Apa Itu Magang

Apa Itu Magang? Ini Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya!

Apa Itu Magang? Ini Pengertian, Tujuan, dan Manfaat yang Harus Kamu Ketahui! – Istilah magang mungkin tidak begitu asing lagi di telinga kamu, apalagi dalam beberapa tahun terakhir banyak mahasiswa yang mengikuti program magang di berbagai perusahaan. Bahkan, pemerintah pun mendukung adanya kegiatan magang dengan meluncurkan Program Magang Kampus Merdeka.

Magang merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan selain sebagai sarana untuk belajar secara praktikal mengenai dunia kerja yang sebenarnya, magang juga dapat membantu kamu untuk menyusun dan mempersiapkan karir yang lebih baik ke depannya.

Lalu, apa itu magang? Mengapa sebegitu pentingnya untuk karir di masa depan? Nah, bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat tentang apa itu magang, dalam artikel ini Algobash akan berikan ulasan selengkapnya mengenai magang untuk kamu. Simak di bawah ini ya!

Baca juga: Tips Magang Bakti BCA, Perhatikan 3 Hal Ini Agar Lolos Seleksi!

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Magang

Seperti yang sudah Algobash sebutkan di atas bahwa magang dalam beberapa tahun terakhir menjadi kegiatan yang cukup populer, khususnya di kalangan mahasiswa. Jika kamu membuka sosial media seperti Tiktok maupun Instagram, banyak sekali content creator yang memberikan informasi serta tips mengikuti magang.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti magang, alangkah lebih baiknya untuk memahami seluk beluk apa itu magang terlebih dahulu seperti pengertian, tujuan, serta manfaatnya. 

Dengan mengetahui semua hal tersebut, tentunya akan semakin memudahkan kamu dalam mengikuti magang. Selain itu, hal tersebut juga dapat memantapkan tujuan apa sebenarnya yang ingin kamu raih dengan mengikuti magang.

Apa Itu Magang?

Secara garis besar, magang atau disebut juga dengan istilah internship merupakan program kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana untuk belajar serta berlatih bekerja secara langsung di sebuah instansi atau perusahaan. Umumnya, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan siswa-siswi SMK.

Di SMK dan Universitas magang menjadi program yang wajib diikuti oleh para peserta didik, biasanya program ini akan dilaksanakan ketika memasuki semester akhir di beberapa perguruan tinggi dan kelas 2 di SMK.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan magang, entah itu untuk keperluan PKL (Praktik Kerja Lapangan) dari universitas maupun sekolah atau program magang mandiri.

Baca juga: Tips Magang Kampus Merdeka Agar Lolos Seleksi

Apa Tujuan Magang?

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu tujuan magang adalah untuk meniti karir di masa depan. Nah, adapun beberapa tujuan dari magang adalah sebagai berikut:

  • Mengimplementasikan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan ke dunia pekerjaan.
  • Mempertajam hardskill dan softskill yang dimiliki serta melatih dan mempelajari skill-skill lainnya.
  • Untuk beradaptasi dengan dunia kerja sebelum benar-benar terjun langsung secara profesional.
  • Untuk memudahkan berkarir setelah lulus dari perkuliahan.

Apa Manfaat Magang?

1. Meningkatkan Exposure Di Dunia kerja

Saat ini, lulus dari universitas dan memiliki gelar saja tidaklah cukup, kamu harus memiliki pengalaman secara nyata dalam dunia kerja. Benefit pertama yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan magang adalah exposure di dunia kerja.

Dengan mengikuti kegiatan magang kamu akan mendapatkan exposure yang lebih dibandingkan dengan orang lain yang mungkin tidak mengikutinya. Hal ini tentu saja akan membantu kamu untuk menentukan karir yang tepat.

2. Membantu Mendapatkan Lebih Banyak Koneksi di Dunia Kerja

Disadari atau tidak, koneksi dalam dunia kerja itu sangatlah penting. Namun, sebagai mahasiswa mungkin akan terasa lebih sulit untuk mendapatkannya. 

Untuk mendapatkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengikuti kegiatan magang. Dengan hal ini, kamu akan berkenalan dengan orang-orang baru yang dapat membantumu untuk terus berkembang di dunia kerja. 

Tidak hanya dalam lingkup kerja, kamu juga akan berkenalan dengan  mahasiswa atau pelajar lain yang juga mengikuti program magang yang sama. Mereka memiliki pengalaman dan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga kamu akan mendapatkan berbagai ilmu baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Baca juga: Tips Agar Cepat Diterima Magang

3. Mendapatkan Kesempatan Untuk Bekerja

Saat ini persaingan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan sangatlah kompetitif, kamu harus bersaing dengan jutaan orang lainnya yang juga ingin bekerja. Dengan mengikuti program magang di sebuah perusahaan, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja.

Ada banyak sekali perusahaan yang mengangkat peserta magang menjadi full time jika mereka memiliki kekosongan posisi dan melihat kinerjamu bagus. Selain diangkat menjadi karyawan tetap, dengan pengalaman magang, kamu juga akan memiliki kualitas daya saing yang lebih tinggi ketika melamar pekerjaan di tempat lain. Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus di hadapan para recruiter.

4. Mendapatkan Uang Saku Tambahan

Siapa yang tak ingin mendapatkan uang saku tambahan? Nampaknya, hampir semua pelajar membutuhkannya. Apalagi jika kamu sudah duduk di bangku perkuliahan. Dengan mengikuti kegiatan magang berbayar, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk diberikan gaji atau upah.

Meskipun gaji yang diberikan tidak sama dengan karyawan tetap, namun dengan beban kerja yang tidak terlalu berat, gaji magang cukup untuk kamu gunakan sebagai uang saku tambahan selama berkuliah.

Nah, itulah dia informasi mengenai apa itu magang mulai dari pengertian, tujuan, hingga manfaatnya. Bagaimana, apakah kamu sudah mulai paham dan tertarik untuk mengikutinya? Jika tertarik, jangan lupa untuk kunjungi blog Algobash Insight untuk dapatkan berbagai informasi mengenai tips dan trik menarik agar cepat diterima magang ataupun yang lainnya.

Baca juga: Apa Itu Tes Psikotes Kerja? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui!
2560 1706 Algobash