Cara Belajar Programming Otodidak Meski Tak Kuliah IT

Cara Belajar Programming Otodidak Meski Tak Kuliah IT

Hal yang bisa dilakukan untuk berkarir sebagai seorang programmer profesional yaitu mengambil jurusan perkuliahan dalam bidang IT. Dengan memiliki background pendidikan tersebut tentu akan lebih memudahkanmu untuk mempelajari ilmu pemrograman secara mendalam. Namun cara tersebut tentu bukanlah satu-satunya yang bisa dilakukan, kamu juga tetap bisa tahu cara belajar programming otodidak meski tak kuliah IT.

Saat ini programmer adalah salah satu profesi yang sangat populer yang diidam-idamkan sebagian orang. Bagaimana tidak, di era digital seperti sekarang programmer memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Banyak perusahaan yang setiap tahunnya membuka lowongan pekerjaan merekrut tenaga programmer dengan gaji yang cukup besar. 

Nah, buat kamu yang ingin menjadi seorang programmer handal namun tidak menempuh perkuliahan di jurusan IT, jangan khawatir karena Algobash akan memberikan tips cara belajar programming otodidak.

Lalu, bagaimanakah cara belajar programming otodidak? Jika kamu penasaran, cek ulasannya di bawah ini yuk!

Baca juga: Cara Menghadapi Coding Test yang Efektif

Bagaimana Cara Belajar Programming Otodidak?

Cara Belajar Programming Otodidak Meski Tak Kuliah IT
Sumber: Pexels.com / @ansorChristina Morillo

Untuk bisa berkarir di bidang ini tentu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari.  Namun, hal tersebut tentu saja bukanlah alasan yang dapat menghentikanmu untuk terus belajar menjadi seorang programmer meski tanpa kuliah IT. 

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk belajar programming otodidak:

7 Cara Belajar Programming Otodidiak

1. Belajar Algoritma Dasar Terebih Dahulu

Jangan dulu terburu-buru mempelajari hal-hal yang sulit dan rumit, untuk menjadi seorang programmer profesional kamu dapat mengawalinya dengan mempelajari algoritma dasar terlebih dahulu.

Menguasai algoritma dasar tentunya merupakan basic skill yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap programmer. Ini adalah tahapan awal yang bisa dilakukan untuk memecahkan sebuah masalah. Jadi, pelajarilah dengan sebaik mungkin.

2. Kuasai Bahasa Pemrogramman

Jika sudah mempelajari sekaligus memahami algoritma dasar, barulah kamu dapat mempelajari skill lain yaitu bahasa pemrograman atau biasa juga disebut dengan bahasa coding untuk semakin memantapkan kompetensimu.

Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk melakukan perintah kepada komputer. Jika kamu tertarik berkarir sebagai seorang programmer, kamu harus benar-benar menguasai basic skill pemrograman yang satu ini.

Saat ini ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat digunakan. Sebagai pemula, kamu dapat mempelajari bahasa pemrograman yang termudah terlebih dahulu seperti HTML. Jika dirasa sudah menguasainya, barulah berlatih untuk menguasai bahasa pemrograman yang lebih sulit.

Tidak perlu terburu-buru untuk mempelajari semua bahasa pemrograman karena itu akan membuatmu pusing dan kewalahan. Fokus dan kuasailah secara mendalam beberapa bahasa pemrograman tertentu yang kamu sukai dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Coding Test dan Bagaimana Cara Mengaplikasikannya

3. Manfaatkan modul dan tutorial di internet untuk belajar

Untuk belajar programming otodidak, kamu juga dapat belajar pemrograman menggunakan beragam modul ataupun tutorial online yang ada di Internet. Saat ini sudah ada banyak sekali website atau akun Youtube yang memberikan modul atau tutorialnya secara gratis. Gunakanlah kesempatan tersebut untuk meningkatkan skill kamu.

Namun, ketika belajar menggunakan modul atau tutorial online. Jangan terlalu terpaku pada modul dan meng-copy paste, kamu harus menggunakan ide dan kreativitas agar skill problem solving mu meningkat.

4. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu!

Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengapa Bahasa Inggris penting untuk dipelajari jika ingin menjadi seorang programmer. Jawabannya cukup sederhana, karena rata-rata dokumentasi tools & framework serta tutorial bahasa pemrograman ditulis lebih banyak dalam Bahasa Inggris.

Dengan mempelajari bahasa Inggris tentu saja akan memudahkan kamu untuk menguasai skill pemrograman secara lebih matak. Kamu dapat mengikuti beragam komunitas internasional untuk belajar pemrograman.

Selain itu, menguasai Bahasa Inggris juga akan semakin melebarkan kesempatanmu di dunia kerja. Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang programmer yang pandai berbahasa Inggris. Kamu juga dapat melakukan kerja remote atau freelance dengan perusahaan dari luar negeri. Sangat menarik bukan?

5. Buat jadwal belajar yang konsisten

Selain mempelajari basic skill pemrograman, untuk menjadi seorang programmer secara otodidak kamu juga harus memiliki manajemen waktu yang mumpuni. Buatlah jadwal belajar selama satu hingga dua jam untuk setiap harinya. Hal ini tentu akan membantumu untuk menguasai skill pemrograman secara lebih cepat dan tepat.

6. Ikuti komunitas, pelatihan, workshop ataupun training

Ingat, jika kamu bukanlah seorang mahasiswa IT maka gunakanlah berbagai kesempatan yang ada untuk belajar. Saat ini sudah ada banyak sekali komunitas, pelatihan, workshop, dan training developer yang dapat kamu ikuti secara online.

Mengikuti kegiatan-kegiatan ini terkadang memang membutuhkan biaya, namun tenang saja, kamu dapat mencari kegiatan yang dilakukan secara gratis. Cobalah untuk cari komunitas-komunitas developer atau programmer di sosial media.

Kamu juga dapat mengikuti coding bootcamp, biasanya ada beberapa pelatihan gratis yang dapat diikuti. Kamu juga dapat melakukan asesmen coding bergabung dengan platform coding seperti Algobash. Biasanya platform-platform tersebut memiliki demo asesmen yang bisa diakses secara gratis.

Melalui platform coding Algobash kamu dapat melakukan pelatihan coding secara gratis. Selain itu, Algobash juga sering menyelenggarakan kompetisi coding dengan hadiah puluhan juta dan kesempatan interview kerja dengan tech company ternama.

Baca juga: Coding Competition: Strategi Temukan Developer Terbaik

7. Teruslah berlatih, berlatih, dan berlatih!

Cara terakhir untuk belajar programming otodidak agar menjadi seorang programmer profesional adalah dengan terus berlatih, berlatih, dan berlatih!

Jangan pernah lelah untuk terus mempelajari hal-hal baru yang dapat meningkatkan skill dan kompetensi dalam bidang pemrograman. Apalagi, pemrograman merupakan salah satu ilmu yang terus berkembang dan mengalami pembaruan.

Jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah kamu kuasai atau dapatkan sekarang, selalu posisikan dirimu sebagai seorang pemula yang haus mencari ilmu baru untuk belajar. 

Sangat penting bagi kamu untuk selalu meng-update informasi serta teknologi pemrograman yang saat ini terus berkembang, dengan cara inilah kamu dapat menjadi seorang programmer profesional meskipun tanpa kuliah IT. Jadi, jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar ya!

Baca juga: Live Coding dan Take Home Test, Mana Yang Lebih Baik?

Itulah beberapa tips menarik yang bisa dilakukan untuk belajar programming otodidak. Bagaimana, apakah poin-poin yang sudah Algobash sebutkan di atas dapat membantumu?

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lainnya seputar dunia pemrograman dan teknologi, jangan lupa untuk kunjungi blog kami Algobash Insight dan temukan beragam artikel bermanfaat yang dapat menambah wawasan.

2560 1709 Algobash