Coding Test Tips: 5 Small Things That Have a Big Impact on Your Coding Test

Tips Coding Test Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Tips Coding Test: 5 Hal Kecil Berdampak Besar – Memiliki mimpi untuk berkarir sebagai developer artinya kamu harus siap untuk menghadapi segala tantangan yang ada di dalamnya termasuk coding test. Coding test merupakan tahapan penting bagi developer yang sedang mengikuti proses rekrutmen dan harus dipersiapkan sebaik mungkin karena salah satu penentu direkrut atau tidaknya seorang developer oleh perusahaan. 

Coding test adalah fase penyaringan tahap awal untuk menyaring developer-developer terbaik yang akan lanjut ke tahap rekrutmen berikutnya. Melalui coding test kamu akan diberikan beberapa soal yang harus diselesaikan. Hal ini tentu saja menuntutmu untuk menunjukan skill pemrograman yang maksimal dalam menyelesaikan beberapa masalah tersebut. 

Menghadapi coding test bukanlah hal yang mudah, banyak developer yang tidak bisa menyelesaikannya dengan baik sehingga tak bisa lanjut ke tahap berikutnya. Kamu tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat mengikuti beberapa tips coding test di bawah ini.

Lantas tips coding test apa saja yang perlu dilakukan? Jika kamu penasaran, baca informasi selengkapnya dalam ulasan Algobash berikut ini. 

Baca juga: Live Coding dan Take Home Test, Mana Yang Lebih Baik?

Apa Saja Tips Coding Test yang Bisa Membantumu Menyelesaikannya Dengan Maksimal

Berikut ini adalah beberapa langkah kecil yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi coding test agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal:

5 Tips Coding Test

1. Berikan Komentar Sebaik Mungkin Untuk Menjelaskan Kerangka Berpikirmu

Menghadapi coding test merupakan salah satu hal yang sangat menegangkan. Bersantailah, ambil nafas yang cukup dalam, jangan sampai hal tersebut membuat konsentrasimu buyar untuk memberikan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah.

Kamu harus bisa menyampaikan proses berpikirmu dengan baik kepada rekruter atau reviewer melalui serangkaian code yang kamu tulis. Agar bisa menjelaskannya dengan baik, cobalah untuk ikuti tips berikut ini:

  • Jelaskan apa yang kamu tulis atau ketik sebaik mungkin.
  • Ikutilah gaya penulisan coding yang baik dan susun struktur code sebaik mungkin (Contohnya menggunakan nama variabel dengan mencantumkan fungsi dan kelas jika dibutuhkan).
  • Sampaikan kepada rekruter atau reviewer mengenai apa yang Anda pahami tentang algoritma.
  • Jika kamu mengikuti whiteboard coding interview, perhatikanlah tulisanmu saat diperintahkan untuk menuliskannya dalam papan tulis. Pastikanlah bahwa apa yang kamu tulis terorganisir, mudah dibaca, dan dapat dipahami.
  • Tulis Pseudo code
  • Jangan terlalu banyak diam dalam waktu yang cukup lama.

2. Buatlah Code Yang Mudah Dibaca

Seperti yang sudah dijelaskan dalam tips pertama bahwa untuk menjelaskan proses berpikir dari coding yang kamu lakukan salah satunya adalah dengan membuatnya mudah dibaca. Hal ini dilakukan karena code yang kamu tulis akan dibaca oleh reviewer. 

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat code agar mudah dibaca yaitu:

  • Pertama, lakukanlah dengan hati-hati ketika memberikan nama kelas, metode/fungsi, dan variable. Hindari penggunaan nama tunggal, gunakan sebuah nama yang mudah diingat dan dapat mewakili isi variabel. Kamu harus bisa mendeskripsikannya dengan baik tentang apa yang kamu beri nama.
  • Selanjutnya, pecahkan code ke dalam beberapa langkah atau step kecil. Banyak orang yang enggan untuk membaca sebuah kalimat yang sangat panjang. Jadi, pecah code yang kamu tulis ke dalam langkah-langkah kecil menggunakan metode extract function.
  • Jangan berikan komentar yang panjang dan bertele-tele untuk menjelaskan code agar mudah dipahami oleh reviewer. Lebih baik gunakanlah code yang mudah dipahami dibandingkan harus menulis komentar yang panjang.

