Gaji Programmer 2022

Gaji Programmer 2022 Berapa? Ini Dia Bocorannya!

Gaji Programmer 2022 Berapa? Ini Dia Bocorannya! – Salah satu bidang pekerjaan yang sedang naik daun dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir adalah IT, khususnya programmer atau developer. Saat ini ada banyak sekali orang yang ingin mengembangkan sayap karirnya sebagai seorang programmer.

Menjadi seorang programmer profesional, tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak sekali skill dan kualifikasi lainnya yang harus dikuasai. Namun, meskipun tergolong sebagai salah satu pekerjaan yang sulit. Hal ini nampaknya tidak serta merta memberhentikan orang-orang yang ingin berkarir di bidang ini.

Usut punya usut, ternyata alasan mengapa programmer menjadi salah profesi favorit adalah karena memiliki jenjang karir dan gaji yang cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan profesi lainnya. 

Lalu berapa sebenarnya gaji programmer? Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai karir dalam bidang ini dan ingin mengetahui berapa gaji programmer. Dalam artikel ini Algobash akan berikan sedikit bocoran berapa gaji programmer 2022.

Jadi, jika kamu penasaran, berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga: Bahasa Coding Adalah Apa? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya!

Berapa Gaji Programmer 2022?

Sebagai seorang yang tertarik dalam dunia pemrograman dan berencana untuk berkarir di bidang tersebut pula. Mungkin kamu juga penasaran mengenai berapa upah atau gaji yang ditawarkan kepada seorang programmer ketika bekerja.

Nah sebelum mengetahui berapa gaji programmer 2022, hal yang perlu digaris bawahi adalah setiap gaji yang akan diterima seorang programmer tentu akan berbeda. Hal ini bergantung pada apa posisi atau jabatan mereka di kantor.

Secara umum, posisi programmer di sebuah perusahaan terbagi ke dalam beberapa level atau tingkatan. Dimulai dari entry level atau programmer junior, mid level atau programmer middle, dan senior level atau programmer senior. 

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah penjelasan ketiga posisi programmer tersebut:

Jenjang Karir Seorang Programmer

  • Programmer Junior: Titel posisi ini diberikan kepada seorang programmer yang baru saja masuk ke dalam dunia kerja, biasanya diisi oleh seorang fresh graduate atau 0-3 tahun bekerja. Pada posisi ini, kemampuan beberapa programmer masih perlu diasah secara lebih mendalam.
  • Programmer Middle: Titel posisi ini diberikan kepada seorang programmer yang sudah cukup lama bekerja, biasanya 3-5 tahun. Pada posisi ini, seorang programmer sudah memiliki keahlian yang cukup kompeten dan mengerti ketika diberikan sebuah tugas untuk melakukan pemrograman.
  • Programmer Senior: Titel posisi ini biasanya diberikan kepada seorang programmer yang sudah lama berkarir. Umumnya seorang programmer senior sudah bekerja lebih dari lima tahun, namun pada situasi tertentu ada juga yang kurang dari itu. Pada level ini, programmer sudah memiliki kompetensi yang sudah sangat mahir.

Selain tiga level di atas, seorang programmer senior juga bisa naik ke posisi yang lebih tinggi seperti lead atau manajerial. Di beberapa perusahaan, biasanya mereka akan dibebaskan untuk memilih jenjang karir mana yang ingin dipilih diantara kedua posisi tersebut. 

Ketika programmer senior sudah menjadi seorang lead atau manajerial, maka tugas untuk melakukan coding atau pemrograman akan sedikit dikurangi porsinya.

Baca juga: Apa Itu Programmer? Ini 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Kisaran Gaji Programmer 2022 di Amerika Serikat

Sebagai salah satu negara maju dan memiliki banyak perusahaan teknologi. Amerika Serikat menyumbangkan banyak talenta atau tenaga programmer, dari mulai entry level hingga posisi senior.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Computer Careers, seorang programmer di Amerika serikat memiliki rata-rata gaji mencapai $40,84 per jamnya. Kemudian $3.779 – $10.927 perbulan. Sedangkan untuk gaji tahunan, seorang programmer dapat menghasilkan antara $64.940 sampai dengan $131.120.

Seperti yang sudah Algobash sebelumnya, setiap programmer memiliki gaji yang berbeda-beda tergantung posisinya. Untuk entry level gaji programmer 2022 saat ini dapat mencapai $45.343. Untuk posisi mid level dapat mencapai $89.940 dan posisi atas atau senior mencapai $131.120. Sedangkan untuk gaji rata-rata gaji programmer yang berbasis di Amerika $53.383.

Sebagai informasi tambahan, gaji tersebut hanya perkiraan rata-rata. Pada praktiknya, programmer Amerika Serikat memiliki upah yang sangat beragam. Selain dibedakan berdasarkan posisi dan kemampuan, gaji yang didapatkan pun akan berbeda di setiap kota atau wilayahnya.

Kisaran Gaji Programmer 2022 di Asia Tenggara

Tidak kalah dengan Amerika Serikat, Asia Tenggara saat ini juga menyumbangkan banyak sekali talenta programmer termasuk dari Singapura, Thailand, Singapura, Indonesia, Vietnam, dan masih banyak lagi negara-negara ASEAN lainnya.

