lowongan pekerjaan, mencari kandidat-kandidat baru, dan melakukan rekrutmen kepada mereka yang potensial.

Saat ini, sosial media adalah platform yang sangat populer dalam pencarian kandidat baru untuk mengisi kekosongan posisi pada perusahaan. Dikutip dari CareerArc, ada 92% perusahaan menggunakan sosial media untuk menjaring kandidat.  Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan metode lain yang sering digunakan saat ini seperti referensi karyawan, job boards, bahkan iklan lowongan pekerjaan.

Baca juga: Strategi Rekrutmen Menangkan Hiring Competition

Apakah Social Media Recruitment Efektif?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa 92% perusahaan menggunakan sosial media untuk merekrut talent. Jumlah tersebut menunjukan bahwa sosial media adalah salah satu sarana yang efektif untuk digunakan dalam proses rekrutmen.

Dikutip dari website yang sama yaitu Career Arc, ada sekitar 86% pencari kerja menggunakan sosial media untuk mencari pekerjaan, melamar langsung lowongan yang dibagikan di sosial media, berinteraksi dengan konten-konten tentang pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak hanya itu, dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Jobvite pada tahun 2019 menunjukan bahwa 35% responden mempelajari lowongan pekerjaan baru melalui sosial media dan 49% responden muda lebih menyukai sosial media untuk mencari pekerjaan dibandingkan dengan yang lainnya.

Di mata rekruter, sosial media juga adalah hal yang sangat penting untuk digunakan. Hal ini dapat dibuktikan oleh survei yang dilakukan SHRM kepada HR professional, mereka menunjukan saat ini ada sekitar 84% perusahaan yang memanfaatkan sosial media untuk rekrutmen.

Hal sama juga diungkapkan oleh Betterteam, dalam research yang mereka lakukan sekitar 70% hiring managers telah sukses melakukan rekrutmen sosial media dan 80%. Kemudian, employers mengatakan bahwa hal tersebut juga mengantarkan mereka untuk mendapatkan passive candidate.

Baca juga: Merekrut Generasi Z: Mengapa Penting Bagi Perusahaan?

Manfaat Sosial Media Recruitment Bagi Perusahaan Anda

Sebagai salah satu sarana efektif untuk melakukan strategi rekrutmen, sosial media tentunya memberikan banyak sekali manfaat bagi perusahaan. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Dapat terhubung dengan lebih banyak kandidat potensial

Selain kandidat yang aktif melamar pekerjaan, sosial media juga dapat membantu untuk menemukan lebih banyak kandidat potensial salah satunya adalah kandidat passive yang tidak mungkin Anda dapatkan hanya dengan menggunakan cara lama seperti mengiklankan lowongan pekerjaan melalui job board.

2. Lebih hemat waktu dan biaya rekrutmen

Waktu dan uang adalah salah satu hal yang sangat berharga bagi perusahaan. Menggunakan cara lama sudah tidak lagi efisien. Anda dapat menggunakan sosial media untuk proses rekrutmen yang lebih cepat dan menekan biaya perusahaan. 

Melalui media sosial Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk beberapa hal yang tidak efeisien. Contohnya melakukan postingan lowongan pekerjaan bersponsor dalam job board ataupun hal-hal lainnya yang dapat mengikis dana perusahaan.

3. Dapat membantu untuk membangun employer branding

Mencari kandidat yang tepat melalui media sosial artinya perusahaan harus membangun employer branding yang kuat di mata calon karyawan.

Ketika perusahaan sudah melakukannya maka ini akan menjadi nilai plus ke depannya. Hal ini dikarenakan perusahaan Anda akan dikenal memiliki reputasi yang baik.

Apalagi banyak kandidat potensial yang lebih tertarik melamar pada perusahaan dengan memiliki employer branding yang kuat dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memilikinya. 

Baca juga: Manfaat Employer Branding Bagi Perusahaan

Nah, itulah dia informasi mengenai rekrutmen sosial media dan mengapa penting untuk dilakukan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi Algobash Insight untuk temukan beragam artikel seputar rekrutmen dan teknologi.

1000 540 Algobash