10 Cara Membangun Team Building yang Efektif di Tempat Kerja - Algobash.com

7 Cara Membangun Team Building yang Efektif di Tempat Kerja

Ada banyak faktor yang dapat membantu sebuah team berhasil dalam dunia kerja. Salah satu yang paling penting adalah memiliki kerjasama team yang solid. Namun, untuk memiliki hal tersebut tentu tidak bisa instan, Anda harus tahu betul bagaimana cara membangun team building yang efektif.

Team building dapat memberikan banyak benefit yang dapat mendorong kelompok kerja terus berkembang dalam mencapai kesuksesan. Dengan begitu hubungan, interaksi, maupun eksekusi yang dilakukan oleh setiap anggota tim akan jauh lebih berkualitas.

Untuk membangun team building diperlukan sebuah strategi yang tepat dan matang. Nah, dalam artikel ini Algobash telah merangkum beberapa cara membangun team building yang efektif yang bisa Anda praktikkan.

Baca juga: Efektif Tekan Biaya Rekrutmen, Ini Cara Hitung Cost Per Hire yang Benar!

Apa Itu Team Building?

10 Cara Membangun Team Building yang Efektif di Tempat Kerja - Algobash.com
Sumber: Pexels.com / @Fauxels

Team building adalah sebuah proses yang dilakukan untuk membentuk kelompok yang padu dan memiliki ikatan lebih kuat. Setiap anggota diharapkan tidak hanya memahami tugasnya masing-masing, namun juga saling percaya dan mendukung setiap perbedaan yang dimiliki oleh anggota kelompok lain dalam mencapai kepentingan bersama.

Team building sendiri dapat diterapkan pada berbagai jenis kelompok dari bidang apapun mulai dari sekolah, universitas, kehidupan bermasyarakat, hingga ranah pekerjaan. 

Di dunia kerja, team building dimaksudkan untuk mengeratkan tali keakraban dan kerjasama para karyawan di dalam sebuah perusahaan agar memiliki hubungan, komunikasi, hingga partisipasi yang lebih baik sehingga dapat membawa perusahaan menggapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Sebenarnya, ada cukup banyak tujuan yang ingin dicapai dengan membangun team building. Beberapa diantaranya seperti meningkatkan kepercayaan pada setiap nilai-nilai organisasi, meningkatkan rasa semangat bersama, menciptakan komunikasi yang lebih efektif, membentuk anggota team berkualitas, hingga membantu meningkatkan kinerja team.

Baca juga: Tips Performance Appraisal, Efektif Tingkatkan Kinerja Karyawan!

Bagaimana Cara Membangun Team Building yang Efektif?

1. Memiliki Target yang Jelas

Cara membangun team building yang efektif pertama adalah memiliki visi dan misi kelompok atau perusahaan yang jelas dan terstruktur. Dengan tujuan yang jelas, tentunya Anda dan rekan team akan lebih mudah menentukan apa saja yang harus dikerjakan untuk mewujudkannya.

Sampaikanlah secara rinci apa saja visi dan misi yang ingin dicapai kepada masing-masing anggota. Dengan begitu, rekan kerjamu dapat memahami dengan baik setiap tugas yang perlu mereka lakukan. Kemudian, mereka juga dapat memberikan sumbangsih ide atau saran untuk mencapai setiap tujuan perusahaan.

2. Dengarkan dan Hargai Setiap Aspirasi Anggota

Tidak ada satu orangpun yang akan suka dan nyaman jika diabaikan. Begitupun dengan rekan kerjamu di dalam sebuah team. Mereka pasti ingin  setiap pendapat atau aspirasinya didengarkan dan dihargai dengan baik.

Ketika ide-ide yang diberikan oleh masing-masing anggota diabaikan. Hal ini dapat membuat mereka malas untuk terlibat lebih lanjut dalam memberikan aspirasi. 

Bahkan, beberapa ada yang akan merasa tersinggung dan berpikir bahwa kehadirannya tidak dihargai. Tentu saja ini akan sangat berpengaruh pada produktivitas kerja setiap anggota team nantinya.

Sebaliknya, jika setiap aspirasi yang diberikan oleh anggota didengarkan dan dihargai dengan baik. Mereka akan merasa dihargai dan mendapatkan dorongan atau semangat untuk memberikan kinerja terbaik mereka. 

Hal ini tentunya akan membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, kepuasaan karyawan, hingga kultur kerja yang lebih baik. 

3. Kenali Kelebihan dan Skill Setiap Anggota

Setiap anggota dalam sebuah team pasti memiliki potensinya masing-masing. Kecil kemungkinan jika semua anggota memiliki kelebihan dan keahlian yang seragam. Mengenali setiap kelebihan dan skill setiap anggota merupakan sebuah cara membangun team building yang efektif dan harus dilakukan.

Leader atau manajer harus tahu betul setiap anggota memiliki kelebihan dan skill apa saja. Hal ini bertujuan agar mereka dapat bekerja secara maksimal dengan kemampuannya masing-masing. Sehingga perusahaan dapat lebih cepat menggapai tujuan dan kepentingan bersama.

Memiliki skill dan kelebihan yang berbeda merupakan salah satu keuntungan bagi sebuah team. Karyawan juga akan semakin percaya diri jika bekerja berdasarkan keahliannya. Yang mana hal ini dapat sangat berpengaruh pada produktivitas mereka. Bahkan, menurut riset yang dilakukan oleh Indeed, 98% karyawan dapat memberikan kinerja terbaik mereka ketika merasa percaya diri.

Baca juga: Ramai Petisi Kembalikan WFH, Divisi Pekerjaan Apa yang Paling Efektif Untuk Work From Home?

