Coding Adalah Apa? Ketahui Definisi dan Manfaat Mempelajarinya!

Coding Adalah Apa? Ketahui Definisi dan Manfaat Mempelajarinya!

Coding Adalah Apa? Ketahui Definisi dan Manfaatnya! – Dalam beberapa tahun ini, dunia pemrograman sedang naik daun. Banyak orang yang mulai berbondong-bondong untuk berkuliah di jurusan tersebut dan bertekad untuk menjadi seorang programmer.

Namun, menjadi seorang programmer tentu tidaklah mudah. Kamu harus menguasai banyak hal untuk mewujudkannya, salah satunya adalah mampu melakukan coding. Coding adalah hal dasar yang harus dikuasai oleh programmer.

Nah, bagi kamu yang bercita-cita ingin menjadi seorang programmer namun masih belum mengetahui coding adalah apa. Dalam artikel ini Algobash akan memberikan informasi lengkapnya mulai dari definisi hingga manfaatnya.

Baca juga: Manfaat Online Coding Test

Pengertian Coding Adalah Apa?

Secara sederhana, pengkodean atau yang lebih akrab disebut dengan istilah coding adalah suatu aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang programmer ketika berkomunikasi dengan komputer.

Secara lebih detailnya, coding adalah sebuah tindakan yang dilakukan programmer ketika melakukan proses pemrograman dengan menuliskan beberapa kode menggunakan bahasa pemrograman. 

Tujuan yaitu untuk memerintahkan komputer menjalankan suatu hal sesuai dengan instruksi yang diberikan melalui kode-kode yang ditulis. Contohnya seperti saat membuat website, membuat sebuah aplikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Tips Coding Test Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Fungsi Coding Adalah

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa tujuan sekaligus fungsi coding adalah untuk memberikan instruksi kepada perangkat komputer untuk menjalankan atau melakukan sesuatu hal sesuai dengan perintah seorang programmer. Di mana cara memerintahkan yaitu dengan menuliskan seperangkat kode dalam bahasa pemrograman.

Selain hal tersebut, coding juga memiliki fungsi yang lainnya. Adapun beberapa fungsi yang lainnya yaitu:

1. Untuk Membuat Sesuatu yang Berguna

Disadari atau tidak, hampir semua kecanggihan yang kamu nikmati saat ini berhubungan dengan coding. Contohnya, ketika kamu membuka aplikasi di telepon genggammu, salah satu proses dalam menciptakan aplikasi tersebut yaitu dengan melakukan coding. Tidak hanya itu, coding juga mampu menciptakan hal-hal luar biasa lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari.

2. Untuk Meningkatkan Karir

Salah satu fungsi coding yang mungkin menjadi sebuah tujuan atau alasan mengapa saat ini banyak orang yang mulai mempelajarinya adalah mampu membantu kamu untuk mencapai sebuah karir yang bagus di masa mendatang. 

Pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kemampuan coding akan selalu high-demand baik di masa sekarang maupun masa depan. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi teknologi baru, di mana untuk menciptakan hal tersebut tentu saja kehadiran peran seorang programmer akan sangat dibutuhkan.

Baca juga: Cara Menghadapi Coding Test yang Efektif

Manfaat Mempelajari Coding Adalah Apa? 

Seperti yang sudah Algobash sebutkan di atas, bahwa coding adalah hal dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang programmer. Hal ini dikarenanakan coding merupakan salah satu keahlian yang sangat berguna ketika bekerja nantinya di industri IT. Di mana, sebagai seorang programmer, coding adalah salah satu tugas yang harus kamu kerjakan.

Selain itu, coding juga memiliki banyak manfaat lain jika kamu mempelajarinya dengan tekun. Adapun beberapa manfaat dari mempelajari coding adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang programmer yaitu kemampuan pemecahan masalah yang baik. Coding dapat membantu kamu untuk memiliki hal tersebut. Di mana ketika mengerjakan coding, kamu akan dituntut untuk berpikir secara kreatif, sistematis, terstruktur, dan efisien dalam menyelesaikan tantangan pemrograman.

2. Bagus Untuk Prospek Masa Depan

Selain membantu kamu untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Memiliki kemampuan coding dapat memberikan prospek masa depan yang cerah, apalagi jika kamu ingin bekerja di Industri IT sebagai seorang programmer atau apapun itu. Di mana pekerjaan programmer saat ini dan dalam beberapa tahun ke depan masih sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

3. Dapat Menjadi Sumber Untuk Mendapatkan Uang Lebih Banyak

Coding adalah salah satu kemampuan yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Di mana coding dapat menghantarkan kamu untuk bekerja di industri IT yang rata-rata memiliki jumlah gaji yang cukup besar. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kerja sampingan yang berhubungan dengan kemampuan coding kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah itulah dia informasi mengenai definisi coding dan manfaat mempelajarinya. Kesimpulannya, coding merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki jika kamu ingin berkarir dalam bidang IT, khususnya seorang programmer. Dengan mempelajari coding kamu akan mendapatkan banyak dampak positif yang bagus untuk dirimu sendiri.

Sekian informasi yang bisa Algobash sampaikan, jika ingin mengetahui informasi menarik tentang coding atau bidang-bidang IT lainnya. Jangan lupa untuk kunjungi blog kami Algobash Info karena akan ada banyak artikel-artikel menarik sekalgus bermanfaat yang dapat kamu baca untuk menambah wawasan seputar industri dan teknologi.

Baca juga: Apa Itu Coding Test dan Bagaimana Cara Mengaplikasikannya
2560 1704 Algobash