Ramai Petisi Kembalikan WFH, Divisi Pekerjaan Apa yang Paling Efektif Untuk Work From Home?

Dalam beberapa pekan terakhir, internet digaduhkan dengan maraknya pemberitaan terkait petisi kembalikan WFH yang telah ditandatangani oleh lebih dari 20 ribu orang. Petisi ini muncul karena banyak karyawan yang menganggap bekerja secara langsung di kantor sudah tidak lagi efektif.

Work From Home atau WFH adalah metode kerja jarak jauh langsung dari rumah. Pasca pandemi Covid-19, sistem kerja WFH ramai diterapkan oleh berbagai perusahaan di Indonesia maupun dunia. Bahkan beberapa perusahaan raksasa seperti Microsoft, Uber, dan Amazon pun ikut menerapkannya pada divisi atau posisi karyawan tertentu.

WFH memang dapat memberikan banyak keuntungan bagi keberlangsungan perusahaan Anda. Namun, tidak semua divisi atau posisi pekerjaan cocok dilakukan dengan cara ini. Untuk itu, sebelum memutuskan menerapkannya, ketahui terlebih dahulu apa saja divisi atau posisi pekerjaan yang paling efektif untuk work from home di bawah ini.

Baca juga: 5 Tanda Perusahaan Akan Layoff Karyawan, Kamu Wajib Tahu!

Apakah WFH (Work From Home) Masih Relevan di Tahun 2023?

Ramai Petisi Kembalikan WFH, Divisi Pekerjaan Apa yang Paling Efektif Untuk Work From Home - Algobash.com
Sumber: Pexels.com / @Anna Shvets

Saat ini konsep WFH bukan lagi sebuah hal yang asing di telinga banyak orang. Sistem kerja seperti ini seakan sudah menjadi kultur dan standar baru dalam dunia profesional. 

Setelah pandemi Covid-19 berakhir pun, WFH tetap eksis digunakan dan bahkan beberapa perusahaan ada yang menerapkannya secara permanen.

Lalu, bagaimana bisa sebuah tim bekerja tanpa harus bertemu dan berkumpul di kantor? Dan apakah WFH masih relevan diterapkan pada tahun 2023 atau seterusnya? 

Mengutip dari Apollo Technical, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Stanford terhadap 16.000 karyawan. WFH dapat meningkatkan 16% produktivitas ketika bekerja. 

Kemudian, dalam survei yang berbeda yang dilakukan oleh ConnectSolutions. Disebutkan bahwa 77% karyawan yang bekerja secara jarak jauh beberapa kali dalam sebulan mengalami peningkatan produktivitas. 

Peningkatan produktivitas tersebut tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak faktor yang dapat mendorong hal ini terjadi. Berdasarkan laporan yang dipublikasikan Owl Labs pada tahun 2021, bekerja secara jarak jauh dapat membuat karyawan merasa lebih bahagia, sedikit stress, serta memiliki work-life balance yang baik dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantor.

Di sisi perusahaan, banyak studi yang menyebutkan bahwa trend WFH akan terus berlanjut memasuki tahun 2023. Di mana 25% pekerja profesional akan bekerja secara jarak jauh di akhir tahun 2023. Hal ini dikarenakan bekerja secara jarak jauh dapat memberikan banyak benefit seperti meningkatkan retensi dan inklusi karyawan, memangkas biaya operasional, serta dapat menghindari resiko-resiko lainnya.

Baca juga: Apa Itu Talent Pipeline dan Bagaimana Cara Membangunnya?

Divisi Pekerjaan Apa yang Paling Efektif Untuk WFH (Work From Home)?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tidak semua bidang pekerjaan dapat menerapkan WFH secara maksimal. Meskipun begitu, ada cukup banyak posisi pekerjaan yang bisa berjalan sempurna menggunakan sistem kerja jarak jauh. Adapun beberapa posisi pekerjaan WFH tersebut yaitu:

1. Digital Marketing

Divisi pekerjaan pertama yang paling efektif untuk sistem work from home adalah digital marketing. Ini merupakan jenis pekerjaan yang memungkinkan karyawan untuk melakukan pemasaran produk, jasa atau merek secara digital.

Umumnya, ada cukup banyak posisi dalam divisi digital marketing mulai dari Content Writer, Copywriter, Ads Specialist, SEO Specialist atau bahkan Digital Marketer. Karena bersifat secara digital, posisi-posisi tersebut bisa dikerjakan secara efektif meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

2. IT

Divisi IT merupakan salah satu pilar yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, khususnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi.

IT adalah posisi pekerjaan berbasis komputer, karena itulah divisi ini sangat cocok untuk menerapkan sistem WFH karena tidak akan mengganggu produktivitas mereka selama bekerja.

Ada banyak sekali posisi pekerjaan yang ada dalam bidang IT. Beberapa diantaranya adalah Programmer atau Developer, Web Developer, Android atau iOS Developer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: 5 Cara Menilai Soft Skill Kandidat yang Tepat dan Efektif

3. Talent Acquisition/Recruiter

Talent Acquisition atau Recruiter juga termasuk ke dalam bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk dilakukan secara jarak jauh. Jenis pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk mencari dan menjaring kandidat-kandidat yang memiliki kualifikasi untuk direkrut pada posisi-posisi yang sedang tersedia di perusahaan.

Meskipun tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini sangat krusial karena berkaitan dengan manajemen sumber daya perusahaan. Talent Acquisition atau Recruiter tetap efektif untuk menerapkan sistem WFH.

Apalagi saat ini, sudah ada banyak sekali tools yang dapat membantu para Recruiter untuk bekerja secara maksimal meskipun secara jarak jauh. Beberapa diantaranya seperti sosial media atau job board untuk pencarian kandidat, tools pre-employment test untuk pengujian skill kandidat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana Cara Menerapkan WFH (Work From Home) Secara Efektif?

WFH dapat diterapkan secara efektif pada berbagai divisi atau posisi pekerjaan disebuah perusahaan. Namun, yang menjadi tantangan adalah bagaimana cara menerapkan sistem kerja seperti ini secara maksimal.

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Tidak dapat dipungkiri, WFH juga memiliki berbagai kekurangan dan resiko jika tidak diterapkan dengan metode atau strategi kerja jarak jauh yang benar.

Salah satu kunci penting agar perusahaan dapat menerapkan WFH secara efektif adalah dengan merekrut karyawan-karyawan yang tepat dan sesuai dengan value atau nilai perusahaan. 

Untuk menemukannya, Anda dapat menggunakan tools pre-employment test Algobash untuk menyeleksi karyawan secara mudah, cepat, dan tepat. Algobash menyediakan beragam jenis fitur pengetesan untuk posisi teknikal maupun non teknikal seperti tes coding, tes interview, psikotes, tes studi kasus, tes proyek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain menemukan talenta yang tepat, Algobash juga dapat membantu Anda untuk mempersiapkan calon karyawan untuk jenis kerja apapun termasuk WFH, WFO, hybrid, maupun remote. Untuk mengetahui informasi lebih lebih lanjut, kunjungi Algobash.com dan Algobash Insight.

Baca juga: Hal Yang Harus Dihindari Saat Interview Sebagai Rekruter
960 640 Algobash