The Disadvantage of Hiring Freeze for Your Company

4 Dampak Buruk Hiring Freeze Untuk Perusahaan

Dampak Buruk Hiring Freeze Untuk Perusahaan – Hiring freeze adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi masalah finansial dengan memberhentikan proses rekrutmen sementara untuk menggaet karyawan baru. 

Situasi hiring freeze sangat umum terjadi di dunia kerja apalagi jika sebuah perusahaan memiliki masalah keuangan. Pada tahun ini, ratusan ribu perusahaan dari skala kecil maupun besar diprediksi akan melaksanakan hiring freeze.

Ada berbagai dampak buruk yang bisa perusahaan rasakan akibat hiring freeze. Untuk mengetahui apa saja dampaknya, dalam artikel ini Algobash akan memberikan ulasannya secara lengkap.

Lantas, apa saja dampak buruk hiring freeze untuk perusahaan? Cari tahu jawaban selengkapnya dalam informasi di bawah ini.

Baca juga: 3 Hal yang Akan Terjadi Jika Perusahaan Menerapkan Hiring Freeze

Seperti Apa Dampak Buruk Dari Hiring Freeze?

Ada banyak dampak dari keputusan hiring freeze. Untuk mengetahui apa saja dampaknya, di bawah ini Algobash provide list the disadvantage of hiring freeze.

Dampak Buruk Hiring Freeze Untuk Perusahaan

1. Kehilangan Karyawan

Dampak yang sangat mungkin terjadi adalah perusahaan Anda mengalami kehilangan beberapa karyawan. Hal ini dikarenakan salah satu tujuan utama hiring freeze yaitu untuk meminimalisir tenaga kerja. 

Perusahaan biasanya akan menggabungkan beberapa roles karyawan sesuai fungsinya agar lebih efisien. Ini membuat beberapa karyawan harus dihentikan karena tidak memiliki peran inti.

2. Membuat Reputasi Perusahaan Menurun

Hiring freeze dapat membuat perusahaan memiliki reputasi yang buruk dihadapan client atau perusahaan lain. Beberapa client tidak ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan yang mengalami hiring freeze karena stereotip bahwa perusahaan mengalami kesulitan finansial.

Bahkan  jika perusahaan melakukan hiring freeze bukan karena masalah keuangan sekalipun. Pada situasi tertentu, perusahaan tetap dianggap memiliki reputasi yang buruk.

Baca juga: Hati-Hati Saat Menyeleksi Kandidat, Ini Cara Mengetahui Profil LinkedIn Palsu!

3. Beban dan Tanggung Jawab Kerja Karyawan Meningkat

Menerapkan hiring freeze pada perusahaan artinya meminimalisir dan mengefisienkan tenaga kerja. Dengan adanya kebijakan ini, perusahaan akan memiliki tim yang lebih ramping atau sedikit. Hal ini akan membuat karyawan memiliki beban dan tanggung jawab kerja yang lebih besar. Situasi seperti ini mungkin saja akan membuat beberapa karyawan mengalami stress saat bekerja.

4. Sedikit Kesempatan Bagi Karyawan Untuk Berkembang

Selama situasi hiring freeze, karyawan akan dihadapkan dengan kenyataan bahwa perusahaan sedikit kemungkinan akan memberikan kesempatan mereka untuk berkembang. Pada beberapa perusahaan, hiring freeze menandakan bahwa karyawan tidak dapat dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi karena perusahaan tidak bisa merekrut karyawan baru untuk menggantikan posisinya. Hal ini tentu saja menjadi sebuah halangan bagi beberapa karyawan yang ingin memiliki prospek kerja mumpuni, beberapa diantaranya mungkin akan melakukan resign dan mencari kesempatan yang lebih baik.

Nah, itulah dia beberapa dampak buruk hiring freeze untuk perusahaan. Jika ingin menerapkan kebijakan iniu maka pikirkanlah terlebih dahulu secara matang beserta strategi-strateginya untuk menghindari dampak buruk di masa depan. Jika Anda tertarik untuk membaca artikel lain seputar talent dan industry insight, kunjungi blog kami Algobash Insight.

Baca juga: Gelombang PHK 2022 Menghantam Ribuan Startup di Seluruh Dunia
2560 1709 Algobash