Coding Competition: The Best Strategy to Find Qualified Developer

Coding Competition: Strategi Temukan Developer Terbaik

Merekrut developer berkualitas merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Anda memerlukan strategi matang agar bisa menemukan kandidat yang cocok dengan perusahaan. Namun, sejauh manapun strategi tersebut disiapkan, terkadang berbagai macam tantangan tetap harus dihadapi. Hal ini besar kemungkinan mempengaruhi hasil akhir rekrutmen. Untuk menyiasatinya, Anda bisa melakukan sebuah coding competition. Cara ini sangat efektif untuk menemukan developer terbaik.

Coding competition merupakan ajang kompetisi programming. Melalui lomba ini, Anda akan mendapatkan banyak kandidat dan mengetahui kandidat manakah yang memiliki teknikal skill dan problem solving terbaik dalam menyelesaikan setiap soal yang diberikan selama kompetisi. Hal ini tentu sangat memudahkan Anda untuk merekrut developer, dibandingkan cara rekrutmen seperti biasanya.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa perusahaan dapatkan melalui coding competition. Dalam artikel ini Algobash akan membahasnya secara tuntas untuk Anda.

Manfaat coding competition bagi perusahaan

1. Efektif untuk merekrut developer berkualitas

Hal pertama yang bisa perusahaan Anda dapatkan tentu kandidat developer terbaik yang sudah terbukti kualitasnya. Ketika kandidat memenangkan kompetisi artinya mereka sudah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang developer profesional, mulai dari teknikal skill, problem-solving, dan lain sebagainya. Anda pun bisa merekrutnya untuk bergabung dengan perusahaan.

Selain merekrut sang juara, Anda juga dapat mengetahui kandidat-kandidat lain yang memiliki potensi tinggi. Anda dapat mempertimbangkan mereka untuk bergabung atau setidaknya memberikan mereka kesempatan di lain waktu, sehingga ketika perusahaan membutuhkan kandidat baru untuk mengisi kekosongan posisi, Anda dapat menghubungi mereka. Cara ini tentu lebih efektif dan mudah jika harus melakukan proses rekrutmen dari awal.

2. Menekan biaya rekrutmen dan kerugian bad hiring 

Sebagai rekruiter, hal yang mungkin sering Anda lakukan adalah menekan biaya rekrutmen yang memakan cukup banyak kas perusahaan. Melalui coding competition Anda dapat mewujudkan hal tersebut. Dengan menjadi sponsor kompetisi programming yang diselenggarakan oleh organisasi lain, Anda dapat secara mudah menekan biaya rekrutmen.

Melalui cara ini Anda juga dapat menghindari bad hiring yang kemungkinan terjadi jika melakukan proses rekrutmen dengan cara lama. Konsekuensinya, perusahaan Anda pun berpotensi mengalami banyak kerugian, salah satunya salah memilih kandidat yang tepat.  Namun, dengan coding competition Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Anda pun tidak perlu melakukan rekrutmen ulang karena kandidat yang dipilih sudah pasti memiliki teknikal skill yang baik. Anda hanya perlu mengetes culture fit kandidat sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk merekrut mereka. Sehingga hal ini dapat menekan kerugian biaya akibat bad hiring.

Baca juga selengkapnya: Bad Hiring: Bagaimana Cara Menghindari Bad Hiring dan Kerugiannya?

3. Meningkatkan branding perusahaan

Branding merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Anda pasti sudah mengetahui hal tersebut. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan, salah satunya adalah bekerjasama dengan organisasi lain yang akan menggelar coding competition.

Dengan melakukan sponsorship pada coding competition, hal ini dapat menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan Anda untuk mengenalkan merek secara lebih meluas. Biasanya akan ada ribuan peserta yang ikut berkompetisi, mereka akan mengingat perusahaan Anda sebagai salah satu perusahaan yang aktif dalam mengembangkan dunia IT. Hal ini akan semakin memudahkan perusahaan Anda untuk merekrut kandidat developer terbaik nantinya.

4. Berpartisipasi aktif kembangkan talenta IT di Indonesia

Menurut Kominfo, jumlah programmer di Indonesia masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini membuat developer di Indonesia itu langka. Akibatnya, banyak perusahaan yang beralih mencari kandidat-kandidat dari negara lain.


Dengan berpartisipasi dalam coding competition, secara tidak langsung perusahaan Anda ikut berpartisipasi mengembangkan talenta IT di Indonesia. Semakin banyak programmer Indonesia, maka semakin memudahkan perusahaan untuk merekrut talenta terbaik dalam negeri. Dampak positifnya, perusahaan dapat menekan biaya rekrutmen jika dibandingkan dengan merekrut kandidat-kandidat lain yang berasal dari negara berbeda.

5. Meningkatkan keberagaman di tempat kerja

Terakhir, hal menguntungkan yang bisa perusahaan dapatkan dari adanya coding competition adalah dapat memberdayakan perempuan dan meningkatkan workplace diversity tech-team perusahaan Anda. Perempuan dan keberagaman di tempat kerja dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan, salah satunya adalah meningkatkan produktifitas, kreatifitas, hingga profit perusahaan.

Nah itulah dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan ketika aktif berpartisipasi dalam coding competition. Untuk mewujudkan semua hal di atas, Algobash melaksanakan sebuah event tahunan coding competition bernamaCode Run yang menungkinkan perusahaan untuk menemukan developer terbaik.

Baca juga selengkapnya: Cara Membangun Keberagaman Di Tempat Kerja
Baca juga selengkapnya: Mengapa Workplace Diversity Itu Penting Bagi Perusahaan?
Baca juga selengkapnya: Bagaimana Perempuan Berdampak Tech Team Anda
2000 1080 Algobash