Perkembangan industri teknologi di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir booming dan mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini terbukti dengan munculnya banyak startup hingga perusahaan-perusahaan unicorn yang bermunculan.

Adapun standar gaji yang diberikan oleh setiap negara di Asia Tenggara kepada tenaga programmer berbeda-beda. Pada tiga tahun lalu, Singapura dikabarkan memiliki kisaran gaji terbesar dibandingkan negara-negara lainnya dengan gaji rata-rata per tahun sebesar US$72.993.

Pada posisi kedua disusul oleh Thailand, gaji rata-rata seorang programmer pada tiga tahun lalu sebesar US$36.671. Sedangkan di Vietnam memiliki rata-rata gaji programmer mencapai US$21.500.

Untuk tahun 2022, gaji programmer di Asia Tenggara mengalami perubahan. Adapun data gaji programmer 2022 di Asia Tenggara yang telah Algobash himpun dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

Baca juga: Coding Adalah Apa? Ketahui Definisi dan Manfaat Mempelajarinya!

Daftar Gaji di Beberapa Negara Asia Tenggara

  • Singapura: Pada posisi entry level, gaji programmer setiap bulannya dapat mencapai SG$3,660 (Gaji minimal) – SG$12.600 (Gaji maksimum). Untuk posisi mid-level, programmer mendapatkan gaji SG$8,590 per bulan. Di mana 25% programmer diberikan gaji kurang lebih SG$5.510 dan 75% nya mendapatkan kurang lebih sebanyak SG$11.500.
  • Thailand: Rata-rata gaji programmer di Thailand berkisar antara 96.600 bhatt per bulan. Di mana gaji minimum yang didapatkan sebesar 44.500 bhatt dan maksimum mencapai 154.000 bhatt.
  • Malaysia: Rata-rata gaji programmer di Malaysia berkisar antara 3,11 Ringgit untuk gaji minimum dan RM10,700 untuk gaji maksimum. Pada posisi mid-level, gaji programmer bisa mendapatkan kurang lebih RM7,300. Secara persentase, 25% programmer malaysia mendapatkan gaji kurang dari RM4.690 dan 75% mendapatkan gaji lebih dari RM 9.450.
  • Vietnam: Rata-rata gaji programmer di Vietnam yaitu 15.800.000 dollar Vietnam. Dimana range gaji tersebut antara 12.800.000 dollar vietnam untuk gaji minimum dan 21.800.000 dollar Vietnam untuk gaji maksimum.

Berapa Gaji Programmer 2022 di Indonesia?

Setelah mengetahui beberapa gaji rata-rata yang dihasilkan oleh seorang programmer di beberapa negara mulai dari Amerika Serikat, Singapura, Thailand, Malaysia, hingga Vietnam. Kamu mungkin ingin mengetahui berapa gaji rata-rata yang dihasilkan oleh programmer Indonesia di tahun 2022.

Dikutip dari Salary Explorer, rata-rata gaji yang diterima oleh programmer indonesia berkisar antara Rp5.870.000 untuk gaji minimum hingga Rp20.300.000 untuk gaji maksimal. Di mana rata-rata programmer mendapatkan gaji sebesar Rp 13.800.000 dan berdasarkan persentase, 25% programmer Indonesia mendapatkan gaji kurang dari Rp8.840.000 dan 75% lebih dari Rp18.400.000.

Baca juga: Programmer Indonesia Masih Sedikit, Apa Alasannya?

Bagaimana Cara Mendapatkan Gaji yang Tinggi Sebagai Programmer?

Di atas sudah disebutkan berapa penghasilan atau gaji programmer di berbagai negara pada tahun 2022. Bagaimana, apakah kamu masih tertarik berkarir di bidang ini?

Untuk berkarir sebagai seorang programmer dan memiliki gaji yang tnggi tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya adalah dengan meningkatkan kompetensi kemampuanmu dalam bidang pemrograman. Untuk meningkatkan hal tersebut, tentu saja kamu harus banyak melakukan latihan.

Masalahnya, terkadang untuk berlatih secara otodidak sendiri itu sangat membosankan. Bagi Bahkan bagi beberapa orang hal ini mungkin akan terasa sulit untuk melihat perkembangannya.

Selain berlatih, kamu juga harus bisa melihat sebuah peluang. Kamu harus memanfaatkan beragam peluang yang dapat menghantarkan kamu untuk berkarir sebagai seorang programmer profesional.

Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, kamu dapat bergabung bersama Algobash. Ini adalah platform sekaligus layanan pre-employment test untuk tenaga kerja teknikal seperti programmer. Melalui Algobash kamu dapat berlatih meningkatkan skill pemrograman kamu melalui kompetisi coding terbesar di Indonesia yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. 

Kompetisi coding Algobash merupakan salah satu peluang terbesar yang bisa kamu manfaatkan, karena setiap tahunnya Algobash selalu menggandeng berbagai perusahaan teknologi ternama di Indonesia untuk merekrut peserta-peserta dengan kemampuan terbaik untuk diberikan kesempatan interview dan bekerja.

Jika kamu tertarik untuk bergabung bersama Algonash, jangan lupa kunjungi website kami Algobash.com untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Baca juga: Coding test: Apakah wajib untuk rekrutmen IT talent?
1920 1164 Algobash