Apa Itu Hiring Freeze? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Itu Hiring Freeze? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Itu Hiring Freeze? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui- Masa pandemi yang dilalui selama beberapa tahun terakhir sangat mempengaruhi berbagai sektor industri saat ini. Sudah ada ratusan atau ribuan perusahaan yang melakukan hiring freeze akibat berbagai masalah yang dihadapi salah satunya adalah menurunnya pendapatan. 

Hiring freeze dapat menjerat berbagai macam perusahaan, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Bahkan, menurut data yang dipublikasikan oleh Fast Company, ada sekitar 85% perusahaan kecil di Amerika Serikat yang berencana akan melakukan hiring freeze di tengah economic downturn.

Lantas, apa itu hiring freeze? Mengapa banyak perusahaan yang mengimplementasikannya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, dalam artikel ini Algobash akan membahasnya secara lengkap untuk Anda mulai dari apa itu hiring freeze hingga alasan mengapa perusahaan mengimplementasikannya.

Jadi, siapkan cangkir kopi atau teh Anda dan mulailah untuk baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 4 Dampak Buruk Hiring Freeze Untuk Perusahaan

Apa Itu Hiring Freeze?

Secara garis besar, hiring freeze adalah situasi di mana ketika suatu perusahaan berhenti melakukan perekrutan untuk posisi-posisi baru. Dalam kata lain, perusahaan tidak lagi mencari karyawan baru untuk bekerja pada mereka.

Salah satu alasan terbesar mengapa perusahaan melakukan hiring freeze adalah masalah keuangan. Contohnya seperti saat perusahaan sudah menghabiskan anggaran dana per tahun, keuntungan yang didapatkan sedikit, atau bahkan saat mengalami kerugian.

Hiring freeze tidak semerta-merta memberhentikan proses rekrutmen untuk semua posisi. Pada situasi tertentu, perusahaan tetap merekrut karyawan baru untuk posisi yang sangat penting. Namun, untuk posisi-posisi lain yang dianggap tidak terlalu penting perusahaan tidak melakukannya.

Baca juga: 3 Hal yang Akan Terjadi Jika Perusahaan Menerapkan Hiring Freeze

Apa Penyebab Hiring Freeze?

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa penyebab terbesar hiring freeze adalah masalah keuangan. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai alasan mengapa sebuah perusahaan melakukan hiring freeze:

1. Perubahan Pangsa Pasar

Salah satu penyebab sebuah perusahaan mengambil tindakan hiring freeze adalah karena adanya perubahan pangsa pasar. Faktor pertama ini akan sangat mempengaruhi keuntungan yang didapatkan oleh sebuah perusahaan. Di mana jika, perusahaan mendapatkan hasil yang sedikit ini bisa saja membawa perusahaan terjepit hiring freeze.

2. Krisis Global 

Selain perubahan pangsa pasar, faktor lain yang mempengaruhi adanya hiring freeze yaitu krisis global. Dalam beberapa tahun terakhir kita semua dihadapkan dengan pandemi covid-19 yang berdampak secara global, selain itu adanya perang antara Rusia dan Ukraina juga menimbulkan krisis perekonomian di seluruh dunia. 

Hal ini juga sangat berdampak pada laju perkembangan perusahaan, selama adanya krisis perusahaan-perusahaan sangat mungkin akan melakukan hiring freeze atau bahkan lay off masal karena adanya kemerosotan keuangan.

Baca juga: Hati-Hati Saat Menyeleksi Kandidat, Ini Cara Mengetahui Profil LinkedIn Palsu!

3. Anggaran Per Kuartal Habis Terpakai

Setiap perusahaan pasti memiliki anggaran per kuartal untuk dikeluarkan membayar gaji karyawan. Jika anggaran tersebut sudah terpakai semuanya, maka perusahaan biasanya akan melakukan hiring freeze terlebih dahulu selama beberapa waktu.

3. Defisit Anggaran

Jika perusahaan menganalisa bahwa mereka akan terkena defisit anggaran jika merekrut karyawan baru maka hal ini akan membuat mereka untuk memutuskan hiring freeze terlebih dahulu.

Baca juga: Review HackerRank 2022: Apakah Sebanding Untuk Proses Rekrutmen?
1920 1080 Algobash