Bahasa Coding Adalah Apa? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya!

Bahasa Coding Adalah Apa? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya! – Menjadi seorang programmer tentu tidaklah mudah, ada banyak skill atau kemampuan yang perlu kamu pelajari salah satunya adalah bahasa coding atau yang lebih akrab disebut dengan istilah bahasa pemrograman.

Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang pemrograman, bahasa coding adalah hal yang pastinya sudah tidak asing lagi. Ini merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting untuk kamu kuasai. Hal ini dikarenakan ada banyak kegiatan pemrograman yang memerlukan bahasa coding.

Lalu, sebenarnya bahasa coding adalah apa? Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bahasa coding secara lebih mendalam. Dalam artikel ini Algobash akan memberikan informasi lengkapnya yang dapat kamu baca.

Jadi, jika penasaran, jangan lupa untuk baca ulasannya di bawah ini ya!

Baca juga: Apa Itu Programmer? Ini 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Pengertian Bahasa Coding Adalah…

Secara sederhana, bahasa pemrograman atau bisa juga disebut dengan bahasa komputer dan bahasa coding adalah sebuah instruksi standar yang digunakan oleh programmer untuk untuk memerintah komputer. 

Dalam kata lain, bahasa pemrograman dapat disebut sebagai sebuah alat komunikasi yang digunakan oleh seorang programmer untuk memberikan perintah atau instruksi kepada komputer untuk melakukan suatu program.

Artinya, sebuah komputer juga hampir sama seperti manusia. Mereka membutuhkan sebuah alat komunikasi untuk mengerti apa yang diperintahkan oleh manusia atau programmer. 

Dengan menggunakan bahasa coding, seorang programmer dapat menciptakan rancangan program untuk membuat suatu hal yang berguna. Contohnya membuat halaman website, aplikasi pada smartphone dan komputer, video games, serta hal-hal lainnya.

Fungsi Bahasa Coding Adalah…

Bahasa coding atau bahasa pemrograman memiliki beberapa fungsi. Di mana fungsi utamanya yaitu untuk memberikan sebuah perintah kepada komputer untuk melakukan sebuah hal yang programmer inginkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan begitu, komputer dapat mengolah data sesuai dengan alur berpikir seorang programmer.

Baca juga: Coding Adalah Apa? Ketahui Definisi dan Manfaat Mempelajarinya!

Contoh Bahasa Coding Adalah Apa?

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari bahasa coding. Kamu mungkin penasaran dengan contoh bahasa coding yang sering digunakan oleh programmer. 

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, di bawah ini Algobash sajikan beberapa bahasa coding populer yang banyak digunakan. Apa sajakah itu? berikut beberapa contohnya:

1. Python

Salah satu contoh bahasa coding adalah Python. Ini merupakan salah satu bahasa coding yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para programmer di seluruh dunia. 

Python diciptakan oleh Guido Van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Semenjak kemunculannya, python telah menjadi andalan banyak programmer.

Python sendiri umumnya digunakan untuk membuat visualisasi, membangun model, melakukan pembersihan data, dan masih banyak lagi. 

Python merupakan bahasa coding yang sederhana dan cukup mudah dipelajari. Selain itu, bahasa coding ini juga dapat membuat segala jenis pemrograman menjadi lebih ringkas. Hal itulah yang membuat Python sangat populer dan digunakan oleh banyak programmer.

Baca juga: Tips Coding Test Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

2. Java

Contoh bahasa coding yang populer selanjutnya adalah Java. Ini merupakan sebuah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk untuk melakukan pengembangan pada bagian back-end software, website, hingga aplikasi Android.

Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh James Gosling sejak tahun 1990 silam. Sejak kemunculannya, Java menjadi kian populer di kalangan programmer bahkan hingga saat ini. 

Kepopuleran tersebut tentu bukan tanpa alasan, Java banyak digunakan karena memiliki sifat fleksibilitas yang dapat digunakan pada berbagai platform. 

Bahkan, ada banyak aplikasi dan website populer yang dibkembangkan menggunakan Java. Contohnya seperti website Yahoo!, Spotify, LinkedIn, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Javascript

Selain Java, ada juga bahasa pemrograman Javascript. Bagi yang tidak terlalu familiar dengan bahasa pemrograman mungkin sekilas akan menganggap Javascript sama dengan Java meskipun keduanya berbeda.

Javascript merupakan bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website agar menjadi lebih dinamis sekaligus interaktif sehingga dapat meningkatkan fungsionalitas.

Selain itu, Javascript juga dapat digunakan untuk mengembangkan platform-platform lainnya seperti tools, aplikasi, hingga game di dalam web.

Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Brendan Eich dan sudah muncul dari tahun 1994 dan menjadi salah satu yang paling populer dibanding dengan yang lainnya.Bahkan, menurut sebuah data, pada tahun 2016, 92% pembuatan web itu menggunakan Javascript.

Nah, demikianlah informasi yang bisa Algobash sampaikan mengenai bahasa coding. Bagaimana, apakah kamu sudah mulai memahami apa itu bahasa coding mulai dari pengertian, fungsi atau kegunaan, hingga contoh jenisnya? 

Secara garis besar, bahasa coding adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan oleh seorang programmer untuk memberikan serangkaian instruksi terhadap komputer. Dengan bahasa coding. Semoga semua informasi yang telah diberikan Algobash tersebut dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lainnya seputar coding atau dunia pemrograman. Jangan lupa kunjungi blog Algobash untuk temukan berbagai artikel menarik sekaligus bermanfaat yang dapat kamu baca. 

Baca juga: Cara Menghadapi Coding Test yang Efektif

Rekrut talenta terbaik anti usaha⚡⚡⚡

Lupakan resume dan Linkedin swindler.

Anda bahkan bisa melakukan seleksi programmer tanpa pengetahuan IT!