3. Berikan Solusi Terbaikmu

Coding test dapat dikatakan sebagai sebuah tahap untuk menunjukan skill developer kepada rekruter. Jadi, berikanlah solusi terbaik kepada mereka. Untuk mengerjakan tantangan coding test dengan maksimal, kamu dapat mengikuti beberapa cara berikut ini:

  • Pahami masalah yang diberikan

Sebagian besar instruktur coding test diberikan dalam bentuk tertulis, jadi bacalah dengan tenang dan hati-hati. 

Pastikanlah bahwa kamu dapat memahaminya dengan jelas. Jika kamu melakukan live coding test interview, kamu dapat memastikannya kepada rekruter bahwa apa yang kamu pahami mengenai scope soal itu benar.

  • Pecahkan masalah

Sebelum melakukan coding, kamu harus memecahkan masalah yang diberikan terlebih dahulu. Untuk memecahkannya kamu dapat membagi permasalahan ke dalam hal-hal kecil agar mudah dipahami dan selesaikan secara terpisah. 

Jika kamu merasa bahwa solusi yang kamu berikan bukanlah cara optimal untuk menyelesaikannya. Kamu dapat menggunakan cara tersebut dengan mengatakan “Pendekatan umum yang biasa dilakukan adalah…”

  • Mulai untuk coding 
  • Review code yang kamu tulis 
Baca juga: Cara Maksimalkan Take-home Coding Test

4. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin Untuk Menyelesaikannya

Kamu akan ditantang untuk menyelesaikan coding test dalam waktu yang tidak begitu lama. Biasanya, setiap perusahaan melakukan coding test kurang lebih selama 45 menit. Untuk menyelesaikan coding test secara lebih efektif dalam waktu yang cukup terbatas tersebut, kamu dapat mengikuti pembagian waktu di bawah ini:

  • Pahami masalah yang diberikan (5 menit)
  • Pecahkan masalah (10 menit)
  • Coding (20 menit)
  • Review code yang kamu tulis (5 menit)

5. Jangan Copy dan Paste Solusi Lain

Pastikanlah bahwa solusi yang kamu berikan dalam menyelesaikan masalah tidak meng-copy paste solusi dari orang lain. Banyak perusahaan yang menggunakan teknologi coding test yang dapat mendeteksi kecurangan. 

Jika kamu tertangkap basah melakukan copy-paste, hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada penilaian reviewer atau rekruter. Kamu bisa di-blacklist sebagai kandidat yang dapat lanjut untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya. Jadi, usahakanlah untuk memberikan solusi terbaik tanpa meniru solusi lain.

Nah, itulah beberapa tips coding test yang dapat kamu lakukan. Apakah beberapa hal yang Algobash tuliskan di atas dapat membantumu untuk melakukan persiapan coding test secara matang?

Persiapkan Coding Test Dengan Maksimal Bersama Algobash

Coding test merupakan tahapan yang sangat krusial dalam proses rekrutmen seorang developer. Jadi, berikanlah usaha terbaikmu untuk menyelesaikannya. Kamu juga dapat mempersiapkan coding test agar lebih maksimal dengan bergabung bersama platform coding terbesar di Indonesia yaitu Algobash.

Algobash adalah sebuah platform pre-employment test sekaligus talent pool yang dapat dimanfaatkan oleh developer dalam mengasah skill pemrograman. Melalui Algobash kamu dapat berlatih meningkatkan kemampuan dan kompetensi secara lebih maksimal melalui berbagai fitur yang disediakan. 

Selain meningkatkan skill, Algobash juga akan memberikan kesempatan kepada developer untuk direkrut oleh tech-company ternama jika memiliki performa terbaik. Kamu dapat mengikuti lomba coding yang diselenggarakan oleh Algobash setiap tahunnya untuk mendapatkan hadiah uang puluhan juta dan kesempatan wawancara dengan perusahaan sponsor.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut, jangan lupa untuk kunjungi website kami www.algobash.com dan segera tingkatkan kemampuan codingmu. 

Baca juga: Live Coding Interview: Kelebihan dan Kekurangannya
1000 540 Algobash