6 Cara Efektif Menjaga Kebahagiaan Karyawan Untuk Tingkatkan Produktivitas!

6 Cara Efektif Menjaga Kebahagiaan Karyawan Untuk Tingkatkan Produktivitas!

Setiap organisasi atau perusahaan pasti menginginkan kemajuan bisnis yang dijalankan. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya adalah dengan menjaga sekaligus meningkatkan kebahagiaan karyawan untuk mendorong produktivitas mereka saat bekerja.

Meskipun terdengar sepele, kebahagiaan karyawan adalah salah satu kunci utama dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Karyawan yang bahagia cenderung akan bekerja dengan lebih baik. Hal ini tentu saja sangat berdampak pada produktivitas individu masing-masing karyawan maupun perusahaan.

Lantas, bagaimanakah cara meningkatkan kebahagiaan karyawan? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam artikel ini Algobash akan mengulas secara lengkap mulai dari manfaat hingga strategi untuk meningkatkannya!

Baca juga: Cara Tes Kemampuan Komunikasi dan Negosiasi Calon Sales di Perusahaan Anda!

Mengapa Kebahagiaan Karyawan Sangat Penting Bagi Perusahaan?

Seperti yang sudah Algobash sebutkan di atas bahwa kebahagiaan karyawan sangat penting bagi perusahaan. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, mengingat kebahagiaan karyawan memang terbukti dapat memberikan berbagai manfaat yang bisa mendorong kesuksesan sebuah bisnis.

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Snack Naction, perusahaan yang diisi oleh karyawan dengan tingkat kebahagiaan yang tinggi dapat mengungguli kompetitor sebanyak 20%. Hal tersebut karyawan yang bahagia cenderung memiliki motivasi lebih tinggi dalam membantu perusahaan untuk mencapai goals. Di mana karyawan yang bahagia 12% lebih produktif. 

Berbeda dengan karyawan yang mengalami kesetresan dalam bekerja. Studi Work Option pada tahun 2009 menunjukan bahwa karyawan yang mengalami stress dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada perusahaan termasuk  kerugian pendapatan yang bisa mencapai 300 dolar per tahun, hilangnya produktivitas, pemberian kompensasi lebih pada karyawan, hingga cuti.

Manfaat Kebahagiaan Karyawan

Selain meningkatkan produktivitas, kebahagiaan karyawan juga dapat memberikan banyak peranan positif lain terhadap perusahaan. Beberapa diantaranya, yaitu:

  • Dapat menurunkan turnover dan meningkatkan retensi karyawan di perusahaan.
  • Dapat menghemat anggaran perusahaan yang dikeluarkan untuk menjaga kepuasan karyawan dalam bekerja.
  • Dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat.
  • Dapat meningkatkan employer branding dan citra perusahaan menjadi lebih baik.
  • Dapat meningkatkan kerjasama dan kreativitas tim dalam bekerja.
  • Dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
  • Dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.
  • Dapat membantu perusahaan untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan client.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kebahagiaan Karyawan di Perusahaan Anda?

Karyawan adalah aset berharga bagi perusahaan. Hampir semua kegiatan operasional akan dipimpin dan digerakan oleh karyawan. Jika kualitas kinerja karyawan baik, maka akan semakin baik pula hasil yang didapatkan oleh perusahaan. Begitupun sebaliknya, jika kinerja karyawan buruk atau mengalami penurunan, maka hasil yang didapatkan pun akan semakin menurun atau bahkan mengalami kerugian yang signifikan. 

Karyawan dapat memberikan kepintaran, kerja keras, dan segala upaya mereka untuk untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perusahaan. Sehingga menjaga kebahagiaan atau kepuasan mereka dalam bekerja merupakan hal yang penting untuk dilakukan guna meningkatkan kinerja.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan kebahagiaan karyawan. Berikut adalah beberapa tips efektifnya yang bisa diterapkan di kantor atau perusahaan Anda:

1. Libatkan Karyawan Dalam Project Penting

Melibatkan karyawan dalam project-project penting perusahaan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan kebahagiaan karyawan. Cara ini dapat mendorong karyawan untuk selalu terlibat aktif dalam hal-hal vital untuk mengembakan potensi yang mereka miliki sebaik mungkin.

Keterlibatan karyawan dalam project penting juga memberikan arti yang besar bagi mereka. Karyawan akan merasa berguna dan lebih dihargai sehingga mereka akan memberikan upaya maksimal untuk bekerja secara produktif dalam  menjalankan project.

Tidak hanya itu, bagi sisi perusahaan, hal ini juga sangat menguntungkan. Karyawan dapat memberikan beragam solusi atau terobosan efektif yang mungkin tidak terpikirkan sama sekali oleh para pimpinan di perusahaan. 

