Cara Menghadapi Coding Test yang Efektif

Cara Menghadapi Coding Test yang EfektifCoding test merupakan sebuah proses yang hampir selalu ada ketika kamu mengikuti tahapan proses rekrutmen untuk posisi developer. Dalam tahapan ini, kemampuan kamu dalam melakukan pengkodingan akan diuji oleh recruiter

Tahapan ini merupakan fase yang cukup sulit dan menegangkan. Tak jarang yang mengalami kegagalan dan terpaksa harus tersingkir dari proses seleksi. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Nah untuk menyiasatinya, Algobash akan memberikan kamu beberapa cara sukses menghadapi coding test.

Lantas bagaimana cara menghadapi coding test dengan baik? Jika kamu penasaran untuk mengetahui jawabannya, baca informasi selengkapnya dalam ulasan Algobash berikut ini.

Baca juga: Live Coding dan Take Home Test, Mana Yang Lebih Baik?

Apa Itu Coding Test?

Coding test yang diberikan oleh perusahaan untuk mengetes kemampuan kandidat biasanya bermacam-macam. Jenis tes yang akan kamu kerjakan bergantung pada perusahaan mana yang sedang kamu lamar. Setiap perusahaan tentunya memiliki standar dan caranya masing-masing.

Coding test yang umum diberikan perusahaan biasanya ada dua bentuk yaitu basic programming test atau mini project assignment. Keduanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Nah agar kamu berhasil dalam menghadapi keduanya, ada banyak cara sukses menghadapi coding test yang dapat kamu ikuti. Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

Ini Dia Cara Menghadapi Coding Test

Ada banyak cara menghadapi coding test yang bisa kamu lakukan. Ingin tahu apa saja? Cek jawabannya berikut ini.

4 Cara Menghadapi Coding Test:

1. Kuasai Basic Programming

Kesuksesan yang besar biasanya diawali dengan kebiasaan yang kecil. Hal ini juga berlaku pada coding test. Agar kamu berhasil menghadapinya, maka pastikanlah dirimu menguasai basic programming seperti Variable Declaration, Operands, Looping structures, Control structures, and Program Structure.

Meskipun kamu mungkin sudah mengetahui bagaimana cara melakukan coding, terus belajar hal-hal baru atau mereview basic programming yang sudah kamu ketahui sebelumnya itu sangat berguna karena dapat membuatmu semakin jago. Jadi, jangan lupa untuk terus belajar hal baru ya!

Baca juga: Cara Maksimalkan Take-home Coding Test

3. Melakukan riset perusahaan

Cara kedua yang bisa dilakukan agar berhasil menghadapi coding test adalah dengan meriset perusahaan yang mencoba merekrutmu dan memberikan coding test.

Cari tahu bagaimana cara mereka biasanya melakukan coding test. Terkadang, beberapa perusahaan memberikan coding test dengan pertanyaan yang sama berulang-ulang setiap kali melakukan rekrutmen untuk posisi developer.

Jika kamu sudah mengetahui coding test seperti apa yang biasa mereka berikan. Latihlah kemampuan untuk menyelesaikan coding test dengan formula dari perusahaan yang mencoba merekrutmu. 

Cobalah berbagai cara untuk menyelesaikannya agar dapat mengetahui cara mana yang paling efektif dan efisien dalam melakukan coding test secara tepat.

4. Fokus pada bahasa pemrograman yang kamu kuasai!

Fokuslah pada bahasa pemrograman yang kamu kuasai. Namun kamu juga harus mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya. Biasanya banyak perusahaan yang menggunakan C/C++ sebagai bahasa yang mereka gunakan dalam coding test mereka.

5. Latihan, latihan, dan latihan!

Ketika ingin memenangkan sebuah kompetisi olahraga, berlatih adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan berlatih skill yang kamu miliki akan semakin terasah dan jago.

Begitupun ketika ingin berhasil menghadapi coding test, strategi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berlatih, berlatih, dan berlatih.

Gunakanlah berbagai cara atau pendekatan yang bisa dilakukan selama berlatih untuk menyelesaikan sebuah coding test. Hal ini akan membantumu untuk semakin mempertajam kemampuan dalam pengkodean. 

Semakin banyak kamu berlatih maka akan semakin terbiasa juga dalam menghadapi coding. Jadi jangan mulas untuk latihan coding ya, apalagi saat ini sudah banyak website yang dapat membantumu untuk berlatih.

Cara Menghadapi Coding Test dengan Algobash

Itulah dia beberapa cara sukses menghadapi coding test yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, apakah hal-hal yang sudah disebutkan di atas dapat membantumu untuk bersiap dalam menghadapi coding test dengan baik?

Cobalah praktikan semua yang disebutkan di atas dengan teratur agar kamu lebih siap dalam mengerjakan coding test nantinya.Selain beberapa cara di atas, kamu juga dapat bergabung bersama talent pool Algobash untuk berlatih pemrograman secara maksimal.

Algobash merupakan sebuah platform pelatihan skill programming bagi ribuan developer di Indonesia. Melalui Algobash kamu dapat mengikuti pelatihan atau perlombaan coding yang setiap tahunnya dilaksanakan. 

Selain sebagai tempat untuk belajar, kamu juga dapat dengan mudah mendapatkan peluang untuk direkrut oleh perusahaan teknologi karena Algobash telah bekerja sama dengan banyak perusahaan mulai dari startup, fintech, bank, korporasi, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Algobash, kamu dapat mengunjungi website kami Algobash.com. Mari tingkatkan kompetensi programming mu dan mulailah dapatkan pekerjaan secara lebih cepat dan tepat bersama Algobash!

Baca juga: Live Coding Interview: Kelebihan dan Kekurangannya
Baca juga

Rekrut talenta terbaik anti usaha⚡⚡⚡

Lupakan resume dan Linkedin swindler.

Anda bahkan bisa melakukan seleksi programmer tanpa pengetahuan IT!

Jadwalkan Demo Lihat Pricing