4. Terapkan Sistem Reward

Siapa yang tak senang mendapatkan sebuah hadiah setelah berhasil mengerjakan sesuatu di tempat kerja? Hampir semua karyawan di perusahaan dari industri apapun pasti menyukainya.

Sistem pemberian hadiah atau reward kepada karyawan-karyawan yang memiliki kinerja mumpuni dapat dijadikan sebagai salah satu metode atau cara membangun team building yang efektif.

Dengan menerapkan sistem reward, anggota team juga akan semakin terpacu untuk bekerja secara maksimal dan memberikan hasil terbaik mereka. Selain itu mereka juga akan merasa semakin dihargai dan terlibat.

Reward yang dimaksud di sini tidak hanya dalam bentuk uang atau bonus. Anda juga bisa menggunakan hadiah-hadiah lain sebagai reward, contohnya makan atau minum bersama ketika team mencapai target, memberikan tiket berlibur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain dalam bentuk materiil, jangan lupa untuk selalu ucapkan rasa “terima kasih” kepada para anggota karena sudah bekerja keras dan memberikan kinerja terbaik mereka. Meskipun terdengar sepele, kata terima kasih merupakan sebuah hal yang sangat berarti bagi setiap karyawan.

5. Lakukan Kegiatan Seru yang Bermanfaat Untuk Team

Anggota team atau karyawan terkadang merasa bosan dengan aktivitas kantor harian. Hal ini juga dapat menurunkan kualitas bonding diantara sesama anggota karena rasa jenuh yang sudah menumpuk. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengajak mereka untuk melakukan berbagai kegiatan seru yang dapat membantu meningkatkan team building. Ada banyak cara seru yang bisa dilakukan, seperti game-game ice breaking, outing di alam, jalan-jalan ke museum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Hargai Waktu dan Batasan Anggota

Setiap leader atau manager pasti memimpikan memiliki team yang solid dengan anggota mumpuni di dalamnya. Sehingga terkadang banyak menerapkan berbagai metode dan kegiatan yang dapat mewujudkan hal tersebut.

Membangun team building yang mumpuni memang sangat perlu. Namun, Anda juga harus memperhatikan beban, tanggung jawab, dan tugas yang dimiliki oleh masing-masing anggota.

Setiap karyawan atau anggota tentunya menginginkan work-life balance yang baik. Selalu hargai waktu dan batasan masing-masing anggota ketika Anda hendak menjadwalkan kegiatan-kegiatan tertentu. Hal ini dapat membantu anggota untuk mengurangi stress.

7. Berikan Contoh yang Baik 

Cara terakhir yang tak kalah pentingnya untuk membangun sebuah team building yang efektif adalah dengan menjadi pribadi yang baik dan dapat dicontoh oleh semua anggota.

Leader atau manager tentunya harus mampu menjadi contoh bagi anggotanya. Jika Anda menginginkan anggota yang solid, proaktif, dan komunikatif, maka sebagai leader Anda pun harus menunjukan semua sikap tersebut.

Leader atau manager merupakan bagian atau anggota dari team juga. Maka sudah sepantasnya bertanggung jawab dan memenuhi setiap aturan yang sudah disepakati untuk menjadi contoh bagi anggota team.

Jangan pernah bersikap otoriter dan melanggar ketentuan atau peraturan team yang sudah Anda buat. Hal tersebut tentunya akan menurunkan citra dan kredibilitas sebagai leader. Selain dapat menimbulkan perselisihan internal, hal ini juga dapat membuat anggota team lain merasa tidak nyaman dalam bekerja.

Baca juga: Apa Itu Talent Pipeline dan Bagaimana Cara Membangunnya?

Cara Mengambangun Team Building yang Efektif Dengan Algobash

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh TeamsStage, memiliki sebuah team kerja yang setiap anggotanya terlibat secara penuh dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dua kali jauh lebih besar. Bahkan, 75% karyawan percaya bahwa teamwork dan kolaborasi yang mumpuni merupakan aspek krusial yang dapat menentukan kesuksesan sebuah korporasi.

Kesuksesan sebuah perusahaan salah satu faktornya memang ditentukan oleh team building. Selain 9 cara yang sudah disebutkan di atas, agar team building berjalan efektif, Anda dapat memulainya sejak proses rekrutmen untuk memilih anggota atau karyawan yang akan diajak bergabung bersama team di perusahaan. Dengan memilih kandidat yang tepat untuk mengisi posisi di perusahaan, tentunya akan semakin memudahkan dan memperbesar peluang memiliki team building yang baik.

Ada banyak hal yang bisa dinilai saat merekrut calon karyawan baru mulai dari kreativitas, pemecahan masalah, teamwork, kemampuan berkomunikasi, kemampuan untuk bekerja sama, kemampuan teknikal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat membantu Anda untuk membentuk team building nantinya. 

Algobash menyediakan platform assessment yang dapat menguji keterampilan soft skill maupun hard skill kandidat tersebut secara objektif tanpa bias. Dengan menggunakan Algobash, Anda dapat menjaring dan menyeleksi calon karyawan yang benar-benar tepat dengan cepat dan mudah. 

Platform pre-employment test memiliki beragam jenis asesmen yang bisa digunakan mulai dari coding test, wawancara, tes psikologi, culture fit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua tes Algobash dapat membantu Anda untuk memperkecil resiko bias dan bad hiring sehingga Anda dapat merekrut talenta terbaik dan membangun team building yang efektif.

Tertarik untuk menggunakan Algobash? Kunjungi Algobash.com untuk informasi lebih lanjut dan Algobash Insight untuk membaca artikel-artikel menarik seputar industri, teknologi, dan rekrutmen.

Baca juga: 5 Cara Menilai Soft Skill Kandidat yang Tepat dan Efektif
960 640 Algobash