2. Utamakan Work-Life Balance

Tidak dapat dipungkiri, setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang bekerja dengan sangat giat. Namun, mendorong atau bahkan mereka untuk selalu bekerja tentu bukanlah solusi efektif yang harus dilakukan. Hal tersebut justru dapat membuat mereka stress dan kehilangan produktivitas.

Karyawan memiliki privasi atau kehidupannya masing-masing di luar kantor. Beberapa dari mereka mungkin sangat ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga ataupun yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk menjaga dan meningkatkan karyawan, perusahaan dapat mempromosikan work-life balance atau keseimbangan antara  pekerjaan dan kehidupan pribadi karyawan.

Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mempromosikan work-life balance salah satunya adalah dengan tidak mempersulit pengajuan cuti atau berlibur karyawan, waktu kerja yang manusiawi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Dengarkan dan Hargai Setiap Pendapat Atau Aspirasi Karyawan

Setiap karyawan pasti ingin dihargai dan didukung oleh perusahaan. Meskipun terdengar sederhana, mendengarkan setiap pendapat atau aspirasi mereka merupakan cara efektif yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan mewujudkan keinginan tersebut. 

Sayangnya, terkadang beberapa perusahaan tidak menyadari betapa pentingnya untuk melakukan hal sederhana ini sehingga dapat menimbulkan konflik internal karyawan. 

Karyawan yang tidak didengarkan atau dihargai pendapatnya mungkin akan enggan untuk kembali memberikan aspirasi ke depannya sehingga hal ini dapat berdampak buruk pada kerjasama tim.

Berbeda jika jajaran manajer atau pimpinan di perusahaan berusaha untuk selalu mendengarkan setiap aspirasi karyawan. Mereka cenderung akan merasa lebih dihargai. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kebahagiaan dan kepercayaan diri mereka dalam bekerja.

Beberapa pendapat atau aspirasi dari karyawan tersebut juga dapat dijadikan sebagai masukan atau bahan evaluasi bagi perusahaan agar berjalan lebih baik lagi ke depannya.

Baca juga: 6 Skill Sales yang Wajib Dimiliki dan Bagaimana Cara Mengujinya

4. Tingkatkan Kepercayaan dan Jalin Komunikasi Terbuka

Mempromosikan komunikasi terbuka terhadap karyawan juga merupakan cara efektif yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih bahagia. Perusahaan dapat menerapkan tata kelola komunikasi lebih jujur, transparan, dan konstruktif.

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan kerjasama tim yang lebih baik dari karyawan dan rekan kerja mereka. Selain itu, komunikasi terbuka juga dapat menurunkan stress dan meningkatkan kepuasan karyawan di tempat kerja.

5. Ciptakan Jenjang Karir yang Jelas 

Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh karyawan dalam memilih pekerjaan adalah jenjang karier yang jelas. Tidak dapat dinafikan, setiap karyawan pasti ingin memiliki pekerjaan atau karier yang aman. Perusahaan harus bisa melihat hal ini sebagai peluang dalam menjaga atau meningkatkan tingkat kebahagiaan mereka di tempat kerja. 

Perusahaan dapat membentuk atau menawarkan karyawan dengan jenjang karier yang jelas. Berikanlah kepada karyawan yang kompeten untuk dipromosikan naik jabatan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kebahagiaan dan kepuasan mereka di tempat kerja.

Meskipun tidak semua karyawan dapat dipromosikan secara bersamaan. Dengan jenjang karier yang jelas, mereka akan semakin termotivasi untuk bisa bekerja lebih baik untuk mencapainya.

6. Berikan Benefit Berarti

Cara terakhir yang tak kalah efektifnya untuk menjaga sekaligus meningkatkan kebahagiaan karyawan adalah dengan memberikan beragam benefit atau kompensasi yang kompetitif.

Pemberian benefit atau kompensasi memang merupakan hal yang lumrah bagi perusahaan seperti memberikan gaji kompetitif, intensif, bonus, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, selain, memberikan benefit dalam bentuk uang atau hal-hal mainstream yang sudah disebutkan tersebut. Perusahaan juga dapat memberikan benefit lain yang dapat mensupport karyawan untuk bekerja secara lebih optimal.

Contoh sederhananya adalah dengan selalu menyediakan snack atau makan siang untuk karyawan. Dalam sebuah studi, 67% karyawan full-time lebih senang dengan pekerjaannya yang menyediakan akses gratis untuk makanan. Bahkan, 48% jobseekers pun mempertimbangkan ketersediaan makanan gratis dalam memilih perusahaan atau tempat kerja.

Baca juga: 7 Cara Merekrut Sales Team Terbaik Untuk Tingkatkan Penjualan!

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan. Sumber daya karyawan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dapat berpengaruh pada produktivitas. Anda bisa menerapkan strategii di atas untuk meningkatkannya!

960 640 Algobash